7 Manga Ini Diprediksi Tamat pada 2023, Ada My Hero Academia

Senin, 09 Januari 2023 - 21:33 WIB
loading...
7 Manga Ini Diprediksi Tamat pada 2023, Ada My Hero Academia
Sejumlah manga populer ini diduga akan selesai atau mungkin mendekati tamat pada 2023. Di antaranya adalah My Hero Academia yang kini ada di busur terakhirnya. (Foto: Simon & Schuster)
A A A
Tahun ini, komunitas anime dan manga dimanjakan dengan banyaknya serial yang diantisipasi dan dinantikan kelanjutannya. Sejumlah serial populer sedang dalam masa ketegangan di cerita manga-nya. Banyak pengungkapan yang terjadi dan membuat penggemarnya terus penasaran dengan kelanjutannya.

Tapi, apa pun yang punya awal selalu punya akhir. Begitu juga dengan manga. Sejumlah manga populer diketahui sedang berada di busur cerita akhirnya. Sementara yang lain sedang menuju ke sana. Ada dugaan kalau manga-manga ini akan berakhir pada 2023.

Para kreator manga ini mungkin sudah punya kerangka waktu untuk mengakhiri cerita mereka. Yang lain memang sudah bertekad untuk tidak memperpanjang cerita mereka karena dirasa tidak perlu. Meski belum memberikan pengumuman resmi, tapi, kreatornya sudah memberi indikasi kalau serial buatan mereka akan berakhir dalam waktu dekat. Apa saja manga yang diduga akan tamat pada 2023? Mengutip Game Rant, berikut ulasannya!



7. Shikizakura

7 Manga Ini Diprediksi Tamat pada 2023, Ada My Hero Academia

Foto: eBay

Shizakura adalah salah satu serial manga yang keluar setelah anime-nya tayang. Anime itu diumumkan pad 2018, tapi belum dirilis hingga 2021. Adaptasi anime Shikizakura itu mendapatkan respons bercampur dari audiens. Tapi, itu tidak menghentikannya mendapatkan adaptasi manga.

Shikizakura diluncurkan Hayato Aoki di majalah Monthly Action Futabasha pada 2020. Ending Shikizakura dikonfirmasikan di volume ketiganya. Sebuah pernyataan di volume itu mengungkapkan kalau serial itu akan selesai dengan volume keempat.

6. Seraph of the End

7 Manga Ini Diprediksi Tamat pada 2023, Ada My Hero Academia

Foto: Simon & Schuster

Seraph of the End adalah serial manga yang sangat populer. Manga itu sudah terjual lebih dari 10 juta eksemplar. Manga itu telah menginspirasi sebuah adaptasi anime, sejumlah light novel, dan juga video game. Di volume 26 manga-nya, penulis serial ini, Takaya Kagami, mengatakan kalau Seraph of End akan mencapai akhirnya dalam waktu yang sangat dekat.

Kabar ini tidaklah mengejutkan. Serial ini sudah berjalan lebih dari 10 tahun. Sementara Takaya telah mengatakan kalau manga itu akan berakhir, dia belum memberikan kerangka waktu yang pas. Kalau tidak ada break, Seraph of the End bisa mencapai ending-nya tahun ini.

5. Berserk

7 Manga Ini Diprediksi Tamat pada 2023, Ada My Hero Academia

Foto: Manga Wiki – Fandom

Masuknya Berserk di sini mungkin akan membuat kalian heran. Ini karena Kouji Mori, sahabat kreator Berserk, Kentaro Miura, mengonfirmasi kalau dia akan mengakhiri manga itu. Banyak penggemar Berserk telah mengeluhkan tentang keberlanjutan manga itu karena mereka tidak ingin serial tu diselesaikan orang lain selain Miura, yang meninggal dunia pada 2021.

Tapi, ini bukanlah alasan mengapa manga ini masuk daftar ini. Alasan sebenarnya adalah, sementara tim Mori dan Miura melakukan kerja yang fantastis, sepertinya, mereka tidak bisa merilis chapter-nya secara konsisten. Berserk Chapter 371 keluar pada Desember 2022. Itu adalah kali pertama sejak Mori mengambil alih tidak ada penyebutan kapan chapter berikutnya akan dirilis. Jadi, ada kemungkinan kalau dia akan benar-benar menamatkan manga itu atau hanya ingin waktu lebih banyak untuk mengerjakan chapter-nya. Kalau seperti itu, maka Berserk tidak akan kembali.

4. Noragami

7 Manga Ini Diprediksi Tamat pada 2023, Ada My Hero Academia

Foto: Noragami Wiki – Fandom

Noragami diciptakan Adachitoka, duo mangaka berbakat. Adachitoka terdiri atas Adachi dan Tokashiki, yang sebelumnya bekerja di bawah Motohiro Kato. Adachitoka mulai mengerjakan Noragami pada Desember 2010. Sejak saat itu, serial ini terbit di Majalah Shounen Bulanan Kodansha.

Di majalah itu edisi Juli 2022, Adachitoka mengonfirmasi kalau manga itu ada di busur cerita akhirnya. Penggemar pastinya berharap Noragami berlanjut setelah 2023. Tapi, dengan mempertimbangkan kalau serial itu ada di busur akhirnya, ada peluang kalau serial itu akan berakhir pada 2023.

3. Mashle: Magic and Muscles

7 Manga Ini Diprediksi Tamat pada 2023, Ada My Hero Academia

Foto: Simon & Schuster

Mashle: Magic and Muscles adalah manga shounen karya Hajime Komoto. Serial itu mulai terbit di Weekly Shounen Jump pada 2020, jadi serial ini masih relatif baru. Pada Mei 2022, diumumkan kalau Mashle: Magic and Muscles memasuki busur cerita akhirnya.

Chapter terbaru telah membuktikan kalau Hajime berusaha mengakhiri manga itu dengan spektakuler. Penggemar pastinya ingin agar manga itu berlanjut agak lama. Tapi, sepertinya Hajime tidak punya rencana untuk terus menggambar manga itu. Kalau manga itu berakhir pada 2023, tidak perlu khawatir karena adaptasi anime-nya akan dirilis tahun ini.

2. Jujutsu Kaisen

7 Manga Ini Diprediksi Tamat pada 2023, Ada My Hero Academia

Foto: Jujutsu Kaisen Wiki – Fandom
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2087 seconds (0.1#10.140)