Penjelasan Ending The Glory dan 8 Teori untuk Part 2

Senin, 09 Januari 2023 - 11:00 WIB
loading...
Penjelasan Ending The Glory dan 8 Teori untuk Part 2
Ending The Glory menyisakan banyak pertanyaan dan menimbulkan banyak teori tentang part 2 yang akan tayang pada Maret 2023. Foto/Netflix
A A A
JAKARTA - The Glory jadi drama Korea akhir tahun 2022 yang viral pada awal 2023. Penonton penasaran menunggu kelanjutan ceritanya yang baru akan tayang pada Maret mendatang.

The Glory adalah kisah balas dendam yang direncanakan selama bertahun-tahun dan sangat rapi oleh Dong-eun (Song Hye-kyo). Saat SMA dulu, ia adalah korban perisakan yang sangat kejam yang dilakukan oleh lima orang yang satu sekolah dengannya.

Meski jadi korban perisakan berulang, tak ada satu pun orang yang membelanya, baik guru maupun polisi. Bahkan orang tuanya pun memanfaatkannya.

Sempat ingin bunuh diri, Dong-eun akhirnya bertekad bekerja keras dan mendedikasikan hidupnya untuk membalas dendam secara langsung pada para pelaku kekerasan itu. Kini, ia kembali, mengintimidasi para pelaku, dan berusaha merebut semua yang berharga dalam hidup mereka, seperti yang dulu mereka lakukan pada Dong-eun.

Penjelasan Akhir Cerita (Ending) The Glory Part 1

The Glory part 1 tayang pada 30 Desember 2022 sebanyak 8 episode di Netflix. Adapun part 2 akan tayang pada Maret 2023, tapi Netflix belum memberikan tanggal pastinya.

Dalam part 1, diceritakan bahwa Dong-eun telah menyiapkan aksi balas dendam berdasarkan mimpi atau cita-cita para pelaku kekerasan. Tujuan utamanya adalah menghancurkan mimpi tersebut, hingga membuat mereka merasa tak berguna lagi menjalani hidup.

Yeon-jin (Lim Ji-yeon) selaku pelaku utama kekerasan bercita-cita jadi istri dan suami yang baik. Jae-joon (Park Sung-hoon) si pelaku terkuat kedua ingin kaya dan kini sudah memiliki sebuah butik.

Sa-ra (Bae Kang-hee) yang berasal dari keluarga pendeta ingin menjadi pelukis. Sementara dua lainnya yang bukan dari kalangan atas adalah Hye-jeong (Cha Joo-young) yang ingin menikah dengan orang kaya raya. Terakhir ada Myeong-oh (Kim Gun-woo) yang bekerja pada Jae-joon.

Penjelasan Ending The Glory dan 8 Teori untuk Part 2

Foto: Netflix

Dalam perjalanannya, Yeon-jin menikah dengan Do-yeong (Jung Sung-il), CEO sebuah perusahaan konstruksi. Mereka punya anak bernama Ye-sol (Oh Ji-yul), tapi ternyata anak itu bukan anak Yeon-jin bersama Do-yeong, melainkan dengan Jae-joon.

Adapun Do-yeong meski curiga pada hubungan istrinya dengan teman SMA-nya itu, tapi belum menemukan kebenaran di antara mereka. Namun pada akhir cerita, ia tampaknya sudah mengetahui bahwa istrinya adalah pelaku kekerasan terhadap Dong-eun.

Sementara itu, Yeo-jeong (Lee Do-hyun), dokter muda yang menyukai Dong-eun dan mau membantu untuk membalas dendam, telah mendeklarasikan bahwa dirinya siap menjadi algojo bagi Dong-eun. Yeo-jeong juga punya luka masa lalu, yaitu ayahnya yang seorang dokter dibunuh dengan brutal oleh pasien yang merupakan seorang pembunuh berantai.

Sedangkan Myeong-oh, kemungkinan besar telah mati dibunuh oleh Yeon-jin. Dugaan kuat ini muncul karena ada seorang perempuan memakai sepatu hak tinggi berwarna hijau yang terlihat di lokasi kematian Myeong-oh. Sepatu ini adalah milik Yeon-jin.

Myeong-oh tampaknya mati karena berusaha memeras Yeon-jin atas kasus kematian So-hee, korban perisakan sebelum Dong-eun. Dong-eun menyebut Yeon-jin lah pelaku pembunuhan terhadap So-hee.

Sementara itu, jenazah So-hee yang disebutkan masih ada di kamar mayat, ternyata sudah tidak ada saat Yeo-jeong melihatnya. Kemungkinan besar, jasad itu telah diambil Yeon-jin demi mengamankan posisinya.


Teori-Teori The Glory Part 2


1. Persekongkolan Teman-Teman Yeon-Jin untuk Menjatuhkannya

Penjelasan Ending The Glory dan 8 Teori untuk Part 2

Foto: Netflix

Seluruh rahasia ketiga teman Yeon-jin, yaitu Jae-joon, Hye-jeong, dan Sa-ra sudah ada di tangan Dong-eun. Namun Hye-jeong paling mudah dikendalikan oleh Dong-eun karena ia sudah tak punya pekerjaan, dan satu-satunya jalan untuk menyelamatkan hidupnya adalah menikah dengan orang kaya dengan restu ibu dari calon suaminya. Namun Dong-eun bisa mengadukan aib Hye-jeong karena ia kenal akrab dengan calon mertua perempuan itu.

Karena hal ini, dalam part 1, Hye-jeong sudah mengatakan akan melakukan apa pun demi Dong-eun. Ia pun sudah menuruti kemauan Dong-eun dengan melaporkan Myeong-oh atas kasus orang hilang. Pelaporan ini mengancam hidup Yeon-jin karena ia adalah tersangka utamanya.

Ini juga mengancam hidup Sa-ra karena penyelidikan kasus hilangnya Myeong-oh akan mengantarkan polisi pada fakta bahwa ia rutin membeli narkoba dari Myeong-oh. Sangat mungkin, Sa-ra juga akan melakukan apa pun demi Dong-eun seperti yang sudah dilakukan Hye-jeong, demi menyelamatkan citranya sebagai pelukis, sekaligus nama baik ayahnya yang seorang pendeta.

2. Jae-Joon akan Membuat Yeon-Jin Bercerai

Penjelasan Ending The Glory dan 8 Teori untuk Part 2

Foto: Netflix

Dalampart 1, Jae-joon sempat berkonsultasi pada pengacaranya tentang hak asuh Ye-sol. Lantas pengacara itu mengatakan bahwa satu-satunya jalan adalah Yeon-jin harus bercerai dari suaminya. Jae-jeon mungkin bisa mengambil hak asuh jika Yeon-jin secara hukum tidak layak mengasuh anaknya.

Baca Juga: 7 Drama Korea dengan Karakter Perempuan yang Balas Dendam

Demi tujuan ini, Jae-joon juga bisa mengkhianati Yeon-jin. Apalagi, Yeon-jin sudah jelas mengatakan bahwa ia lebih mencintai suaminya dibanding Jae-joon.

Jae-joon mengetahui semua kebusukan Yeon-jin, yang bisa dipakai untuk membuat perempuan itu terbukti tidak layak mengasuh anak berdasarkan hukum. Ia hanya tinggal mencari cara agar Do-yeong yang merupakan ayah Ye-sol secara hukum juga tidak mendapatkan hak asuh Ye-sol.

3. Dong-Eun akan Memanfaatkan Rasa Insecure Jae-Joon

Penjelasan Ending The Glory dan 8 Teori untuk Part 2

Foto: Netflix

Masih terkait poin kedua, Dong-eun tahu bahwa Jae-joon berusaha menyembunyikan fakta bahwa dirinya buta warna. Ini bisa jadi senjata bagi Dong-eun untuk mengendalikan Jae-joon, sambil mengiming-imingi pria itu untuk membantu mendapatkan haknya atas Ye-sol. Syaratnya, ia harus mau membantu Dong-eun membalas dendam pada Yeon-jin.

4. Do-yeong (Suami Yeon-Jin) akan Jadi Sekutu Dong-Eun

Penjelasan Ending The Glory dan 8 Teori untuk Part 2

Foto: Netflix

Setelah mengetahui perilaku masa lalu istrinya, Do-yeong bisa jadi malah membantu Dong-eun untuk menghancurkan hidup Yeon-jin. Apalagi, Dong-eun juga bisa dengan mudah membuktikan hubungan istrinya itu dengan Jae-joon, dan bahwa Ye-sol bukan anak kandungnya.

Jika ini terjadi, akan sangat mudah buat Do-yeong untuk sepenuhnya membenci istrinya itu, lantasmenceraikannya. Dengan perceraian, sangat mungkin Yeon-jin juga akan kehilangan pekerjaannya sebagai pembaca berita prediksi cuaca di televisi.

5. Nasib Buruk Masa Depan Yeon-Jin Berdasarkan Nasihat Ibunya

Penjelasan Ending The Glory dan 8 Teori untuk Part 2

Foto: Netflix

Ibu dari Yeon-jin pernah mengatakan agar anaknya itu tidak bergaul dengan orang-orang yang memiliki unsurã…‡dalam nama Korea-nya agar ia tidak kena sial. Yang menarik, mengutip KBIZoom, hanya Sa-ra dan Jae-joon yang tidak memiliki unsur itu dalam nama Korea mereka. Itu pun, jika memakai nama lengkap, Sa-ra tetap punya unsur itu.

Sementara seluruh nama dari karakter utama The Glory juga punya unsur itu, termasuk suami dan anaknya. Ye-sol punya dua unsurã…‡dalam namanya, bahkan Do-yeong punya tiga. Ini bisa jadi petunjuk, bahwa orang-orang di sekitarnya justru akan membawa sial buat Yeon-jin.

6. Cinta Segitiga antara Dong-Eun, Yeo-Jeong, dan Do-Yeong

Penjelasan Ending The Glory dan 8 Teori untuk Part 2

Foto: Netflix

Yeo-jeong sudah dengan jelas menyatakan perasaannya pada Dong-eun. Sedangkan Dong-eun meski punya perasaan yang sama, memilih untuk fokus pada rencana balas dendam dan tidak mau terlibat hubungan asmara.

Sementara itu, Do-yeong sejak awal tertarik dengan Do-eun karena kelihaian perempuan itu bermain go. Ketertarikan ini bisa saja berkembang menjadi perasaan romantis.

Ini artinya, Dong-eun akan punya dua 'algojo' yang mau membantunya. Namun di satu sisi, kondisi ini bisa memanas dengan terjadi pertikaian antara kedua pria itu. Jika ingin mendramatisir, bisa saja pertikaian ini berujung pada adu fisik yang mengerikan.

7. Yeo-Jeong akan Jadi Pembunuh

Penjelasan Ending The Glory dan 8 Teori untuk Part 2

Foto: Netflix

Dalam The Glory part 1, tergambar bahwa di balik sifat baik hati dan kepribadian ceria, Yeo-jeong ternyata punya sisi gelap. Ia tampaknya pernah atau beberapa kali membayangkan untuk membunuh pelaku pembunuhan ayahnya.

Yeo-jeong bisa saja melakukan hal tersebut. Namun hanya ada dua cara jika ia ingin melakukannya secara langsung. Pertama adalah ia harus masuk penjara, atau pembunuhnya yang keluar penjara.

Pilihan pertama mungkin akan terjadi, karena Yeo-jeong sebagai algojo bagi Dong-eun nantinya akan membunuh seseorang. Korban pertamanya bisa jadi adalah suami Hyeon-nam (Yeom Hye-ran), perempuan yang membantu Dong-eun sekaligus korban KDRT bersama anak perempuannya.

Setelah membunuh suami Hyeon-nam, Yeo-jeong bisa jadi akan membunuh pembunuh ayahnya.

Baca Juga: 10 Drama Korea Komedi Romantis Rating Tertinggi pada 2022

8. Dua Pilihan Ending The Glory Part 2

Penjelasan Ending The Glory dan 8 Teori untuk Part 2

Foto: Netflix

Masih lanjutan dari poin 8, setelah Yeo-jeong membunuh pembunuh ayahnya, bisa jadi pada akhirnya Dong-eun akan menunjukkan cinta, dukungan, dan kesetiaannya pada Ye-jeong, sesuatu yang tidak pernah didapatnya dari siapa pun saat ia dulu menjadi korban perisakan Yeon-jin dan kawan-kawannya.

Jika ini yang terjadi, hidup Dong-eun akan bisa dibilang berakhir bahagia, karena ia telah berhasil menghancurkan hidup para pelaku perisakan terhadapnya. Lalu melanjutkan hidup dengan mendampingi Yeo-jeong yang setia sampai akhir padanya.

Namun jika memilih akhir yang agak pahit, bisa jadi Yeo-jeong akan berakhir di penjara seumur hidup. Sedangkan Dong-eun setelah berhasil membalaskan dendamnya, memilih melanjutkan hidup seorang diri lagi seperti biasanya.

(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2088 seconds (0.1#10.140)