10 Film Superhero dari Terjelek sampai Terbaik di Sepanjang 2022

Senin, 12 Desember 2022 - 19:19 WIB
loading...
10 Film Superhero dari Terjelek sampai Terbaik di Sepanjang 2022
Marvel dengan Marvel Cinematic Universe (MCU) dan DC dengan DCEU mendominasi lanskap film superhero tahun ini. Meski begitu, ada juga film indie turut serta. (Foto: Mashable)
A A A
Sepanjang 2022, penggemar superhero dimanjakan dengan sejumlah film di genre ini yang terbukti seru untuk diikuti. Tapi, meski sukses secara komersial, film-film ini tidak diterima begitu saja oleh kritikus, dan sebagian penggemar, tentu saja. Ada banyak film superhero yang benar-benar menghibur, tapi ada juga yang membuat kecewa.

Penonton dan kritikus mungkin tidak menemukan kata sepakat terhadap sejumlah film superhero yang dirilis tahun ini. Makanya, di situs seperti Rotten Tomatoes, skor yang diberikan kritikus kadang lebih rendah dari yang diberikan audiens. Meski, dalam sejumlah kasus, baik kritikus dan penonton punya pendapat yang sama dan memberikan skor yang nyaris mirip.

Biasanya, kualitas cenderung mempengaruhi konnsumsi. Tanpa ada lagi film superhero yang dijadwalkan dirilis pada tahun ini, penggemar kasual yang ketinggalan satu atau dua film akan mencari rekomendasi terbaik. Salah satu caranya adalah dengan melihat skor film itu di Rotten Tomatoes. Jadi, film superhero apa yang paling jelek dan terbaik sepanjang 2022 ini menurut Rotten Tomatoes? Simak ulasannya berikut ini!



10. Morbius — 15%

10 Film Superhero dari Terjelek sampai Terbaik di Sepanjang 2022

Foto: The Hollywood Reporter

Pengumuman kalau salah satu vampir paling mengerikan Marvel akan datang ke layar lebar membawa banyak kegembiraan. Begitu juga casting salah satu aktor karakter method terbaik, yaitu Jared Leto. Sayang, produk akhirnya mengecewakan.

Kritikus berjuang menemukan struktur plot unik di Morbius karena plot tentang ilmuwan yang berubah menjadi monster setelah melakukan eksperimen pada dirinya sendiri sudah berkali-kali dibuat. Penggemar juga mengeluhkan tentang CGI-nya yang jelek, yang dianggap tidak termaafkan di era di mana teknologi VFX sudah maju. Secara keseluruhan, ini mungkin adalah usaha terlemah Sony dengan lisensi Marvel mereka sejauh ini. Morbius bisa ditonton di Netflix.

9. Black Adam — 39%

10 Film Superhero dari Terjelek sampai Terbaik di Sepanjang 2022

Foto: The New York Times

Dwayne Johnson selalu dilihat sebagai aktor yang sempurna untuk memerankan Black Adam, antihero yang dibangunkan setelah tidur selama 5.000 tahun. Ketika film ini akhirnya tiba, penggemar menikmatinya. Tapi, di mata kritikus, ada banyak ruang untuk perbaikan.

Meski kritikus film dicaci karena tidak suka Black Adam, ketidaksukaan mereka itu bisa dibenarkan. Film terakhir DCEU itu punya sejumlah adegan laga terbaik dari film apa pun di 2022. Tapi, film ini ditahan oleh lini cerita yang tipis, protagonis yang kaku, dan penjahat yang tidak menarik. Untungnya, ada sejumlah momen yang bisa menutupi kekurangan film ini, yang paling mencolok adalah penampilan Superman di adegan pascakredit. Black Adam bisa ditonton di HBO Go mulai 16 Desember.

8. Samaritan — 39%

10 Film Superhero dari Terjelek sampai Terbaik di Sepanjang 2022

Foto: The Hollywood Reporter

Samaritan adalah usaha Sylvester Stallone menggambarkan vigilante berkekuatan super penyendiri yang kembali memerangi kejahatan. Film ini sebenarnya tidak seburuk yang diimplikasikan skor Rotten Tomatoes. Aktor itu memberikan pertarungan dan dialog lucu yang diharapkan penggemar darinya.

Sayangnya, Samaritan tidak menonjol di lanskap film superhero yang berpenduduk padat. Sementara cerita tentang “orang tangguh” tua yang bekerja dengan seorang anak selalu menarik jantung penonton, template ini sudah digunakan dengan lebih baik di tempat lain. Film ini mengingatkan pada Road to Perdition-nya Tom Hanks dalam versi superhero. Tapi, perbandingan ini tidaklah pas.

7. Thor: Love and Thunder — 64%

10 Film Superhero dari Terjelek sampai Terbaik di Sepanjang 2022

Foto: Marvel

Penggemar dan kritikus punya masalah yang sama dengan Thor: Love and Thunder, yaitu terlalu banyak lelucon. Biasanya, itu bukanlah masalah, terutama karena jelas kalau itu bukan masalah di Thor: Ragnarok. Tapi, film ini ditayangkan ketika MCU sudah dituduh mengubah pahlawan yang biasanya serius menjadi karikatur.

Love and Thunder juga menghadapi tuduhan CGI jelek. Tapi, meng-casting sejumlah aktor bagus membantu film ini sukses. Dikenal selalu memberikan penampilan kuat, Christian Bale dengan bahagia mengemban beban film itu sebagai Gorr ketika yang lain di sekitarnya melakukan yang terbaik dengan skrip yang agak tidak teratur. Thor: Love and Thunder bisa ditonton di Disney+ Hotstar.

6. DC League of Super-Pets — 73%

10 Film Superhero dari Terjelek sampai Terbaik di Sepanjang 2022

Foto: CNN

Plot DC League of Super-Pets tentang salah satu penjahat paling ikonis Superman yang menculik anggota Justice League dijamin akan membuat penggemar senang. Begitu juga dengan casting Dwayne Johnson dan Kevin Hart. Seperti yang diharapkan, chemistry-nya sangat bisa dilihat.

Secara umum, kualitas DC League of Super-Pets ditingkatkan oleh animasi bagus yang bisa dinikmati kaum dewasa muda, dengan dialog cerdas untuk orang dewasa, dan penampilan cameo dari sejumlah karakter DC favorit penggemar. Film ini beruntung dari ekspektasi biasa karena tidak ada yang berharap ada film yang berfokus pada hewan berkuatan super seperti Krypto si Anjing Super mengubah wajah sinema. Penggemar mendapatkan apa yang mereka mau di sini, yang lebih sulit ketimbang kedengarannya. DC League of Super-Pets bisa ditonton di HBO Go.

5. Doctor Strange in the Multiverse of Madness — 74%

10 Film Superhero dari Terjelek sampai Terbaik di Sepanjang 2022

Foto: IMDb
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3373 seconds (0.1#10.140)