alexametrics
Psikologi
Belajar Bersyukur dengan Membuat Gratitude Journal
Belajar Bersyukur dengan Membuat Gratitude Journal
Menghitung berkah atau kebaikan sekecil apa pun yang kita terima bisa menambah rasa syukur kita. Foto/Freepik
Jakarta - Pernah gak kamu membaca kutipan (quote) tentang menghitung anugerah yang kita dapat, atau dalam bahasa Inggris-nya, count your blessings?

Sebenarnya kenapa, ya, kutipan ini diciptakan dan begitu sering didengungkan? Apa, sih, kegunaan dari bersyukur? Bagaimana caranya kita berlatih bersyukur secara rutin?  

Sering kali kita menganggap remeh hal-hal baik yang terjadi pada kita. Melansir dari situs web UC Berkeley, penelitian menunjukkan bahwa secara sadar, bersyukur atas kebaikan di sekitar kita bisa punya efek mendalam pada kesejahteraan dan hubungan kita dengan orang lain. (Baca Juga: Mengulik Makna Bucin alias Budak Cinta dari Perspektif Sains)



Latihan bersyukur ini membantu kita untuk lebih mengapresiasi segala kebaikan dalam hidup. Bahkan, orang yang secara rutin mengungkapkan rasa terima kasih terbukti punya kesehatan yang lebih baik dan merasakan kebahagiaan yang lebih besar.

Belajar Bersyukur dengan Membuat Gratitude Journal
Foto: positivepsychology.com

Meskipun penting untuk belajar dari pengalaman buruk, kadang-kadang kita terlalu banyak berpikir tentang apa yang salah, tapi mengabaikan apa yang sudah benar dalam hidup kita.

Nah, gratitude journal, atau jurnal rasa syukur, memaksa diri kita untuk memperhatikan hal-hal baik dalam hidup yang biasanya kita anggap remeh. Dengan cara ini, kita mulai menjadi lebih merasakan kehadiran kebaikan di sekitar kita dalam kehidupan sehari-hari. (Baca Juga: Meniru Its Okay to Not Be Okay, Redam Cemasmu dengan Butterfly Hug)

Selain itu, suasana emosional kehidupan kita bisa berubah positif secara drastis. Kok bisa, ya? Masih melansir dari situs web UC Berkeley, penelitian menunjukkan bahwa kuncinya ada pada penulisan peristiwa keseharian kita. Dengan menerjemahkan pikiran ke dalam bahasa konkret, kita jadi lebih sadar pada peristiwa tersebut, sehingga memperdalam dampak emosionalnya.

Belajar Bersyukur dengan Membuat Gratitude Journal
Foto: Freepik

Mulai menulis jurnal rasa bersyukur lumayan mudah. Kamu cuma perlu menyiapkan sebuah buku tulis untuk menuliskan hal-hal yang kamu syukuri setiap harinya.

Bentuknya bisa beragam. Kamu bisa menuliskannya dalam poin-poin, menambahkan narasi, menempelkan foto, atau variasi lainnya. Saat ini, mencari template gratitude journal di internet juga gampang. (Baca Juga: Kegiatan yang Bisa Menenangkan Hatimu di Tengah Kisruhnya Pandemi)

Yang perlu kamu ingat, walau sebutannya jurnal, bukan berarti harus dibuat super-artsy (nyeni) untuk bisa membuatnya. Tujuan utama menulis jurnal rasa syukur adalah untuk membuat kita lebih mengapresiasi kehidupan. Jadi, gak perlu merasa terbebani, ya!

Fauziatun Nabila Sudarko
Kontributor GenSINDO
Universitas Indonesia
Instagram: @fauziatunnabila



(it)
Artikel Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss