Belajar Bersyukur dengan Membuat Gratitude Journal

Kamis, 09 Juli 2020 - 23:00 WIB
loading...
Belajar Bersyukur dengan Membuat Gratitude Journal
Menghitung berkah atau kebaikan sekecil apa pun yang kita terima bisa menambah rasa syukur kita. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Pernah gak kamu membaca kutipan (quote) tentang menghitung anugerah yang kita dapat, atau dalam bahasa Inggris-nya, count your blessings?

Sebenarnya kenapa, ya, kutipan ini diciptakan dan begitu sering didengungkan? Apa, sih, kegunaan dari bersyukur? Bagaimana caranya kita berlatih bersyukur secara rutin?

Sering kali kita menganggap remeh hal-hal baik yang terjadi pada kita. Melansir dari situs web UC Berkeley, penelitian menunjukkan bahwa secara sadar, bersyukur atas kebaikan di sekitar kita bisa punya efek mendalam pada kesejahteraan dan hubungan kita dengan orang lain. ( )

Latihan bersyukur ini membantu kita untuk lebih mengapresiasi segala kebaikan dalam hidup. Bahkan, orang yang secara rutin mengungkapkan rasa terima kasih terbukti punya kesehatan yang lebih baik dan merasakan kebahagiaan yang lebih besar.

Belajar Bersyukur dengan Membuat Gratitude Journal

Foto: positivepsychology.com

Meskipun penting untuk belajar dari pengalaman buruk, kadang-kadang kita terlalu banyak berpikir tentang apa yang salah, tapi mengabaikan apa yang sudah benar dalam hidup kita.

Nah, gratitude journal, atau jurnal rasa syukur, memaksa diri kita untuk memperhatikan hal-hal baik dalam hidup yang biasanya kita anggap remeh. Dengan cara ini, kita mulai menjadi lebih merasakan kehadiran kebaikan di sekitar kita dalam kehidupan sehari-hari. ( )

Selain itu, suasana emosional kehidupan kita bisa berubah positif secara drastis. Kok bisa, ya? Masih melansir dari situs web UC Berkeley, penelitian menunjukkan bahwa kuncinya ada pada penulisan peristiwa keseharian kita. Dengan menerjemahkan pikiran ke dalam bahasa konkret, kita jadi lebih sadar pada peristiwa tersebut, sehingga memperdalam dampak emosionalnya.

Belajar Bersyukur dengan Membuat Gratitude Journal

Foto: Freepik

Mulai menulis jurnal rasa bersyukur lumayan mudah. Kamu cuma perlu menyiapkan sebuah buku tulis untuk menuliskan hal-hal yang kamu syukuri setiap harinya.

Bentuknya bisa beragam. Kamu bisa menuliskannya dalam poin-poin, menambahkan narasi, menempelkan foto, atau variasi lainnya. Saat ini, mencari template gratitude journal di internet juga gampang. ( )

Yang perlu kamu ingat, walau sebutannya jurnal, bukan berarti harus dibuat super-artsy (nyeni) untuk bisa membuatnya. Tujuan utama menulis jurnal rasa syukur adalah untuk membuat kita lebih mengapresiasi kehidupan. Jadi, gakperlu merasa terbebani, ya!

Fauziatun Nabila Sudarko
Kontributor GenSINDO
Universitas Indonesia
Instagram: @fauziatunnabila
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4480 seconds (0.1#10.140)