Sederet Fakta Wajib Militer di Korea Selatan yang Perlu Kamu Tahu

Sederet Fakta Wajib Militer di Korea Selatan yang Perlu Kamu Tahu

Foto: Yonhap

Wajib militer mulai wajib diberlakukan oleh setiap pria Korea berbadan sehat yang udah berusia 18-28 tahun. Bagi mereka yang berumur 28 tahun ke atas, gak ada lagi kata menunda wajib militer apa pun alasannya.

Kalau biasanya idol atau bintang K-pop cenderung akan menunda sedikit lebih lama wajib militer karena memilih untuk fokus membangun karier terlebih dahulu, sebagian besar pria lainnya di Korea justru lebih memilih untuk memulai masa wajib militernya secara lebih cepat, yaitu saat mereka berusia 20 tahun.

Dikutip dari 90 Day Korean, mereka biasanya memilih untuk berkuliah terlebih dahulu selama 1-2 tahun setelah mereka lulus dari bangku sekolah. Setelah itu, mereka akan langsung memulai wajib militernya. (Baca Juga: Cek! Ini 10 Kafe yang Sering Muncul dalam Drama Korea )

3. ORANG BERBAKAT DIBEBASKAN DARI WAJIB MILITER

Sederet Fakta Wajib Militer di Korea Selatan yang Perlu Kamu Tahu

Atlet Lee Seung Hoon. Foto: John Locher/AP

Jadi, ada beberapa kategori orang yang diperbolehkan buat gak ikut wajib militer. Salah satunya ialah orang yang punya bakat hebat terhadap sesuatu, contohnya kayak pianis, pemain biola, atau atlet yang berhasil membawa prestasi untuk Korea Selatan.

Meski dibebaskan dari dinas militer ini, mereka tetap akan mendapatkan pelatihan dasar militer dan pelatihan lainnya.

4. DARI MULAI PELATIHAN FISIK HINGGA DILATIH BERPIDATO

Sederet Fakta Wajib Militer di Korea Selatan yang Perlu Kamu Tahu

Foto: Ubitto

Penasaran gak, sih, kegiatan apa aja yang bakal dilakukan oleh para anggota wajib militer selama mereka dinas?

Nah, jadi beberapa minggu pertama, mereka bakal dibekali dengan pelatihan militer dasar yang lumayan sulit dilakukan.

Melansir Ubitto, pelatihan dasar militer ini meliputi beragam hal, mulai dari marching, latihan dasar seperti push up dan lain sebagainya, sampai latihan menembak. Mereka juga akan dikasih pelatihan untuk berpidato khusus ala militer.

Selain itu, mereka juga akan mendapatkan satu pelatihan penting untuk menguji sejauh mana ketahanan diri mereka saat berada di tengah ruangan yang penuh dengan gas kimia yang menyengat. Eits, tenang, karena gas kimia ini udah terjamin aman dan gak punya efek samping untuk tubuh manusia. (Baca Juga: Billie Eilish Sempat Mau Dibawa ke Terapis Gara-Gara Lagu Justin Bieber )

5. WAJIB HUKUMNYA MENCUKUR RAMBUT
halaman ke-1 dari 3
Share: