alexametrics
Isu Sosial
Sederet Fakta Wajib Militer di Korea Selatan yang Perlu Kamu Tahu
Sederet Fakta Wajib Militer di Korea Selatan yang Perlu Kamu Tahu
Wajib militer jadi hal yang harus dilakukan pria di Korea Selatan, termasuk para idol di industri musik dan televisi. Foto/Shutterstock
Seoul - Beberapa hari lalu, aktor yang namanya melejit lewat drama "The King: Eternal Monarch", Woo Do Hwan, baru aja menyusul sederet idol lainnya yang udah duluan wajib militer.

Yap, Korea Selatan memang mewajibkan pria di negaranya untuk menghabiskan waktu sekitar dua tahun mengikuti wajib militer sebagai bentuk pengabdian pada negara.

Nah, ada banyak hal lain seputar wajib militer yang menarik banget buat dikulik. Penasaran apa aja? Yuk, ikutin terus!



1. ALASAN DIBERLAKUKANNYA WAJIB MILITER

Sederet Fakta Wajib Militer di Korea Selatan yang Perlu Kamu Tahu
Foto: Jo Yong-Hak/ Reuters  

Kamu mungkin udah gak asing mendengar soal wajib militer yang selama ini diikuti oleh banyak aktor atau idol Korea Selatan. Tapi, apa kamu tahu alasan yang melatarbelakangi diberlakukannya wajib militer bagi setiap pria di sana? 

Jadi, wajib militer ini udah diberlakukan sejak tahun 1957 sebagai respons terhadap ancaman serangan lanjutan dari Korea Utara pasca Perang Korea. Kesepakatan untuk mengakhiri perang merupakan buah dari gencatan senjata antara kedua pihak, bukan dari hasil perdamaian, demikian yang dilansir dari USA Today. (Baca Juga: EXO-SC Galau Di-ghosting dalam Video Musik Terbaru Telephone)

2. USIA MINIMAL DAN MAKSIMAL 

Sederet Fakta Wajib Militer di Korea Selatan yang Perlu Kamu Tahu
Foto: Yonhap

Wajib militer mulai wajib diberlakukan oleh setiap pria Korea berbadan sehat yang udah berusia 18-28 tahun. Bagi mereka yang berumur 28 tahun ke atas, gak ada lagi kata menunda wajib militer apa pun alasannya.

Kalau biasanya idol atau bintang K-pop cenderung akan menunda sedikit lebih lama wajib militer karena memilih untuk fokus membangun karier terlebih dahulu, sebagian besar pria lainnya di Korea justru lebih memilih untuk memulai masa wajib militernya secara lebih cepat, yaitu saat mereka berusia 20 tahun.

Dikutip dari 90 Day Korean, mereka biasanya memilih untuk berkuliah terlebih dahulu selama 1-2 tahun setelah mereka lulus dari bangku sekolah. Setelah itu, mereka akan langsung memulai wajib militernya. (Baca Juga: Cek! Ini 10 Kafe yang Sering Muncul dalam Drama Korea)

3. ORANG BERBAKAT DIBEBASKAN DARI WAJIB MILITER 

Sederet Fakta Wajib Militer di Korea Selatan yang Perlu Kamu Tahu

Atlet Lee Seung Hoon. Foto: John Locher/AP 

Jadi, ada beberapa kategori orang yang diperbolehkan buat gak ikut wajib militer. Salah satunya ialah orang yang punya bakat hebat terhadap sesuatu, contohnya kayak pianis, pemain biola, atau atlet yang berhasil membawa prestasi untuk Korea Selatan.

Meski dibebaskan dari dinas militer ini, mereka tetap akan mendapatkan pelatihan dasar militer dan pelatihan lainnya.

4. DARI MULAI PELATIHAN FISIK HINGGA DILATIH BERPIDATO 

Sederet Fakta Wajib Militer di Korea Selatan yang Perlu Kamu Tahu

Foto: Ubitto

Penasaran gak, sih, kegiatan apa aja yang bakal dilakukan oleh para anggota wajib militer selama mereka dinas?

Nah, jadi beberapa minggu pertama, mereka bakal dibekali dengan pelatihan militer dasar yang lumayan sulit dilakukan.

Melansir Ubitto, pelatihan dasar militer ini meliputi beragam hal, mulai dari marching, latihan dasar seperti push up dan lain sebagainya, sampai latihan menembak. Mereka juga akan dikasih pelatihan untuk berpidato khusus ala militer.

Selain itu, mereka juga akan mendapatkan satu pelatihan penting untuk menguji sejauh mana ketahanan diri mereka saat berada di tengah ruangan yang penuh dengan gas kimia yang menyengat. Eits, tenang, karena gas kimia ini udah terjamin aman dan gak punya efek samping untuk tubuh manusia. (Baca Juga: Billie Eilish Sempat Mau Dibawa ke Terapis Gara-Gara Lagu Justin Bieber)

5. WAJIB HUKUMNYA MENCUKUR RAMBUT 

Sederet Fakta Wajib Militer di Korea Selatan yang Perlu Kamu Tahu

Foto: CNN

Sebelum memulai wajib militer, para anggota harus memastikan rambutnya udah dicukur pendek a la gaya tentara. Sedangkan untuk yang belum bercukur, para anggota wajib militer juga bisa mencukur rambutnya di tempat yang disediakan di pangkalan militer.

Nah, yang bikin menarik, sisa potongan rambut di sana ternyata gak akan langsung di buang begitu, tapi dikumpulkan dan disimpan dalam sebuah kantong cokelat. Ini untuk berjaga-jaga, kalau ternyata mereka tewas saat bertugas, maka kantong itu akan dikasih ke sanak keluarga. 

6. ADA WAKTU UNTUK CUTI 

Sederet Fakta Wajib Militer di Korea Selatan yang Perlu Kamu Tahu

Foto: Ubitto

Selama wajib militer, para anggota tetap punya hak untuk cuti. Biasanya, mereka bisa mengambil cuti pertamanya selama empat hari kalau udah bertugas selama 100 hari. (Baca Juga: Jangan Pelihara Hewan Peliharaan Kalau Kamu Termasuk Golongan Orang Ini)

Mereka juga bisa dapat bonus cuti tambahan selama 10 hari kalau dapat promosi jabatan. Gak cuma itu, mereka juga akan mendapat cuti lagi saat libur musim gugur. 

Silmi Safriyantini
Kontributor GenSINDO
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Instagram: @silmisafr



(it)
Artikel Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss