11 Anime dengan Ending yang Sangat Layak Dinantikan

Minggu, 23 Oktober 2022 - 09:11 WIB
loading...
11 Anime dengan Ending yang Sangat Layak Dinantikan
Sejumlah anime dibatalkan atau gagal mengakhiri ceritanya dengan memuaskan. Tapi, ada serial anime yang berhasil mengukuhkan finale-nya jelas layak dinantikan. (Foto: KOMBO)
A A A
Tidak ada yang lebih memuaska ketimbang mendapatkan konklusi sebuah cerita yang telah diikuti selama bertahun-tahun, termasuk anime . Tak jarang, anime yang berjalan sangat panjang tidak memberikan kepuasan di ending-nya. Penonton pun jadi kecewa.

Ending anime yang luar biasa tentu akan membawa ceritanya sebuah penutupan yang memuaskan dan mengakhiri perjalanan panjang yang emosional. Sejumlah cerita membangun narasinya selama puluhan tahun yang berpuncak pada finale yang sangat diantisipasi. Tapi, ada juga serial tunggal yang selesai setelah satu season dengan konklusi yang pas.

Mau sepanjang apa, penggemar akan terpaku selama ceritanya dieksekusi dengan baik dan akan menanti klimaksnya dengan napas tertahan. Terlebih, tidak semua anime mendapatkan ending yang layak dinantikan. Banyak serial panjang yang dibatalkan di tengah cerita atau gagal memberikan ending yang memuaskan ketika materi sumbernya belum selesai. Tapi, serial dengan finale memuaskan akan melekat di benak penggemar. Anime apa saja yang punya ending layak dinantikan? Simak ulasannya berikut ini!



11. Attack on Titan

11 Anime dengan Ending yang Sangat Layak Dinantikan

Foto: Cultured Vultures

Attack on Titan seharusnya masuk kategori Special Mention karena anime-nya belum selesai. Episode finalnya baru akan tayang tahun depan. Tapi, karena serial ini sudah masuk dua pertiga bagian season akhirnya, bisa dikatakan kalau Attack on Titan adalah segalanya yang diharapkan penggemar.

Sejumlah break produksi berisiko mengasingkan serial in dari penontonnya. Tapi, berkat kualitas tingginya yang konsisten, serial ini mampu mencapai level kesuksesan mainstream. Penggemar jelas akan membuat episode finalnya menjadi salah satu yang paling banyak ditonton dalam sejarah.

10. Naruto: Shippuden

11 Anime dengan Ending yang Sangat Layak Dinantikan

Foto: Netflix

Sebagaimana dengan serial anime shounen yang panjang, banyaknya episode Naruto akhirnya menjadi penghalang bagi banyak penonton baru. Serial ini punya 720 episode, termasuk materi non-kanon. Tapi, mereka yang menyelesaikan serial ini akan diberikan salah satu ending paling memuaskan dalam sejarah anime.

Sementara pertarungan akhir antara Naruto dan Sasuke melawan Kaguya agak mengecewakan, episode sebelum finale-nya tidak bisa lebih baik lagi. Naruto menikahi Hinata. Ini menandai langkah terakhir pendewasaan bagi seorang shinobi yang tumbuh bersama para penontonnya.

9. Death Note

11 Anime dengan Ending yang Sangat Layak Dinantikan

Foto: IGN

Dalam banyak cara, Death Note agak menjadi kambing hitam di judul anime shounen. Serial ini tidak mengikuti struktur cerita shounen konvensional. Makanya, anime ini punya reputasi sebagai salah satu yang paling unik di genre ini. Ini, tentu saja, termasuk ending-nya, yang menggambarkan kematian Light Yagami.

Dibandingkan dengan yang lain, Death Note tidak terlalu panjang. Serial ini tayang di bawah sembilan bulan. Tapi, karena narasinya yang padat, ke-37 episodenya terasa lebih panjang. Ketika pada akhirnya Light menemui ajalnya, penggemar serial ini tidak bisa mengantisipasinya.

8. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

11 Anime dengan Ending yang Sangat Layak Dinantikan

Foto: LaptrinhX

Fullmetal Alchemist duduk di puncak setiap ranking anime. Serial ini juga memegang status klasik di antara fans dan kritikus. Cerita adaptasi anime Fullmetal Alchemist dimulai dengan versi 2003 yang dikenal mengubah ending-nya karena manga-nya belum selesai.

Pada 2009, cerita yang sangat populer ini mendapatkan remake yang lebih setia pada manga-nya. Fullmetal Alchemist: Brotherhood membawa finale legendaris serial ini kepada orang yang hanya nonton anime-nya dan mengamankan posisi serial ini sebagai shounen klasik. Perjalanan intensif dan mendebarkan Brotherhood berpuncak pada salah satu ending paling memuaskan dalam sejarah anime. Setiap penggemar anime pun harus menonton serial ini setidaknya sekali seumur hidup.

7. Assassination Classroom

11 Anime dengan Ending yang Sangat Layak Dinantikan

Foto: TechNadu

Assassination Classroom menjadi serial hit saat dirilis. Serial ini menarik penggemar dengan premis unik dan karakternya yang tidak biasa. Korosensei yang merupakan monster menawan yang overpowered dan kelasnya yang berisi berandalan dengan nafsu membunuh memenangkan hati banyak penonton.

Namun, konklusi pengaduk-aduk jiwa serial ini membuat banyak hati penggemar tenggelam. Selama bertahun-tahun, semua orang jadi terikat pada karakter serial ini yang mudah disukai. Jadi, menyaksikan para siswa kelas 3-E pada akhirnya memenuhi misi mereka dan menghabisi nyawa gurunya jelas sangat mematahkan hati.

6. Clannad: After Story

11 Anime dengan Ending yang Sangat Layak Dinantikan

Foto: astronerdboy
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3897 seconds (0.1#10.140)