15 Anime Sedih Terbaik dan Mengharukan, Wajib Siapkan Tisu!

Senin, 28 Oktober 2024 - 21:05 WIB
loading...
15 Anime Sedih Terbaik...
Anime sedih selalu berhasil menarik perhatian banyak penggemar dengan ceritanya yang penuh emosi dan pesan mendalam. Anime ini menyajikan kisah menyayat hati. Foto/A-1 Pictures
A A A
JAKARTA - Anime sedih selalu berhasil menarik perhatian banyak penggemar dengan ceritanya yang penuh emosi dan pesan-pesan mendalam. Anime ini sering kali menyajikan kisah-kisah yang menyayat hati, dengan karakter yang menghadapi penderitaan, kehilangan, dan situasi sulit yang membuat penonton ikut merasakan kesedihan mereka.

Setiap cerita anime ini dirancang dengan hati-hati untuk mengajak penonton menyelami emosi para karakternya yang sering kali berjuang melawan nasib yang tidak adil atau menghadapi kehilangan yang tak terhindarkan. Melalui perjalanan emosional ini, penonton diajak merenungkan makna hidup dan belajar dari perjuangan karakter-karakter tersebut.

Beberapa anime sedih bahkan telah menjadi legenda di kalangan penggemar karena ceritanya yang terus dikenang dan dibicarakan bertahun-tahun setelah ditayangkan. Mereka tidak hanya menyuguhkan adegan-adegan yang menyentuh hati, tetapi juga menyampaikan pesan bermakna yang meninggalkan kesan mendalam bagi siapa saja yang menontonnya.

Berikut beberapa rekomendasi anime sedih dilansir dari Myanimelist, Senin (28/10/2024).

15 Anime Sedih Terbaik dan Mengharukan





1. Grave of The Fireflies

15 Anime Sedih Terbaik dan Mengharukan, Wajib Siapkan Tisu!

Foto/Studio Ghibli

Diproduksi oleh Studio Ghibli pada 1988, Grave of The Fireflies sering disebut sebagai salah satu anime tersedih sepanjang masa. Berlatarkan pada akhir era Perang Dunia II, Grave of The Fireflies bercerita tentang perjuangan untuk bertahan hidup yang dilakukan oleh kakak beradik bernama Seita dan Setsuko.

Mereka berdua telah kehilangan orang tua dan tempat tinggal karena perang yang sedang berlangsung. Awalnya mereka sempat diurus oleh bibinya, tetapi karena merasa tidak nyaman oleh sifat bibinya yang kejam dan tidak peduli, akhirnya mereka memutuskan untuk pergi dan tinggal di bunker bekas perang. Sejak saat itu, kehidupan mereka yang tragis dan penuh dengan keterbatasan pun dimulai.

Grave of The Fireflies diangkat dari cerita pendek semi-otobiografi 1967 dengan judul yang sama oleh Akiyuki Nosaka. Ia menceritakan pengalamannya setelah pengeboman atom oleh Amerika di Kobe pada 1945. Disutradarai oleh Isao Takahata, Grave of The Fireflies mendapatkan rating 8.52 dari 416.537 pengguna di situs Myanimelist.

2. I Want to Eat Your Pancreas

15 Anime Sedih Terbaik dan Mengharukan, Wajib Siapkan Tisu!

Foto/Studio VOLN

I Want to Eat Your Pancreas membuat terbawa perasaan dan sedih saat bersamaan. Anime dari Studio VOLN ini berkisah tentang seorang penyendiri bernama Haruki Shiga. Suatu hari ia menemukan sebuah buku harian miliki Sakura Yamauchi, siswi perempuan populer di sekolahnya.

Buku harian tersebut berisi tentang perjalanan hidup Sakura yang ternyata mengidap kanker pankreas. Ketika mengembalikan buku harian milik Sakura, Haruki menyadari bahwa ia satu-satunya orang yang tahu tentang penyakit dari Sakura. Haruki kemudian berjanji untuk membantu Sakura mewujudkan keinginannya hingga hari terakhirnya. Seiring berjalannya waktu, hubungan mereka semakin erat.

Namun, Haruki terlambat untuk menyadari perasaannya terhadap Sakura. I Want to Eat Your Pancreas adaptasi dari novel dengan judul yang sama ditulis oleh Yoru Sumino dan disutradarai oleh orang yang sama dengan sutradara Kimetsu no Yaiba dan Cells at Work. I Want to Eat Your Pancreas mendapatkan nilai 8.55 dari 600.791 orang di situs Myanimelist.

3. Your Lie in April

15 Anime Sedih Terbaik dan Mengharukan, Wajib Siapkan Tisu!

Foto/A-1 Pictures

Your Lie in April bercerita tentang seorang pianis genius bernama Arima Kousei yang kehilangan kemampuan bermain piano setelah kematian ibunya. Suatu hari, ia bertemu dengan Miyazono Kaori, pemain biola andal yang secara perlahan mulai memberi warna pada hidup Kousei yang monoton.

Kaori yang memiliki sifat ceria dan positif, terus menyemangati Kousei serta membantunya untuk kembali bermain piano dengan penuh kebebasan. Kousei pun membantu Kaori untuk mengiringi penampilan biolanya dengan piano. Di sisi lain, Kaori ternyata menyimpan sebuah rahasia yang nantinya membawa kesedihan besar bagi Kousei.

Your Lie in April dirilis pada 2014 dengan A-1 sebagai studio animasinya. Anime ini berhasil mendapatkan skor 8.64 dari 1,3 juta pengguna di situs Myanimelist.

4. Plastic Memories

15 Anime Sedih Terbaik dan Mengharukan, Wajib Siapkan Tisu!

Foto/Doga Kobo

Mengambil latar di masa depan yang sudah memiliki kemajuan teknologi, Plastic Memories bercerita tentang Mizugaki Tsukasa, pemuda berusia 18 tahun yang gagal dalam ujian masuk perguruan tinggi. Namun, ia berhasil mendapatkan pekerjaan di Sion Artificial Intelligence Corporation (SAI Corp), perusahaan yang menciptakan Giftia, android canggih yang mirip seperti manusia.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1310 seconds (0.1#10.140)