10 Anime Ini bakal Bikin Kamu Mensyukuri Nikmat dalam Hidup

Selasa, 18 Oktober 2022 - 07:15 WIB
loading...
10 Anime Ini bakal Bikin Kamu Mensyukuri Nikmat dalam Hidup
Sejumlah anime punya pesan yang sangat otentik yang mengingatkan kepada para penontonnya agar mereka selalu mensyukuri nikmat pemberian Tuhan sekecil apa pun. (Foto: SportsKeeda)
A A A
Sejumlah anime mengandung pesan yang mengingatkan orang untuk mensyukuri nikmat sekecil apa pun dari Tuhan. Pesan ini biasanya terselip lewat premis cerita atau bahkan momen kocaknya. Sejumlah anime dikenal mengangkat cerita dengan pelajaran kehidupan yang serius di tengah adegan kocak dan padat aksinya.

Para karakter di anime sering kali mengembangkan situasi dunia nyata. Jadi, masuk akal jika anime dengan pelajaran hidup berharga akan begitu relatable. Meski anime itu fiktif dan dimaksudkan sebagai sarana hiburan, sejumlah pesan yang sangat otentik akan mengingatkan penonton untuk mensyukuri nikmat yang mereka terima.

Sejumlah anime punya pengalaman yang begitu menyentuh sehingga membuat penontonnya berpikir. Dari semua anime yang menampilkan adegan memorable dan memicu emosi, ada yang lebih memprovokasi pikiran dan memicu orang untuk menghargai aspek tertentu dalam kehidupan mereka. Anime apa saja yang bisa membuat orang belajar mensyukuri nikmat dalam hidup? Mengutip CBR, berikut ulasannya!



10. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba

10 Anime Ini bakal Bikin Kamu Mensyukuri Nikmat dalam Hidup

Foto: IMDb

Ada banyak alasan untuk bersyukur ketika mempertimbangkan bagaimana Kimetsu no Yaiba berjalan. Kemampuan Tanjiro menerima Nezuko—meski dia tidak lagi menjadi manusia—mengingatkan orang kalau itu adalah sebuah keberkahan ketika orang bisa memberikan rahmat kepada orang lain. Alih-alih membunuh Nezuko yang telah menjadi iblis, Tanjiro tahu kalau itu bukan pilihanya dan tidak menyerah pada dirinya. Alhasil, Nezuko pun percaya pada kakaknya itu.

Tanjiro juga melihat kebaikan dalam iblis yang dulunya adalah manusia. Ini adalah pengingat untuk melihat kebaikan pada diri orang dalam kehidupan sehari-hari. Mudah menilai orang dari penampilannya atau pilihannya, tapi tidak ada yang benar-benar tahu siapa orang itu jauh di dalam sana.

9. Death Parade

10 Anime Ini bakal Bikin Kamu Mensyukuri Nikmat dalam Hidup

Foto: Good e-Reader

Death Parade adalah cerita psikologis yang berputar di sekitar kehidupan dan kematian. Ketika seseorang mati dan ikut permainan di mana kekalahan mereka sama dengan kematian mereka, mereka pun memperlihatkan siapa diri mereka sebenarnya. Sebuah hal lumrah bagi orang mengungkapkan sisi gelap mereka ketika nyawa mereka dipertaruhkan.

Tapi, satu hal yang disadari orang dari setiap permainan di anime ini adalah seseorang harus mensyukuri kemampuan mereka untuk hidup tanpa penyesalan. Tidak ada orang yang sempurna. Tapi, menyembunyikan diri sendiri seharusnya tidak perlu hanya demi diterima atau disukai orang lain. Menjalani hidup sepenuhnya sementara menghargai setiap bagian dari diri sendiri adalah sesuatu yang seharusnya disyukuri sebelum terlambat.

8. Fruits Basket

10 Anime Ini bakal Bikin Kamu Mensyukuri Nikmat dalam Hidup

Foto: OtaQuest

Ada banyak momen kocak di Fruits Basket. Tapi, cerita dramatisnya bisa membuat penontonnya menangis sampai terisak-isak. Serial ini melibatkan karakter yang disuka orang dikutuk dan tidak dihargai keluarga mereka sendiri.

Menyedihkan ketika menyaksikan peristiwa yang mematahkan hati terjadi. Tapi, penonton jadi belajar kalau mereka seharusnya mensyukuri dan menghargai teman yang tidak pernah meninggalkan mereka. Tohru sangatlah polos, tapi dia selalu mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada keluarga Sohma yang mengambil dan menerimanya apa adanya. Teman-temannya, Hanajima dan Uotani, juga selalu mendampinginya dalam suka dan duka.

7. One Punch Man

10 Anime Ini bakal Bikin Kamu Mensyukuri Nikmat dalam Hidup

Foto: Crunchyroll

Sejumlah orang bermimpi melatih tubuh mereka untuk menjadi orang tersehat yang mereka tahu. Yang lain mungkin melatih otak mereka untuk jadi yang paling cerdas dan yang lain mungkin ingin tampil terbaik di tempat kerja. Sementara punya cita-cita dalam hidup itu penting, One Punch Man memperlihatkan kalau ingin menjadi yang terbaik pada sesuatu mungkin tidak sehebat kelihatannya.

Menjadi pahlawan terkuat sebenarnya lebih menjadi beban untuk Saitama. Dia bosan menjadi yang terbaik, yang mengingatkan orang kalau kadang tampil rata-rata itu adalah sebuah berkah. Kalau orang menjadi yang terbaik pada sesuatu, maka tidak akan ada lagi ruang untuk perbaikan atau tantangan.

6. Clannad

10 Anime Ini bakal Bikin Kamu Mensyukuri Nikmat dalam Hidup

Foto: WordPress

Banyak peristiwa terjadi di Clannad di mana orang belajar untuk menghitung nikmat mereka. Yang paling menonjol adalah bagaimana seseorang seharusnya bersyukur atas keluarga mereka. Kalau ada orang yang bisa dan mau memaafkan, anggota keluarga bisa menggunakan lebih dari satu kesempatan.

Karena Clannad juga mendemonstrasikan bagaimana hidup bisa berubah dalam satu kedipan mata atau diambil dalam satu detik, penting juga untuk menjalani hidup semaksimal mungkin. Clannad punya kemapuan untuk membuat orang mengingat kalau manusia itu kuat dan bisa mengubah seluruh hidup mereka. Tidak tergantung pada peristiwa buruk yang terjadi sebelumnya.

5. Attack on Titan

10 Anime Ini bakal Bikin Kamu Mensyukuri Nikmat dalam Hidup

Foto: Den of Geek
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2119 seconds (0.1#10.140)