10 Film Superhero Paling Kontroversial, Ada yang Belum Dirilis

Minggu, 16 Oktober 2022 - 12:27 WIB
loading...
10 Film Superhero Paling Kontroversial, Ada yang Belum Dirilis
Sejumlah kontroversi tidak bisa dihindarkan di film superhero, terutama yang secara terbuka mengatasi kebaikan dan kejahatan, sifat manusia serta kekuasaan. (Foto: Netflix News)
A A A
Tidak semua maniak film suka film superhero . Tapi, meski mereka membencinya, genre ini cukup populer sehingga tetap bertahan. Banyak film superhero yang sudah ada dan yang akan datang mengilustrasikan bagaimana genre itu, film itu juga mendapatkan kontroversi.

Kontroversi itu sesuai dengan jalannya di film yang begitu terbuka bergulat dengan kebaikan dan kejahatan, sifat manusia, dan kekuasaan. Karena alasan itulah, film superhero itu tetap kuat. Ini terutama terjadi pada franchise superhero seperti Marvel Cinematic Universe (MCU) dan DC Extended Universe (DCEU).

Film superhero tertentu memang punya volume tinggi serangan balik atau umpan balik yang kontradiktif. Terkadang, itu karena alasan tematik yang biasa dan kadang karena alasan lain. Apa saja film superhero paling kontroversial sejauh ini? Mengutip CBR, berikut ulasannya!



10. Deadpool

10 Film Superhero Paling Kontroversial, Ada yang Belum Dirilis

Foto: TechCrunch

Mulut busuk Deadpool tidak lolos dari perhatian di film perdananya. Akibatnya, Deadpool menjadi film paling banyak dikeluhkan karena kekerasan, ketelanjangan, dan bahasanya yang eksplisit. Film itu dirilis pada 2016.

Kontroversi itu belum selesai. Pada Juli 2022, Disney+ mengumumkan rencana untuk menambahkan film berating R, termasuk Deadpool, ke layanan mereka—di akun non-anak-anak. Sekali lagi, sejumlah penggguna bersiap, meski Ryan Reynolds dengan cepat berkelakar tentang sejarah panjang Disney membuat film traumatik secara emosional.

9. Batman: The Killing Joke

10 Film Superhero Paling Kontroversial, Ada yang Belum Dirilis

Foto: YouTube

Ketika DC mengumumkan rencana untuk mengadaptasi Batman: The Killing Joke menjadi film animasi, banyak penggemar menantikan cerita baru dan intepretasi dinamik. Batman: The Killing Joke adalah novel grafis kelam dan ikonik karya Alan Moore yang dirilis pada 1987. Sayang, film yang dirilis pada 2016 tidak menghidupkan materi sumbernya dan membuatnya jadi lebih buruk.

Film itu menerima caci maki karena gagal menghadapi dinginnya Batgirl. Selain itu, film itu juga dicaci maki karena memasukkan hubungan seksual problematik antara Batgirl dan Batman. Penggemar juga kecewa karena film itu mengencerkan cerita menarik tentang sifat baik dan jahat.

8. Spider-Man

10 Film Superhero Paling Kontroversial, Ada yang Belum Dirilis

Foto: Syfy

Kampanye promosi Spider-Man sudah berjalan ketika World Trade Center diserang pada 11 September 2001. Sayangnya, foto kampanye itu menggambarkan cakrawala New York City, termasuk World Trade Center. Film yang disutradarai Sam Raimi itu dirilis pada 2002.

Konten promosi itu lantas ditarik atau diedit. Termasuk sebuah trailer di mana Spider-Man menjaring Menara Kembar itu dan sebuah foto di mana cakrawala (termasuk menara itu) tercermin di topeng Spidey. Film itu sukses secara komersial dan kritis, tapi masih butuh dibetulkan—meski bukan kesalahannya sendiri—sebelum masuk bioskop.

7. Justice League

10 Film Superhero Paling Kontroversial, Ada yang Belum Dirilis

Foto: Batman News

Penggemar kecewa ketika Zack Snyder mundur dari kursi sutradara Justice League menyusul kematian putrinya. Dia kemudian digantikan Joss Whedon. Kekecewaan itu tumbuh ketika kritikus, dan kemudian, audiens, mencaci maki film itu ketika tayang di bioskop pada 2017.

Tuduhan terjadinya kesewenang-wenangan di tempat kerja yang diduga dilakukan Whedon hanya menambah luka. Kontroversi di seputaran perilaku Whedon ditambah dengan penerimaan buruk film itu memicu kampanye medi a sosial kepada Warner Bros. untuk "#releasetheSynderCut." Tagar itu berhasil. Pada 2021, Justice League versi Zack Snyder dirilis di HBO Max. Kritikus dan penggemar sepakat kalau film itu lebih kuat ketimbang aslinya.

6. Captain America: Civil War

10 Film Superhero Paling Kontroversial, Ada yang Belum Dirilis

Foto: Disney Tourist Blog

Sementar tetap populer di kalangan MCU, Captain America: Civil War juga mendapatkan kritikan. Bertahun-tahun setelah dirilis, film ini dikritik karena apa yang dianggap sebagai pesan fasis. Film itu menggambarkan posisi Iron Man kalau Avengers harus diawasi pemerintah karena pandangan sempit dan dimotivasi rasa bersalah pribadi. Tapi, responsnya ini masuk akal karena Avengers sering memicu kerusakan yang tidak diperlukan dalam pertarungan.

Di sisi lain, sejumlah penonton melihat keyakinan Captain Amerika berbatasan dengan fasisme. Dia ingin agar Avengers terus beroperasi secara otonomi. Ini adalah posisi yang melebih-lebihkan militer dan menegaskan sekelompok kecil orang harus membuat keputusan tentang nasib dunia tanpa input publik.

5. Batman v Superman: Dawn of Justice

10 Film Superhero Paling Kontroversial, Ada yang Belum Dirilis

Foto: Aleteia

Batman v Superman: Dawn of Justice adalah salah satu film superhero paling kontroversial sampai sekarang. Secara umum, film ini tidak populer karena tone-nya yang tidak koheren. Tapi, ketidaksesuaian tone ini bukanlah katalis untuk kontroversinya.

Alih-alih, BvS adalah film pertama DCEU yang mengadaptasi properti DC dengan buruk. Penggemar mengungkapkan kemarahan setelah menonton film itu karena mereka melihat film itu salah mengkarakterisasi karakternya, membuatnya sebagai pengalaman buruk bagi penggemar Batman dan Superman. Misalnya, pembunuhan yang dilakukan Batman telah menyepelekan puluhan tahun pengembangan karakter Dark Knight, termasuk puluhan kerja penulis yang mengeksplorasi sisi identitas vigilante-nya ini.

4. Captain Marvel

10 Film Superhero Paling Kontroversial, Ada yang Belum Dirilis

Foto: IGN

Captain Marvel seharusnya menjadi salah satu bagian cerita latar menawan Marvel Studios. Film yang dirilis pada 2019 itu menampilkan salah satu karakter yang paling populer sebagai karakter utamanya. Alih-alih, film ini mendapatkan cacian karena Brie Larson dianggap tidak pas memerankan karakter itu.

Kontroversinya pun jadi tidak terkendali dari situ. Film itu bahkan mendapatkan lebih banyak cacian setelah sebuah adegan yang dihapus memperlihatkan Captain Marvel menyalurkan suar kilat terhadap seorang pemotor yang memaksanya “tersenyum” setelah dia merampas motornya. Sejumlah penonton yakin kalau respons pahlawan itu terlalu ekstrem bagi situasi itu, meskipun adegan itu tidak muncul di film aslinya.

3. Suicide Squad

10 Film Superhero Paling Kontroversial, Ada yang Belum Dirilis

Foto: Variety

Suicide Squad yang dirilis pada 2016 memang sukses secara finansial. Tapi, film ini tetap menjadi salah satu kesalahan DCEU. Film ini tidak diterima dengan baik dan tetap kontroversial untuk sejumlah alasan. Trailer-nya menjanjikan kalau Joker akan mendapatkan waktu layar yang signifikan. Jadi, ketika filmnya tidak memenuhi janji ini, studio pun mendengar semuanya.

Sementara, Margot Robbie mendapatkan pujian atas perannya sebagai Harley Quinn. Meski begitu, kostumnya memicu reaksi negatif yang kuat. Penggemar merasa, kostum itu tidak menangkap semangat penampilan Harley di banyak komik. Yang lain menunjukkan betapa terang-terangnya kostum itu merefleksikan Male Gaze.

2. Captain America: New World Order

10 Film Superhero Paling Kontroversial, Ada yang Belum Dirilis

Foto: Marvel

Captain America: New World Order belum memulai syutingnya. Namun, sejumlah film sudah memicu ketidaksukaan di tengah publik bahkan sebelum dibuat. Film keempat Captain America itu salah satunya. Film ini memicu kontroversi karena judul dan casting atas sejumlah karakter Yahudi.

Judul film itu dipertanyakan karena sama dengan konspirasi antisemitik. Selain itu, penjahat film itu akan diperankan aktor Yahudi Tim Blake Nelson. Masuknya Sabra—superhero bertema Israel—semakin membuat rumit masalah ini di saat konflik Palestina-Israel terus menghancurkan Timur Tengah. Sebagai respons atas ketakutan ini, Marvel merilis pernyataan yang mengklarifikasi kalau Sabra akan diimajinasi ulang untuk film itu, sebagaimana karakter lain di MCU.



1. The Flash

10 Film Superhero Paling Kontroversial, Ada yang Belum Dirilis

Foto: IMDb

The Flash belum dirilis ke bioskop, tapi kontroversi sudah pecah. Kontroversi film ini mencuat karena bintang utamanya, Ezra Miller. Aktor yang memerankan Barry Allen alias Flash di DCEU itu sedang terjerat banyak masalah hukum. Dia didakwa melakukan pencurian dan penyerangan. Chase Iron Eyes dan Sara Jumping Eagle juga menuduh aktor itu meng-grooming anak mereka.

Pada Agutus lalu, Ezra mengatakan masuk fasilitas rehabilitasi untuk mencari perawatan atas sejumlah masalah kesehatan mental. Bisa dipahami kalau banyak pihak mengkritik Ezra dan menyerukan agar dia didepak dari franchise itu. The Flash dijadwalkan dirilis pada 2023. Belum diketahui apa langkah Warner Bros. untuk mengatasi masalah ini. Mereka telah menyatakan, tidak akan lagi memakai Ezra setelah The Flash dirilis.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3398 seconds (0.1#10.140)