10 Film Superhero Berdurasi Terpanjang hingga saat Ini

10 Film Superhero Berdurasi Terpanjang hingga saat Ini
Film superhero punya standar durasi maksimal hingga 2 jam. Tapi, setelah 2006, banyak film superhero yang berdurasi lebih dari 2 jam dan bahkan mencapai 4 jam. (Foto: rchiips.org)
Sejumlah genre film tertentu diperkirakan punya durasi yang lebih panjang dari rata-rata. Film gangster dan drama sering kali berdurasi hingga 3 jam dan dianggap epik. Tapi, genre superhero biasanya “hanya” berdurasi 2 jam dan itu sudah menjadi standarnya.

Tapi, makin ke sini, durasi film superhero pun kian panjang. Beberapa film malah berdurasi lebih dari 2, 5 jam. Perubahan drastis ini tidak lepas membuat genre ini juga lebih dihormati di industri film berkat penampilan yang bagus dan narasi yang runtut.

Dari barisan film superhero peraup box office, yaitu Marvel Studios dengan Marvel Cinematic Universe (MCU) dan DC dengan DC Extended Universe (DCEU), banyak film mereka dengan durasi lebih dari 2,5 jam. DC menguasai top ten daftar film berdurasi terpanjang dengan mengukuhkan 8 filmnya. Marvel hanya punya 2 film dengan durasi lebih dari 2,5 jam. Apa saja film superhero dengan durasi terpanjang? Simak ulasan berikut ini!

Baca Juga: 10 Superhero Paling Kuat yang Pernah Tampil di Film

10. Wonder Woman 1984 — 151 Menit
10 Film Superhero Berdurasi Terpanjang hingga saat Ini

Sebelum film ini benar-benar dimulai, ada prolog sepanjang hampir 30 menit yang ber-setting di Themyscira. Prolog ini mengisahkan tentang Diana kecil yang ikut ambil bagian dalam acara atletik. Ketika film ini benar-benar maju ke 1984, ada banyak yang terjadi. Di situ terjadi kemunculan penjahat bernama Cheetah dan Max Lord, lanjutan hubungan Diana dan Steve, atau adegan yang memamerkan desain luar biasa dari masa itu. Sayangnya, durasi menjadi titik kritik terbesar pada penontonnya karena banyak yang merasa terlalu panjang.

8. Batman v Superman: Dawn of Justice — 152 Menit (tie)
10 Film Superhero Berdurasi Terpanjang hingga saat Ini

Bagi film yang menjual diri seperti pertandingan tinju, banyak yang berdesak-desakan di film ini lebih dari yang diperkirakan banyak orang. Film ini memperkenalkan Wonder Woman, membangun Justice League sampai menghadapi kematian Superman. Tak heran jika kadang sulit untuk mengikuti apa yang terjadi di film ini. Meskipun titik jual terbesarnya adalah Batman, sejumlahn orang merasa seharusnya ada film solo Batman sebelum film ini agar film ini berjalan dengan sedikit lebih halus.

8. The Dark Knight — 152 Menit (tie)
10 Film Superhero Berdurasi Terpanjang hingga saat Ini

Film ini adalah bagian kedua dari trilogi The Dark Knight arahan Christopher Nolan. Film ini lanjutan dari Batman Begins, film Batman yang tidak menunjukkan Batman sampai 40 menit kemudian. The Dark Knight berisiko untuk mengecewakan penonton, tapi ternyata tidak. Film ini punya plot yang sangat menarik, dan adegan laga epik yang sangat panjang. Meski berdurasi lebih dari 2,5 jam, film ini tidak terasa panjang sama sekali. Nyaris setiap adegannya menarik dan ikonik, dari perampokan bank hingga peledakan rumah sakit.

7. Superman Returns — 154 Menit
10 Film Superhero Berdurasi Terpanjang hingga saat Ini

Film ini mudah dilupakan keberadaannya karena berada di antara film ikonik yang dibintangi Christopher Reeves dan Superman yang saaat ini ada di DCEU. Meski film ini dikritik karena tidak mengembangkan Superman di era modern—sebagaimana dilakukan Batman Begins setahun sebelumnya—film ini sebenarnya mempengaruhi film superhero lain. Dirilis pada 2006, film ini adalah film suiperhero pertama yang berdurasi lebih dari 2,5 jam. Sejak saat itu, film superhero cenderung punya durasi yang panjang.

6. Eternals — 156 Menit
10 Film Superhero Berdurasi Terpanjang hingga saat Ini

Marvel Studios masih kalah dari DC terkait durasi film. Eternals adalah salah satu film superhero terpanjang mereka, tapi bukan yang paling panjang di genre ini. Nyatanya, film ini hanyalah satu di antara dua film Marvel yang masuk daftar ini. Berdurasi sekitar 2 jam 36 menit, film ini juga menjadi film asal usul Eternals, ras alien yang menghuni bumi selama ribuan tahun. Mereka berada di planet ini atas perintah pembuat mereka, Celestials. Disutradarai Chloe Zhao, Eternals menampilkan visual yang menarik dan cerita yang sebelumnya belum tereksplorasi di MCU.

5. Watchmen — 163 Menit
10 Film Superhero Berdurasi Terpanjang hingga saat Ini

Sebelum Zack Snyder menjalankan DECU dan Watchmen menjadi miniseri di HBO, Zack menggarap sebuah adaptasi film epik dari novel grafis berjudul sama. Sutradara kondang Terry Gilliam pernah mengatakan kalau novel itu tidak bisa dibuat film. Tapi, Zack berhasil melakukan pekerjaan bagus dalam mengadaptasi Watchmen menjadi film sepanjang 2 jam 43 menit. Saat itu, Zack bisa menceritakan kisah yang membentang puluhan tahun dan perspektif dari karakter berbeda. Karena banyaknya cuplikan slow motion, kalau film ini tampil dengan kecepatan normal, durasinya mungkin hanya setengahnya.

4. The Dark Knight Rises — 165 Menit
10 Film Superhero Berdurasi Terpanjang hingga saat Ini

Penutup trilogi ini punya durasi yang lebih panjang dari dua pendahulunya, yaitu Batman Begins dan The Dark Knight. Film pamungkas trilogi ini adalah film yang besar. Film ini punya ekspekstasi tinggi dan berhasil menghidupkan sebagian besar harapan itu, tapi itu membuat bokong penonton jadi kebas karena kelamaan duduk. Tapi, Christopher Nolan memanfaatkan panjangnya durasi ini sehingga tidak ada satu menit pun yang disia-siakan. Film ini mengisahkan Batman yang keluar dari pensiun. Pada akhirnya, film ini melelahkan tapi juga menyenangkan.

3. The Batman — 176 Menit
10 Film Superhero Berdurasi Terpanjang hingga saat Ini

Baru saja dirilis, The Batman sudah memecahkan rekor sebagai film Batman terpanjang yang pernah dibuat sampai sekarang. Film ini bahkan lebih panjang dari dua trilogi The Dark Knight buatan Christopher Nolan yang juga panjang-panjang. Film ini mengambil pendekatan yang belum pernah dilakukan film Batman sebelumnya, yaitu kiprah Batman sebagai seorang detektif. Saat ini, The Batman juga diakui sebagai salah satu film terbaik Batman. Film ini juga untuk kali pertama menampilkan Robert Pattinson sebagai Batman.

2. Avengers: Endgame — 181 Menit
10 Film Superhero Berdurasi Terpanjang hingga saat Ini

Avengers: Endgame adalah film terbesar sepanjang masa. Film ini berdana terbesar dari semua film yang ada, menampilkan banyak bintang film kondang, film terlaris sepanjang masa, dan merupakan pamungkas dari sebuah saga yang berjalan selama 11 tahun. Film ini berdurasi lebih dari 3 jam. Film ini punya misi mustahil untuk membungkus sejumlah busur cerita dengan cara kohesif sekaligus memuaskan jutaa penggemar. Dengan mempertimbangkan bagaimana film ini dibuat seperti tanpa banyak usaha, agak mengagetkan kalau hanya berdurasi 3 jam.

Baca Juga: 10 Film Superhero yang akan Tayang di Bioskop pada 2022

1. Justice League versi Zack Snyder — 242 Menit
10 Film Superhero Berdurasi Terpanjang hingga saat Ini

Versi ini sejatinya adalah film 2017 yang akhirnya berubah drastis setelah Zack Snyder meninggalkan proyek ini dan digantikan Josh Whedon. Dirilis pada 2021, versi ini lebih panjang dan menampilkan banyak cuplikan baru yang diambil demi versi ini. Tidak hanya itu, film ini juga lebih panjang dengan durasi lebih dari 4 jam, yang nyaris mustahil ditonton hanya dalam sekali duduk. Film ini kemudian dipisah menjadi beberapa chapter yang masing-masing berdurasi sekitar 30—45 menit. Film ini juga dirilis di HBO Max/Go, sehingga bisa ditonton dengan lebih santai.


(alv)
Share: