12 Film dengan CGI Paling Jelek, Ada yang Masuk Nominasi Oscar

Minggu, 11 September 2022 - 14:06 WIB
loading...
12 Film dengan CGI Paling Jelek, Ada yang Masuk Nominasi Oscar
CGI sangat sulit dan mahal untuk mendapatkan hasil yang tepat. Jadi, tidak mengejutkan kalau banyak film yang terlalu bergantung pada CGI tapi hasilnya jelek. (Foto: IMDb)
A A A
Computer-generated imagery alias CGI sudah menjadi hal lumrah di film saat ini, dari film action, superhero, sci-fi sampai epik fantasi. Avatar buatan James Cameron adalah pendobrak dan revolusioner dalam penggunaan CGI di seluruh film, dieksekusi lewat motion capture. Tapi, tidak semua film sukses menggunakan CGI.

CGI dikenal sangat sulit dan mahal untuk bisa dilakukan dengan tepat. Jadi, bukan hal yang mengejutkan kalau banyak film yang punya sekuens CGI yang jelek. Adegan aksi besar dan efek de-aging tetap yang paling sulit dilakukan. Pakar bisa menemukan kekurangan dalam sebagian besar CGI. Tapi, film terjelek punya kesalahan CGI yang bahkan bisa dilihat audiens.

Ada banyak film yang dikenal punya reputasi buruk karena CGI. Bahkan, sejumlah film dengan CGI paling jelek ini berhasil mengembangkan fanbase. Sementara yang lainnya disingkirkan penggemar. Apa saja film dengan CGI paling jelek? Mengutip CBR, berikut ulasannya!



12. Justice League — 2017

12 Film dengan CGI Paling Jelek, Ada yang Masuk Nominasi Oscar

Foto: YouTube

Justice League yang tayang di bioksop menampilkan cerita recut dari sutradara Joss Whedon setelah Zack Snyder meninggalkan proyek ini. Film ini menampilkan tone bary dan lebih ringan yang mengimajinasikan ulang karakter hampir dari dasar. Misalnya, Joss memotong adegan penting Cyborg yang mengubah ceritanya. Justice League juga menampilkan sedikit adegan yang diambil ulang termasuk CGI yang jelek.

Sementara adegan pertarungannya dipertanyakan, ada sejumlah masalah terpampang nyata yang mengecewakan penggemar. Lomba lari antar Superman dan Flash nyaris terlalu kabur untuk ditonton. Tapi, yang paling buruk adalah usaha menghilangkan kumis Henry Cavill di adegan syuting ulang. Hasilnya adalah penampakan mengerikan yang mengecewakan penonton.

11. Skyscraper — 2018

12 Film dengan CGI Paling Jelek, Ada yang Masuk Nominasi Oscar

Foto: The New York Times

Dwayne “The Rock” Johnson bukanlah orang aneh untuk tampil di film action konyol. Skyscraper pas dan telah menjadi film action bagi bukan pencinta genre ini. Audiens telah mengungkapkan kekecewaan mereka terhadap CGI di film. Sayangnya, CGI membuat aksi menarik terlihat seperti adegan dari video game.

Dari memanjat balok baja hingga meluncur ke luar gedung, seluruh film mungkin dianimasikan dengan baik. Dwayne terlihat tidak apda tempatnya di latar green screen, yang membuat Skyscraper sebagai film CGI yang terlupakan. Penggemar film lain Dwayne seperti San Andreas mungkin akan menemukan sesuatu untuk disukai di Skyscraper.

10. Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull — 2008

12 Film dengan CGI Paling Jelek, Ada yang Masuk Nominasi Oscar

Foto: Little White Lies

Ini adalah film jelek untuk banyak alasan. Tapi, yang paling terlihat adalah penggunaan CGI. Film ini mengejutkan banyak penggemar yang mengira franchise ini sudah selesai dengan The Last Crusade pada 1989. Di film ini, Jones dan teman-temannya, termasuk pacar dan anaknya, harus berusaha menembus agen Soviet demi mendapatkan reliks alien.

Tidak hanya penyebutan alien di Indiana Jones itu konyol, tapi film ini sangat bergantung pada CGI. Sayangnya, penggunaan CGI tidak berkontribusi apa pun pada plotnya. Dari ledakan nuklir dan anak Jones yang bergantungan di hutan seperti Tarzan, GGI ini gagal memikat penggemar seperti seri keempat serial ini.

9. King Kong — 2005

12 Film dengan CGI Paling Jelek, Ada yang Masuk Nominasi Oscar

Foto: YouTube

Reboot King Kong yang dilakukan Peter Jackson ini menampilkan cerita yang indah dan langkah besar dalam motion capture. Sayang, CGI-nya masih terlihat tidak realistik dan sering membawa audiens keluar dari atmosfir film. Motion capture-nya, yang dilakukan veteran Andy Serkis, memberi Kong setting gerakan realistis.

Tapi, cara Kong berinteraksi dengan lingkungannya sangat mengejutkan. Audiens dengan jelas bisa membedakan apa itu efek praktis dan apa yang dilakukan dengan CGI. Selain itu, lingkungan CGI seperti hutan dan kotanya gagal memberikan kesan. Bahkan, sejumlah CGI awal menua dengan baik. Tapi, banyak lingkungan King Kong seperti video game murahan ketimbang blockbuster Hollywood.

8. Cats — 2019

12 Film dengan CGI Paling Jelek, Ada yang Masuk Nominasi Oscar

Foto: The Movie Isle

Cats direspons dengan buruk baik oleh audiens dan kritikus. Film ini jadi terkenal karena visual yang aneh dan ganjil. Adaptasi live action drama Broadway ini kehilangan kredibilitasnya karena menciptakan hybrid manusia/kucing CGI. Apalagi, karakternya berukuran terlalu kecil kalau dibandingkan dengan lingkungan sekitarnya. Ini artinya, penungukurannya juga tidak pas dengan linkungan digital yang diciptakan artis.

Cats sebenarnya adalah film belum selesai yang terburu-buru ditayangkan di bioskop. Ini terlihat dengan banyaknya elemen karakter yang belum selesai, termasuk tangan manusia, bukan cakar. Selain itu, penonton dengan cepat menunjuk buruknya pencahayaan di banyak adegan, yang membuat karakternya terlihat lebih tidak realistis dan aneh.

7. Hulk — 2003

12 Film dengan CGI Paling Jelek, Ada yang Masuk Nominasi Oscar

Foto: IMDb
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1307 seconds (0.1#10.140)