10 Serial Anime Cerdas untuk Penonton Pintar di Ranker

Kamis, 06 Oktober 2022 - 21:26 WIB
loading...
10 Serial Anime Cerdas untuk Penonton Pintar di Ranker
Sejumlah anime cerdas, yang memicu penontonnya untuk berpikir, tidak ditujukan untuk semua orang. Hanya mereka yang ingin memperluas pikiranlah yang bisa. (Foto: NKos Corner)
A A A
Anime terbaik digembar-gemborkan punya visual unik nan menarik perhatian dan karakter kompleks yang tumbuh dewasa. Meski begitu, cerita anime tidak selalu super rumit. Ini terutama di serial shounen di mana busur narasinya sering bermuara pada serangkaian pertarungan tanpa akhir, seorang penyendiri yang akhirnya diterima secara sosial, atau cinta bertepuk sebelah tangan.

Tapi, anime punya gaya yang bermacam-macam. Bagi mereka yang tidak suka cerita umum shounen yang “receh” dan mencari yang bisa membuat mereka berpikir, ada banyak anime cerdas yang pas. Anime cerdas ini sering kali mengangkat tema yang dewasa seperti mempertayakan sifat kemanusiaan dan lain sebagainya.

Anime-anime ini akan membuat orang yang menontonnya memikirkan tentang serial favorit mereka dengan cara baru. Anime cerdas ini jelas bukan untuk semua orang. Mereka bisa dinikmati orang yang ingin memperluas pikiran mereka. Anime ini biasa membawa mereka ke tempat yang belum pernah mereka jelajahi sebelumnya. Anime cerdas apa saja yang pas untuk orang pintar? Mengutip Ranker, berikut ulasannya!



10. Higurashi When They Cry

10 Serial Anime Cerdas untuk Penonton Pintar di Ranker

Foto: The Cinemaholic

Setiap tahun, seseorang pasti mati di Festival Watanagashi di desa Hinamizawa dan satu orang lainnya hilang. Desa itu berusaha mengabaikan peristiwa tahunan itu. Tapi, itulah yang hanya bisa dipikirkan Keiichi, pendatang baru di area itu. Higurashi When They Cry menceritakan berbagai karakter yang masuk psikosis paranoid. Setiap enam episode, plotnya di-reset terhadap orang berbeda yang kehilangan pikiran dan lainnya dibunuh.

Serial ini terus membuat penontonnya menebak-nebak. Sepanjang serial ini, tidak pernah jelas siapa pembunuhnya, mengapa mereka melakukan kekejaman itu, dan entitas gelap apa yang bekerja di desa itu. Ini adalah anime yang benar-benar menakutkan yang mengeksplorasi bagaimana paranoia bisa berubah menjadi sesuatu yang lebih keras jika tidak dirawat.

9. Detective Conan

10 Serial Anime Cerdas untuk Penonton Pintar di Ranker

Foto: Fiction Horizon

Shinichi Kudo berubah menjadi anak kecil setelah aktivitas kedetektifannya menarik perhatian sindikat kriminal misterius. Untungnya, perubahan itu hanya berpengaruh pada fisiknya, bukan kemampuan otak jeniusnya. Dia kemudian mengadaptasi nama Conan Edogawa untuk menyembunyikan identitas aslinya. Dia kemudian tinggal bersama pacarnya, Ran, dan ayahnya yang seorang detektif partikelir, Kogoro Mouri.

Conan kemudian banyak membantu Kogoro untuk menyelesaikan kasus. Setiap episode serial ini menyajikan misteri baru dan mereka yang punya mata elang kadang bisa memecahkan kasus itu sebelum karakternya. Serial ini banyak dipengaruhi kisah detektif, terutama Sherlock Holmes.

8. Neon Genesis Evangelion

10 Serial Anime Cerdas untuk Penonton Pintar di Ranker

Foto: Quartz

Di dunia Neon Genesis Evangelion, umat manusia bekerja keras untuk pulih dari penampakan Malaikat yang mengerikan. Malaikat adalah monster luar angkasa yang menyebabkan katalisme global pada 2000. Di saat serial ini dimulai, tahunnya adalah 2015 dan sepertinya Malaikat akan kembali dalam waktu dekat. Satu-satunya pertahanan bumi terhadap para monster ini adalah Unit Eva, makhluk tinggi menjulang dalam zirah logam yang dipiloti anak-anak.

Sementara serial ini penuh dengan pertarungan mecha badass, perhatian setara juga tercurah pada korban psikologis memiloti Eva terhadap anak-anak itu. Protagonisnya merasakan setiap pukulan terakhir. Pertarungan klimaksnya sering diikuti perawatan selama berbulan-bulan di rumah sakit. Dengan banyak cara, sepertinya serial ini berusaha mengubah cerita shounen dengan protagonisnya, Shinji Ikari ingin menjalani hidup normal. Sementara sebagian besar kemampuan istimewa pahlawan anime membawa mereka pada petualangan hebat, kemampuan Shinji tidak membawa apa-apa selain sakit fisik dan mental.

7. Perfect Blue

10 Serial Anime Cerdas untuk Penonton Pintar di Ranker

Foto: Amazon

Perfect Blue mengikuti sensasi J-Pop, Mima Kirogue, yang menaiki tangga popularitas. Sayangnya, ketika kariernya meledak, cengkramannya pada realitas mulai memudar. Dia mulai mengasingkan mereka yang dekat dengannya.

Perfect Blue mengeksploasi masalah dunia nyata yang dihadapi selebritas sehari-hari dan juga efek negatif popularitas. Film ini mempertanyakan kapasitas pikiran manusia terhadap trauma. Anime ini juga meminta penonton untuk mempertimbangkan apakah luka psikologis benar-benar bisa sembuh.

6. Terror in Resonance

10 Serial Anime Cerdas untuk Penonton Pintar di Ranker

Foto: Otaku Dome

Di awal Terror in Resonance, serangan teroris yang dilakukan oleh grup misterius bernama Sphynx membuat Tokyo hancur. Sphynx dipimpin Twelve dan Nine. Mereka adalah orang yang kabur dari fasilitas pemerintah di mana mereka menjadi subyek eksperimen mengerikan.

Serial ini bergulat dengan efek luas terorisme dan mengeksplorasi motivasi kelompok teroris dengan cara yang sama mengerikan dan memanusiakannya. Baik Twelve dan Nine sama-sama cerdas. Mereka melihat konsekuensi aksi mereka sebagai bagian dari permainan yang mereka paksakan kepada warga Tokyo untuk dimainkan. Di dunia yang sering menolak mengakui median antara keyakinan ekstremis dan menerima normal, menyegarkan untuk bisa mendapatkan sekilas logika di balik mengapa seseorang bisa melakukan tindakan kejam seperti itu.

5. Ergo Proxy

10 Serial Anime Cerdas untuk Penonton Pintar di Ranker

Foto: Netflix
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7002 seconds (0.1#10.140)