10 Film Anime Tercepat Laris di Box Office, Ada yang Lagi Hits!

Ponyo diangkat dari dongeng The Little Mermaid karya Hans Christian Andersen. Ponyo disutradarai Hayao Miyazaki dan merupakan film kedelapannya untuk Studio Ghibli. Karya Miyazaki selalu merupakan sebuah hiburan dan Ponyo pun bukan pengecualian. Hingga 2022, Ponyo adalah salah satu film anime sepanjang masa dengan box office mencapai USD204,9 juta.

Film ini mengisahkan tentang seekor ikan mas bernama Ponyo yang kabur dari laut. Dia kemudian diselamatkan oleh bocah manusia berusia 5 tahun, Sosuke, setelah Ponyo terjebak dalam sebuah gelas. Film ini mengungkapkan tentang keinignan Ponyo menjadi manusia, melawan keadaan yang menghancurkan yang disebabkan akuisisi dan penggunaan sihirnya. Tetap saja, dia bersikeras untuk memenuhi mimpinya meskipun kehidupan yang sulit di sekitarnya.

4. Kimi no Na wa — 28 Hari

10 Film Anime Tercepat Laris di Box Office, Ada yang Lagi Hits!

Foto: Polygon

Kimi no Na wa adalah film terbaik besutan sutradara Makoto Shinkai. Film ini mendapatkan ulasan yang sangat positif dari para penonton dan menjadi salah satu film animasi tersukses dalam sejarah dengan meraup box office hingga USD380 juta. Selain itu, film ini juga meraih penghargaan seperti Los Angeles Films Critics Association Awards 2016 dan 71st Mainichi Film Awards untuk Film Animasi Terbaik.

Film ini mengisahkan tentang dua remaja, Mitsuha dan Taki. Keduanya menemukan kalau tubuh mereka tertukar dan jadi lebih dekat dalam proses ini. Tapi, mereka kemudian tahu kalau mereka eksis di dua lini masa berbeda. Ikatan tanpa syarat keduanya dan usaha saling melindungi satu sama lain membuat film ini jadi tontonan wajib.

3. Spirited Away — 25 Hari

10 Film Anime Tercepat Laris di Box Office, Ada yang Lagi Hits!

Foto: Time-Out

Separuh film yang masuk daftar ini dibuat sutradara kondang Jepang, Hayao Miyazaki. Spirited Away adalah salah satu masterpiece-nya. Dirilis pada 2001, film ini tampil baik di box office dan meraup lebih dari 31,68 miliar yen di Jepang. Setelah itu, film ini menjadi film anime pertama yang pernah meraih Oscar.

Spirited Away berkisah tentang Chihiro Ogino. Saat pindah ke lingkungan baru, dia masuk dunia Kami. Setelah orangtuanya diubah menjadi babi oleh seorang penyihir bernama Yubaba, Chihiro bekerja di pemandian Yubaba untuk menemukan cara membebaskan dirinya dan orangtuanya kemudian kembali ke dunia manusia.

2. One Piece Film: Red — 20 Hari

10 Film Anime Tercepat Laris di Box Office, Ada yang Lagi Hits!

Foto: One Esports

One Piece Film: Red adalah entri terbaru di daftar film anime peraih 10 miliar yen tercepat. Film ini meraih angka itu hanya dalam waktu 20 hari setelah dirilis di bioskop. Dibuat Toei Animation, One Piece Film: Red adalah film ke-15 dari manga karya Eiichiro Oda, One Piece. Di film ini, Oda mengawasi produksi film ini dengan Goro Taniguchi sebagai sutradara dan Kuroiwa Tsutomu sebagai penulis skenario.

Film ini ber-setting di Pulau Musik, Elegia. Di tempat itu, Uta, diva terhebat dunia, menggelar konser live pertamanya dan mengungkap dirinya ke hadapan publik. Topi Jerami, perompak, Marinir, dan penggemar dari seluruh dunia berkumpul untuk menikmati suara Uta. Tapi, acara itu dimulai dengan terungkapnya fakta kalau Uta adalah anak Shanks.

Baca Juga: 10 Anime Seinen dengan Tema Dewasa Terbaik Menurut IMDb

1. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba – The Movie: Mugen Train — 10 Hari

10 Film Anime Tercepat Laris di Box Office, Ada yang Lagi Hits!

Foto: NJ

Diangkat dari manga karya Koyoharu Gotouge, Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba – The Movie: Mugen Train adalah film Jepang tersukses dalam sejarah. Film ini memegang semua rekor box office dan meraup lebih dari USD500 juta dari seluruh dunia untuk menjadi film anime terlaris pada 2020. Inilah kali pertama film non-Hollywood memuncaki chart box office tahunan.

Yang menarik, film ini dirilis di tengah pandemi Covid-19. Meski begitu, film ini tetap saja meraup untung besar. Di Jepang saja, film ini mendapatkan laba sebesar 40 miliar yen. Film ini berkisah tentang trio Tanjiro, Zenitsu, dan Inosuke yang mendampingi Hashira Api Kyojuro Rengoku menguak misteri hilangnya sekitar 40 orang dari sebuah kereta api yang sedang berjalan.


(alv)
halaman ke-2
Share: