10 Film Anime Terbaik Produksi Studio Ghibli Menurut IMDb

Jum'at, 09 September 2022 - 20:47 WIB
loading...
A A A
Pindah ke sebuah rumah di pedesaan bersama ayah mereka, dua bersaudari, Satsuki dan Mei, menemukan dunia keriaan desa. Mereka bertemu roh penjaga yang melindungi hutan lokal, salah satu satunya adalah Totoro. Film manis ini menunjukkan keajaiban dunia alam, seperti dilihat dari perspektif anak-anak.

Sosok Totoro telah menjadi simbol Studio Ghibli. Saat menonton film ini, jadi jelas mengapa Totoro jadi simbol. Totoro mewujudkan banyak tema film Studio Ghibli, seperti lingkungan dan hidup berdampingan bersama alam.

4. Howl’s Moving Castle — 8,2

10 Film Anime Terbaik Produksi Studio Ghibli Menurut IMDb

Foto: Ghibli Wiki – Fandom

Anime ini berkisah tentang seorang cewek bernama Sophie. Hidupnya berubah 180 derajat setelah dia dikutuk jadi tua oleh seorang penyihir. Dia kemudian mengembara untuk mencari penyembuhan. Perjalanannya ini mempertemukannya dengan seorang penyihir bernama Howl yang punya masalah sendiri.

Film ini mengangkat ide berat tentang persepsi melawan realita. Banyak karakter di film ini yang ternyata bukan seperti apa yang pertama kali terlihat. Film ini ber-setting di balik perang dua negara dan ini punya konsekuensi besar. Pada intinya, Howl’s Moving Castle adalah tetang identitas dan mencari cinta di banyak bentuknya.

3. Princess Mononoke — 8,4

10 Film Anime Terbaik Produksi Studio Ghibli Menurut IMDb

Foto: Medium

Berlatar Jepang abad 14, Princess Mononoke mengikuti seorang pangeran Emishi bernama Ashitaka. Dia harus meninggalkan kampung halamannya setelah menjadi korban kutukan. Sepanjang perjalanannya mencari penyembuhan, dia terlibat pertempuran dengan dewa hutan kuno dan manusia yang menggunakan tanah di sekitarnya. Dia juga bertemu San, seorang gadis yang dibesarkan serigala yang memusuhi manusia.

Dengan mengombinasikan karakter dengan tema lingkungan yang relevan, Princess Mononoke adalah salah film solo terbaik. Film ini menggunakan setting sejarahnya untuk memberikan efek bagus. Film ini sering dijadikan rekomendasi bagi para pemula yang menginginkan tontonan bagus.

2. Grave of the Fireflies — 8,5

10 Film Anime Terbaik Produksi Studio Ghibli Menurut IMDb

Foto: Alternate Ending

Grave of the Fireflies adalah salah satu film paling emosional Studio Ghibli. Film perang ini diangkat dari cerita semi otobiografi Akiyuki Nosaka. Film ini mengikuti kisah kakak beradik bernama Seita dan Setsuko yang jadi yatim piatu setelah Perang Dunia II. Mereka dipaksa bertahan hidup sendirian.

Film ini dipuji karena presentasinya yang indah tapi menakutkan. Film ini tidak menahan diri untuk menyajikan realitas perang sementara menceritakan kisah yang dibutuhkan dengan mendalam. Mereka yang ingin nonton film ini harus mempersiapkan setumpuk tisu.



1. Spirited Away — 8,6

10 Film Anime Terbaik Produksi Studio Ghibli Menurut IMDb

Foto: Time Magazine

Film ini mengisahkan Chihiro, bocah berusia 10 tahun yang memasuki dunia lain bersama orangtuanya. Tapi, setelah ayah dan ibunya berubah menjadi babi, dia tahu kalau dunia yang merek masuki itu adalah tempat para roh dan mengandung banyak bahaya. Chihiro harus menemukan jalan untuk menyelamatkan keluarga dan dirinya sendiri.

Spirited Away adalah separuh cerita coming-of-age, separuh misi. Di film ini, Chihiro menemukan dirinya harus mengarahkan teman dan musuh di pemandian yang dia masuki untuk mencari jawaban. Hingga saat ini, film ini adalah satu-satunya film Studio Ghibli yang memenangkan Oscar.
(alv)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2510 seconds (0.1#10.140)