10 Film Anime Terbaik Produksi Studio Ghibli Menurut IMDb

10 Film Anime Terbaik Produksi Studio Ghibli Menurut IMDb
Hampir setiap film produksi Studio Ghibli itu fenomenal. Beberapa di antaranya menjadi favorit penonton dan menjadi film anime terbaik yang sangat menonjol. (Foto: The Illuminerdi)
Studio Ghibli telah memproduksi banyak film anime mengagumkan sejak didirikan pada 1995. Film produksi studio ini juga punya ciri khas tersendiri sehingga mudah dikenali. Studio ini dikenal atas film-film yang detail degan menampilkan karakter yang disukai dan cerita yang menghangatkan hati.

Saat ini, pendiri dan visioner Ghibli, Hayao Miyazaki, sedang mengerjakan film terakhirnya, How Do You Live? Film ini diangkat dari novel karya Yoshino Genzaburo dengan judul yang sama. Para penggemar pun tak sabar menantikan perilisan film ini.

Film-film produksi Studio Ghibli senantiasa menjadi populer. Jadi, tidak heran kalau film-film ini berkali-kali dirating di IMDb. Dari semua film yang telah dirilis, ada sejumlah film yang menonjol dan diberi skor tinggi di situs tersebut. Apa saja film anime produksi Studio Ghibli dengan rating tinggi di IMDb? Simak ulasannya berikut ini!

Baca Juga: 10 Serial Anime dengan Terlalu Banyak Karakter Penjahatnya

10. Kiki’s Delivery Service — 7,8

10 Film Anime Terbaik Produksi Studio Ghibli Menurut IMDb

Foto: IMDb

Fantasi coming-of-age ini mengisahkan tentang Kiki, 13. Dia seorang penyihir yang pindah ke kota di pinggir pantai bersama kucingnya, Jiji, untuk menyelesaikan pelatihannya sebagai penyihir seusianya. Terampil terbang, Kiki mendirikan layanan pengirimann untuk warga lokal.

Perjalanan Kiki menggali kesulitan untuk hidup mandiri kali pertama. Dia mengalami kemenangan dan perjuangan ketika harus mandiri. Film ini juga mengangkat tema keraguan terhadap diri dan ekspresi artistik, yang disampaikan dengan jelas dan cara menghangatkan yang membuat cerita ini cocok untuk segala usia.

9. Whisper of the Heart — 7,9

10 Film Anime Terbaik Produksi Studio Ghibli Menurut IMDb

Foto: Otaku USA Magazine

Whisper of the Heart adalah salah satu dari sedikit film Ghibli yang diangkat dari buku dan manga. Film ini mengisahkan tentang Shizuku, 14, yang berharap menjadi seorang penulis. Dia bekerja keras untuk menulis novel pertamanya untuk menyeimbangkan tugas sekolah dan berteman dengan seorang penjual barang antik.

Di saat yang sama, dia ingin mencari tahu tentang Seiji Amasawa yang misterius. Seiji adalah cowok di sekolahnya meminjam buku perpustakaan yang sama dengan Shizuku. Kisah asmara film ini ditangani dengan elegan dan narasi emosionalnya memikat para penonton dengan mudah.

8. The Tale of the Princess Kaguya — 8,0

10 Film Anime Terbaik Produksi Studio Ghibli Menurut IMDb

Foto: The Washington Post

Film ini diangkat dari dongeng tradisional Jepang. Kaguya ditemukan sebagai seorang gadis yang tumbuh di dalam bambu. Dia kemudian tumbuh menjadi gadis muda yang cantik. Kecantikannya menarik lima orang bangsawan. Mereka berlomba menikahinya. Tapi. Kaguya mensyaratkan agar para pria itu menjalani serangkaian ujian sulit untuk membuktikan kalau mereka layak mendapatkan cintanya.

Film ini adalah salah satu film paling underrated Studio Ghibli. Film ini mengeksplorasi kompetisi tersebut dan asal usul misterius Kaguya, dalam gaya seni berbeda yang mengaitkan film ini ke estetika sejarah asal usulnya. Film ini juga dipuji atas narasinya yang jelas.

7. Nausicaä of the Valley of the Wind — 8,0

10 Film Anime Terbaik Produksi Studio Ghibli Menurut IMDb

Foto: IFC Center

Film ini sebenarnya dibuat Hayao Mizayaki sebelum Studio Ghibli benar-benar dibangun. Tapi, film ini sekarang dianggap sebagai produksi Ghibli. Film ini mengisahkan tentang seorang putri muda, Nausicaä. Dia hidup di sebuah dunia pasca-apokaliptik dan berjuang mencegah dua faksi berperang menhancurkan satu sama lain.

Meski dibuat sebelum studio ada, film ini berisi banyak ciri khas film selanjutnya Ghibli. Ini termasuk protagonis cewek yang bagus dan pesan lingkungan yang kuat. Film ini memperlihatkan kekuatan ide Miyazaki dalam menciptakan cerita yang masih terasa segar saat ini.

6. Castle in the Sky — 8,0

10 Film Anime Terbaik Produksi Studio Ghibli Menurut IMDb

Foto: Outtake Magazine

Castle in the Sky adalah salah satu film awal Studio Ghibli. Film ini berkisah tentang seorang gadis yatim bernama Sheeta. Saat terbang bersama penculiknya, dia menggunakan sebuah kristal ajaib untuk kabur. Dia segera berteman dengan anak yatim lain, Pazu. Keduanya kemudian melakukan misi untuk menemukan kota terapung bernama Laputa.

Kedua karakter itu punya motivasi sendiri-sendiri untuk menemukan kota itu. Tapi, dengan perompak mencari mereka dan harta karun Laputa, Sheeta dan Pazu harus hati-hati. Castle in the Sky tetap menjadi salah satu film paling berpengaruh di budaya Jepang, terutama karena bagaimana ini mempopulerkan genre steampunk.

5. My Neighbor Totoro — 8,1

10 Film Anime Terbaik Produksi Studio Ghibli Menurut IMDb

Foto: GeekyTyrant
halaman ke-1
Share: