4 Hal tentang Genre Komedi yang Perlu Kamu Tahu menurut Arie Kriting hingga Kristo Immanuel

Senin, 05 September 2022 - 15:12 WIB
loading...
4 Hal tentang Genre Komedi yang Perlu Kamu Tahu menurut Arie Kriting hingga Kristo Immanuel
Genre komedi punya banyak arti menurut Salman Aristo, Arie Kriting, dan Kristo Immanuel. Foto/Dundi Ichsan
A A A
JAKARTA - Film atau serial komedi jadi salah satu genre yang paling disukai penonton, termasuk di Indonesia. Namun bisa jadi belum banyak yang paham tentang esensi genre tersebut.

Dalam diskusi panel bertajuk Evolusi Genre Komedi yang digelar Netflix pada Jumat (2/9) di SCBD, Jakarta, tiga praktisi dalam bidang komedi membahas tentang genre favorit ini. Mereka yaitu penulis skenario pemenang FFI Salman Aristo, komedian serta aktor Arie Kriting, dan komedian serta peniru suara (impersonator) Kristo Immanuel.

Berikut ini empat hal yang bisa dirangkum dari diskusi singkat tentang genre komedi tersebut.

1. Komedi Bukan Cuma Membuat Orang Tertawa

Salman Aristo mengatakan bahwa komedi bukan cuma sekadar membuat orang tertawa. "Lebih dari itu, kita perlu relieve (melepaskan hal-hal negatif dalam diri) dalam bentuk apa pun, dan tertawa adalah relieve yang paling rekreasional.


4 Hal tentang Genre Komedi yang Perlu Kamu Tahu menurut Arie Kriting hingga Kristo Immanuel

Foto: Dundi Ichsan

2. Komedi adalah Sesuatu yang Reflektif

Masih menurut Salman yang menulis skenario film laris Laskar Pelangi, unsur komedi kalau disampaikan pada waktu yang tepat bisa menjadi sesuatu yang reflektif. Maksudnya, komedi bisa menjadi gambaran kondisi keseharian masyarakat atau komunitas tertentu, salah satunya bisa mengarah pada kritik sosial. Inilah yang membuat konten komedi bisa terasa sangat dekat dengan masyarakat.

Baca Juga: 8 Film Komedi tentang Kesehatan Mental, Kocak sekaligus Penuh Makna

4 Hal tentang Genre Komedi yang Perlu Kamu Tahu menurut Arie Kriting hingga Kristo Immanuel

Foto: Dundi Ichsan

3. Komedi Harus Membahagiakan

Sementara itu, Arie Kriting saat ditanya "Apa komedi buat lu?”, komedian yang baru saja menjadi ayah ini menjawab bahwa komedi harus membahagiakan. "Kalaupun ada pesan-pesan yang mau disampaikan, itu harus menghilangkan kepiluannya," kata Arie.

"Saya berani menjamin bahwa komedi harusnya tidak menyakiti, dan kalaupun ada yang sakit hati dengan komedi dan mungkin itu ada di sisi komediannya, berarti mungkin dia lupa cara membahagiakan itu seperti apa,” tegasnya.

Baca Juga: Rating Tinggi, Ini 3 Alasan untuk Nonton Drama Korea Little Women

4. Komedi Bisa Membuat Orang Peduli pada Sesuatu

Adapun Kristo Immanuel mengatakan bahwa komedi tidak hanya membuat tertawa saja, tapi bisa membuat orang jadi tahu dan lebih peduli tentang hal yang dijadikan bahan komedi tersebut. Ini mirip dengan makna komedi seperti yang disampaikan Salman bahwa komedi mestinya bisa jadi bahan renungan atau reflektif.

Dundi Ichsan Perlambang Utama
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8907 seconds (0.1#10.140)