Cara Mengatasi Permasalahan Mental untuk Gen Z

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 12:55 WIB
loading...
Cara Mengatasi Permasalahan Mental untuk Gen Z
Kesehatan mental sangat penting untuk diperhatikan dan diwaspadai jika kualitasnya mulai menurun. Foto/Rido, Shutterstock
A A A
JAKARTA - Menjadi sehat bukan sekadar tentang fisik, tetapi mental juga tak kalah pentingnya. Namun, di tengah perputaran dunia yang begitu cepat menjadikan permasalahan demi permasalahan terus berdatangan dan membuat kesehatan mental bisa terus menurun.

Kesehatan mental begitu penting, apalagi bagi generasi Z sebagai generasi emas yang diharapkan akan membawa perubahan pada dunia. Oleh karena itu, inilah lima cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi atau mencegah terjadinya permasalahan kesehatan mentalmu.

1. Kenali Diri Sendiri

Cara Mengatasi Permasalahan Mental untuk Gen Z

Foto:Wayhomestudio/Freepik

Penting bagi kamu untuk bisa mengenali dan mencoba memahami perasaan diri sendiri. Kamu harus bisa mengenali apa yang sedang dirasakan, seperti marah, sedih, dan kecewa. Hal ini akan membuat kamu mudah untuk mencari tahu penyebabnya dan mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut.

2. Cari Dukungan dari Orang yang Bisa Dipercaya

Cara Mengatasi Permasalahan Mental untuk Gen Z

Foto: Freepik

Dibutuhkan keberanian untuk membicarakan hal-hal yang bersifat pribadi. Oleh karena itu, kehadiran orang yang bisa dipercaya sangat penting agar kamu tetap merasa aman dan mendapatkan dukungan yang diinginkan. Melalui pembicaraan tersebut juga akan memunculkan sudut pandang baru dan pemecahan masalah yang tengah dihadapi.

3. Konsultasi dengan Ahlinya

Cara Mengatasi Permasalahan Mental untuk Gen Z

Foto: Wayhomestudio/Pexels

Sangat penting bagi kamu untuk bisa mengenali diri sendiri agar bisa mendapatkan pertolongan secara cepat dan tepat. Jika kamu tidak mempunyai seseorang untuk berbagi cerita, maka datanglah pada ahlinya agar bisa mendapatkan solusi terbaik dari masalah yang sedang dihadapi.

Baca Juga: 5 Alasan Orang Introvert yang Socially Awkward adalah Teman Terbaikmu

4. Lakukan Kegiatan yang Disukai

Cara Mengatasi Permasalahan Mental untuk Gen Z

Foto:Jcomp/Freepik

Di tengah berbagai permasalahan yang dihadapi, kamu bisa memutuskan untuk beristirahat sejenak dan melakukan kegiatan yang disuka untuk memulihkan kesehatan mental. Hal ini juga sangat menguntungkan bagi Gen Z karena terlahir dalam dunia dengan teknologi canggih yang membuat kegiatan apa pun lebih mudah dilakukan.

Baca Juga: 5 Perbedaan antara Drama Korea dan Jepang

5. Makanlah Makanan Sehat dan Bergizi

Cara Mengatasi Permasalahan Mental untuk Gen Z

Foto:Wirestock/Freepik

Makanan dan minuman juga memengaruhi tubuh, otak, dan perasaan kamu. Oleh karena itu, pilihlah makanan yang tepat agar suasana hati kamu membaik. Selain itu, makan bersama orang terdekat juga bisa meningkatkan perasaan positif dalam dirimu.

GenSINDO
Riad Nur Hikmah
Politeknik Negeri Jakarta
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1675 seconds (0.1#10.140)