alexametrics
Pengembangan Diri
Bingung Cara Mencari Passion? Begini Langkah Sederhana Menemukannya
Bingung Cara Mencari Passion? Begini Langkah Sederhana Menemukannya
Passion atau renjana sangat penting untuk kamu tahu supaya memudahkan kamu mencari pekerjaan yang diinginkan. Foto/Freepik
Jakarta - Anak muda seringkali terjebak dengan pekerjaan yang gak dia suka. Banyak di antaranya memilih mengabaikan itu dan gak berpikir sama sekali tentang passion.

Emang-nya kenapa kalau kita hidup gak mengikuti passion - dalam bahasa Indonesia disebut "renjana" -?

Biasanya, orang yang hidupnya hanya mengikuti rutinitas, bukan renjananya, dia gampang gelisah, cemas, dan bosan.  



Nah, emosi negatif ini kalo bertumpuk terus dan gak dicarikan solusinya bisa berdampak negatif buat tubuh. Bukan cuma secara psikis, tapi juga fisik.

Maka dari itu, penting buat kita mencari renjana diri kita, apalagi buat kamu yang udah siap untuk terjun ke dunia kerja.

Berikut ada cara sederhana yang bisa kamu lakukan dalam mencari renjana menurut psikolog Hesti Nur Lestari, SPsi., MM..

1. BIKIN DAFTAR PEKERJAAN 

Bingung Cara Mencari Passion? Begini Langkah Sederhana Menemukannya
Foto: Freepik

Pertama yang perlu dilakukan adalah membuat daftar pekerjaan yang menarik sesuai kemampuan diri sendiri. Tempatkan pekerjaan yang paling diinginkan pada urutan pertama. Kemudian lakukan hal yang sama untuk urutan kedua, ketiga, dan seterusnya.

Memang, untuk mencapai ke sana butuh kerja keras yang lebih. Jadi, mulailah melakukan segala sesuatu yang mengarah pada pekerjaan yang diinginkan, walaupun dilakukan dengan cara sedikit demi sedikit.

2. BERANI MEMULAI PEKERJAAN YANG GAK BIASA

Bingung Cara Mencari Passion? Begini Langkah Sederhana Menemukannya
Foto: Freepik

Setiap orang dilahirkan dengan kemampuan serta keunikannya masing-masing. Keunikan ini adalah nilai paling berharga di dalam diri manusia. Nah, di sinilah tempatmu untuk membuka dan memperluas wawasan tentang pekerjaan-pekerjaan yang antimainstream atau gak biasa.

Eksplorasi sebanyak mungkin bidang kerja yang ada, dan lihat profesi apa aja yang sekiranya menarik perhatian kamu. Ingat, walaupun pekerjaan itu mungkin gak populer saat ini, siapa tahu pada masa depan banyak orang yang membutuhkan pekerjaan tersebut.

Misalnya dulu bekerja sebagai pencukur rambut gak diminati, tapi sekarang justru banyak anak muda yang terjun dalam pekerjaan ini. Soalnya, gaya rambut udah jadi bagian dari mode. Model rambut pun bisa bikin kita auto-cantik atau auto-ganteng.

3. JANGAN MEMBATASI DIRI

Bingung Cara Mencari Passion? Begini Langkah Sederhana Menemukannya
Foto: Freepik

Bergelar sarjana hukum, tapi ada bakat melukis? Maka teruslah melukis sampai hasilnya benar-benar memuaskan. Jangan membatasi diri dengan stereotip jurusan pendidikan yang kamu tempuh selama ini.

Ingat, bekerja bukan cuma soal uang atau gaji fantastis. Jangan pula beranggapan bahwa karier bagus diperoleh dengan cara bekerja di tempat perusahaan yang besar. Kesuksesan selalu mengikuti kalo kamu punya keahlian yang bikin kamu menonjol di antara yang lain.

Untuk mencapai pekerjaan yang sesuai dengan renjana, butuh proses yang panjang. Jadi berusahalah meluangkan waktu untuk mengeksplorasi diri lebih dari sekarang.

Anita Rahim
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @anitaaa.rahim



(it)
Redaksi SINDOnews
SINDOnews
Artikel Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss