5 Pahlawan Perempuan Indonesia yang Jarang Diketahui

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 08:00 WIB
loading...
A A A
Nyai Ahmad Dahlan bernama asli Siti Walidah. Ia merupakan istri dari pendiri Muhammadiyah, Ahmad Dahlan. Sejak kecil, ia dididik oleh orang tuanya menjadi orang yang religius. Ia tidak pernah mengenyam pendidikan di sekolah umum.

Perempuan yang lahir di Yogyakarta pada tahun 1872 ini merupakan salah satu tokoh pejuang persamaan hak terhadap perempuan. Ia berkeyakinan bahwa perempuan juga berhak mengenyam pendidikan setinggi-tingginya seperti laki-laki.

Pada tahun 1914, Nyai Ahmad Dahlan mendirikan pengajian khusus untuk perempuan yang diberi nama Sopo Tresno. Beberapa tahun kemudian berganti nama menjadi Aisyiyah yang menjadi lembaga perempuan Muhammadiyah.

Baca Juga: 6 Drama Korea tentang Cewek Kaya dan Cowok Miskin

5. Martha Christina Tiahahu

5 Pahlawan Perempuan Indonesia yang Jarang Diketahui

Foto: Wikimedia

Martha Christina Tiahahu merupakan anak dari teman seperjuangan Kapitan Pattimura bernama Paulus Tiahahu. Ia mulai terjun ke medan perang melawan Belanda saat usianya baru 17 tahun.

Bersama ayahnya, ia berhasil merebut Benteng Beverwijk. Namun, Belanda berhasil merebutnya kembali dan menangkap mereka. Martha yang masih di bawah umur dibebaskan, sedangkan ayahnya dihukum mati.

Christina tetap melakukan perlawanan gerilya setelah dibebaskan. Ia berhasil ditangkap lagi oleh Belanda dan dibuang ke Pulau Jawa. Dalam perjalanan menggunakan kapal Evertzen, Christina jatuh sakit, tetapi menolak untuk meminum obat. Akhirnya, ia wafat dalam perjalanan dan dimakamkan di Pulau Banda.

GenSINDO
Deva Yohana
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(ita)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2120 seconds (0.1#10.140)