9 Anime Ini Mengangkat Mental Breakdown dengan Cara Positif

Selasa, 02 Agustus 2022 - 20:40 WIB
loading...
A A A
Meski sangat suram dan gelap, keterbukaan Subaru membahas kesehatan mentalnya dengan audiens dan karakter memprosimikan normalisasi obrolan ini. Serial ini jelas adalah salah satu serial anime generasi baru yang paling revolusioner dan signifikan dalam masalah ini. Keterbukaan adalah salah satu faktor yang bisa meringankan masalah mental.

4. Steins;Gate

9 Anime Ini Mengangkat Mental Breakdown dengan Cara Positif

Foto: Nobufa

Serial unik ini berfokus pada Rintarou Okabe dan tujuannya untuk menyelamatkan semua teman-temannya tanpa mengorbankan orang lain. Ada titik di serial itu di mana tujuan itu sepertinya benar-benar tidak bisa terwujud. Rintarou pun menderita breakdown komplet dan total setelah melihat teman-temannya mati berkali-kali.

Adegan yang sangat luar biasa terjadi ketika dia akhirnya mengungkapkan tekanan akibat seluruh pengalaman dengan kematian itu terhadap dirinya. Ini mempromosikan diskusi kesehatan mental dengan cara yang mentah tapi positif. Ini jelas adalah salah satu contoh terbaik bagaimana menggambarkan masalah mental dengan cara yang beresonansi secara positif dengan penonton.

3. My Hero Academia

9 Anime Ini Mengangkat Mental Breakdown dengan Cara Positif

Foto: ComicBook.com

Serial ini menampilkan protagonisnya, Izuku Midoriya alias Deku, dengan kerapuhan emosional yang luar biasa. Deku tidak pernah takut untuk memperlihatkan perjuangannya, pikiran, atau perasaannya kapan saja. Ini menunjukkan kalau bahkan superhero pun kadang butuh menangis.

Deku punya banyak contoh emotional breakdown besar-besaran dan kecil selama serial ini. Semuanya menarik dan terlihat nyata. Sementara tidak ada contoh spesifik yang dikutip di sini, kerapuhannya mempromosikan nilai positif ketika terkait kesehatan mental dan membahasnya.

2. Hunter x Hunter

9 Anime Ini Mengangkat Mental Breakdown dengan Cara Positif

Foto: Otosection

Gon berhenti mempedulikan hidupnya sendiri setelah mendengar kalau dia dibohongi terkait peluang menghidupkan kembali ibunya, Kite. Gon dikenal sebagai anak yang biasanya riang, bahagia, dan ceria. Tapi insiden itu mengubah Gon menjadi monster pembunuh yang kaku begitu sadar realitas situasinya.

Gon benar-benar menarik karena betapa relatable-nya emosi yang dia rasakan, meskipun situasi sebenarnya jauh dari relatable. Ini menunjukkan kepada penonton kalau tidak apa-apa berduka atas mereka yang sudah meninggal. Ini juga menunjukkan apa yang bisa dilakukan rasa sakit pada seseorang.

1. One Piece

9 Anime Ini Mengangkat Mental Breakdown dengan Cara Positif

Foto: Twitter

One Piece adalah anime shounen dengan sejumlah contoh menormalkan dan memamerkan gangguan emosi dengan cara organik dan traumatis. Salah satu yang paling menyentuh adalah breakdown yang dialami Luffy menyusul kematian kakaknya, Portgas D Ace. Yang dialami Luffy ini relatable dengan banyak orang karena menunjukkan betapa samanya perasaan kehilangan, duka cita, dan pengalaman menghadapi kematian. Di serial ini, Luffy juga sering terlihat menangis tanpa peduli siapa yang melihatnya.

Adegan ini terjadi setelah Luffy selama berhari-hari tidak tidur dan mendorong tubuhnya hingga ke batasan yang tidak sehat. Semuanya atas nama untuk menyelamatkan Ace. Tapi, Luffy gagal di detik terakhir dan malahan memegang kakaknya di tangannya di saat Ace sekarat dan mengembuskan napas terakhir. Peristiwa ini melukainya selamanya dan membuatnya runtuh selama beberapa waktu. Luffy juga tidak menyembunyikan perasaannya saat itu. Kesedihannya adalah kesedihan asli yang akan dirasakan siapa pun dalam kondisi yang mirip atau sama.



Konklusi

9 Anime Ini Mengangkat Mental Breakdown dengan Cara Positif

Foto: IMDb

Masalah mental bukanlah masalah kurang iman atau tidak kuat mental. Ini adalah masalah kejiwaan yang pemicunya pun banyak. Tidak semua orang punya level kekuatan mental yang sama. Banyak penderita masalah mental yang masih menyangkal kondisi buruk mental mereka akibat stigma yang ada di masyarakat. Kalau ini dibiarkan, akibatnya bisa fatal.

Kalau teman kalian punya masalah mental, damping mereka. Orang-orang seperti ini butuh didengarkan dan didampingi. Mereka tidak butuh dijustifikasi atau saran yang muluk-muluk, apalagi sampai adu nasib. Kalian tidak akan bisa berdiri di sepatu mereka karena kalian bukan mereka. Ini karena level mental kalian berbeda dengan para penderita masalah mental ini. Tips paling mudah: jadilah telinga yang baik. Itulah yang sangat mereka butuhkan.

Jika kalian punya masalah mental, segeralah mencari bantuan profesional. Jangan biarkan berlarut dan terseret dalam stigma. Masalah mental itu penting untuk segera ditangani. Pastikan punya support system yang baik. Berhati-hatilah supaya tidak terjerumus dalam toxic support system. Dan, jangan jadikan masalah kesehatan kalian sebagai alasan atau tameng ketika kalian melakukan sesuatu yang tidak baik.
(alv)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.4003 seconds (0.1#10.140)