Raup Rp1,5 Triliun dari Top Gun: Maverick, Tom Cruise Jadi Aktor Bergaji Tertinggi 

Jum'at, 22 Juli 2022 - 02:02 WIB
loading...
Raup Rp1,5 Triliun dari Top Gun: Maverick, Tom Cruise Jadi Aktor Bergaji Tertinggi 
Tom Cruise ditahbiskan sebagai aktor dengan gaji tertinggi di dunia untuk satu film. Aktor gaek itu meraup USD100 juta untuk tampil di film Top Gun: Maverick. (Foto: IGN)
A A A
Tom Cruise baru saja ditahbiskan sebagai aktor dengan gaji tertinggi di dunia untuk satu film menurut daftar Variety. Lewat film terakhirnya, Top Gun: Maverick, Tom dilaporkan meraup ratusan juta dolar. Angka itu diperkirakan akan bertambah karena hitungan seluruh pemasukan belum sepenuhnya total.

Tom bisa dibilang adalah fenomena lain. Dia bisa bertahan dengan membuat film blockbuster yang berhasil di box office di tengah gempuran film franchise superhero. Harus diakui, franchise superhero belakangan ini memang terlihat sangat menguasai box office. Jadi, melihat sebuah film nonsuperhero bisa meraup keuntungan sebesar itu tentu menjadi sebuah kejutan tersendiri.

Orang dalam lingkaran industri film mengatakan, mereka tidak akan pernah meragukan kemampuan Tom. Mereka juga menyebut kalau Tom dan Dwayne Johnson—yang juga masuk daftar aktor bergaji tertinggi ini—layak mendapatkan gaji mereka. Ini dinilai berdasarkan penampilan kedua aktor yang dikenal sangat total dalam setiap film yang mereka bintangi itu. “Saya tidak akan pernah bertaruh melawan Tom Cruise,” ujar seorang eksekutif studio kepada Variety.

Eksekutif itu menyebut, Tom adalah manusia super ketika harus keliling dunia untuk mempromosikan filmnya. Padahal, Tom tidak melakukan wawancara tertulis. “Sebagian besar aktor tidak layak dengan apa yang kalian bayarkan kepada mereka, tapi Cruise dan mungkin Dwayne Johnson menjustifikasi gaji mereka,” kata eksekutif itu.

“Standar” gaji untuk aktor kelas A di Hollywood adalah USD20 juta atau sekitar Rp300 miliar untuk satu film. “Standar” ini kali pertama dibuat Jim Carrey saat membintangi The Cable Guy pada 1996. Sampai saat ini, angka ini tetap bertahan dan sepertinya kebal dari tekanan inflasi.

Bayaran sebesar USD20 itu adalah gaji pokok yang diterima aktor untuk film yang mereka bintangi. Bergantung kesepakatan, angka ini bisa bertambah dari penjualan tiket, bayaran promosi, atau pendapatan streaming. Siapa saja aktor bergaji tertinggi di dunia untuk satu film versi Variety? Simak ulasannya berikut ini!



10. Joaquin Phoenix — USD20 juta (Rp300 miliar) untuk Joker 2

Raup Rp1,5 Triliun dari Top Gun: Maverick, Tom Cruise Jadi Aktor Bergaji Tertinggi 

Foto: Los Angeles Times

Joaquin adalah aktor unik. Dia biasanya tidak mau membintangi sekuel. Namun, kesuksesan Joker membuat Warner Bros. melakukan upaya apa pun untuk membuat Joaquin kembali ber-makeup badut jahat itu. Joaquin menyanggupinya dengan syarat Warner harus membayarnya sebesar USD20 juta.

Angka yang diajukan Joaquin itu sekitar empat kali lipat lebih dari bayaran yang dia terima untuk film pertama Joker yang dirilis pada 2019. Di film yang meraup USD1 miliar dan membuatnya mendapatkan Oscar itu, Joaquin “hanya” dibayar sebesar USD4,5 juta. Tak heran jika dia kemudian meminta bayarannya naik. Beruntung, Warner menyetujuinya.

9. Tom Hardy — USD20 juta (Rp300 miliar) untuk Venom 3

Raup Rp1,5 Triliun dari Top Gun: Maverick, Tom Cruise Jadi Aktor Bergaji Tertinggi 

Foto: Games Radar

Franchise Venom bukanlah franchise yang sukses secara respons kritikus. Tapi, franchise ini disukai penonton dan penggemar superhero dari komik Marvel. Salah satu faktornya adalah penampilan Tom Hardy sebagai Eddie Brock dan juga Venom di franchise ini.

Dengan Sony Pictures telah mengumumkan produksi Venom 3, penggemar pun berharap jika film ketiga simbiot itu akan lebih baik dari sebelumnya. Namun, penampilan Tom dijamin akan menjadi daya tarik tersendiri di franchise ini. Cerita Venom sudah kian berkembang, tapi, franchise ini belum mampu menyaingi franchise Marvel Cinematic Universe (MCU).

8. Vin Diesel — USD20 juta (Rp300 miliar) untuk Fast X

Raup Rp1,5 Triliun dari Top Gun: Maverick, Tom Cruise Jadi Aktor Bergaji Tertinggi 

Foto: CinemaBlend

Menjadi bintang utama untuk franchise yang telah bertahan hingga lebih dari 20 tahun, tentu membuat Vin menjadi aktor dengan bayaran yang lumayan tinggi. Untuk film terbarunya, yang juga sekuel Fast and Furious, yaitu Fast X, Vin mendapatkan bayaran USD20 juta. Angka ini menempatkannya sebagai aktor dengan gaji tertinggi di franchise tersebut.

Fast X akan dirilis tahun depan dan menjadi bagian satu dari dua bagian final saga franchise yang dimulai pada 2001 itu. Meski menjadi bagian terakhir, tapi, film ini tidak akan berhenti memperkenalkan karakter baru. Selain karakter yang sudah dikenal penonton, Fast X akan menampilkan karakter baru yang diperankan Jason Momoa dan Brie Larson.

7. Chris Hemsworth — USD20 juta (Rp300 miliar) untuk Extraction 2

Raup Rp1,5 Triliun dari Top Gun: Maverick, Tom Cruise Jadi Aktor Bergaji Tertinggi 

Foto: People

Chris dikabarkan menerima gaji USD25 juta (Rp375,9 miliar) untuk penampilannya di Thor: Love and Thunder. Tapi, untuk film terbarunya, Extraction 2, dia mendapatkan gaji USD20 juta. Sepertinya Chris tidak terlalu keberatan dengan perbedaan gaji yang dia terima ini.

Extraction 2 adalah sekuel Extraction yang tayang di Netflix. Film ini adalah salah satu film paling populer dan menjadi favorit banyak orang. Chris pun terlihat sangat bersuka cita ketika mengonfirmasi jika ada sekuel untuk film ini. Netflix sepertinya tidak menyesal bekerja sama dengan aktor asal Australia itu.

6. Will Ferrel dan Ryan Reynolds — USD20 juta (Rp300 miliar) untuk Spirited

Raup Rp1,5 Triliun dari Top Gun: Maverick, Tom Cruise Jadi Aktor Bergaji Tertinggi 

Foto: Apple

Kedua aktor kocak ini akan membintangi film bertema Natal yang akan dirilis akhir tahun ini. Film ini adalah versi modern kisah klasik A Christmas Carol. Film ini akan tayang di Apple TV. Apple telah mengumumkan kalau kedua aktor itu akan menerima bayaran sebesar USD20 juta untuk film tersebut.

Dengan kehadiran Will dan Ryan, film ini sepertinya akan menjadi film komedi yang cukup menghibur. Syuting film ini telah selesai pada 2021 lalu. Selain Will dan Ryan, Octavia Spencer juga akan tampil di film ini.

5. Dwayne Johnson — USD22,5 juta (Rp337,9 miliar) untuk Black Adam

Raup Rp1,5 Triliun dari Top Gun: Maverick, Tom Cruise Jadi Aktor Bergaji Tertinggi 

Foto: CinemaBlend

Secara pribadi, Dwayne meminta Warner Bros. untuk membayarnya USD22,5 juta untuk membintangi Black Adam. Angka ini sedikit lebih tinggi ketimbang gaji yang diterima rata-rata bintang film superhero. Saat ini, rata-rata bintang ternama yang membintangi film superhero akan mendapatkan gaji awal USD20 juta.

Bayaran yang diterima Dwayne itu akan bertambah begitu Black Adam dirilis Oktober mendatang. Dia akan menerima jutaan lagi karena dia juga turut memproduseri film ini. Dwayne juga menerima bayaran untuk mempromosikan film itu di saluran media sosialnya.

4. Brad Pitt — USD30 juta (Rp450,6 miliar) untuk Formula 1 Drama

Raup Rp1,5 Triliun dari Top Gun: Maverick, Tom Cruise Jadi Aktor Bergaji Tertinggi 

Foto: Variety

Produksi film ini baru saja dikonfirmasi setelah Apple mencapai kesepakatan dengan menggaet sutradara Top Gun: Maverick, Joseph Kosinski, untuk menukangi film ini. Meski begitu, bayaran untuk aktor utamanya, Brad Pitt, telah terungkap. Untuk tampil di film ini, Brad mendapatkan bayaran USD30 juta.

Meski belum punya judul resmi, film ini berkisah tentang seorang pembalap yang keluar dari masa pensiunnya untuk bersaing bersama seorang rookie melawan para raksasa olahraga ini. Film ini adalah paket kesepakatan besar kedua bagi Brad dalam beberapa bulan terakhir. Menurut Deadline, paket itu berkisar antara USD130—140 juta. Film ini juga melibatkan juara Formula One Lewis Hamilton dan Plan B.

3. Leonardo DiCaprio — USD30 juta (Rp450,6 miliar) untuk Killers of the Flower Moon

Raup Rp1,5 Triliun dari Top Gun: Maverick, Tom Cruise Jadi Aktor Bergaji Tertinggi 

Foto: Indian Express

Tidak bisa dimungkiri, Leo adalah salah satu aktor terbaik di generasinya. Tumbuh dari aktor cilik, menjadi aktor remaja pujaan para gadis, hingga menjadi aktor dewasa, pengalaman telah menggemblengnya untuk memberikan yang terbaik di setiap penampilannya. Leo juga sudah memerankan banyak peran, dari protagonis, antihero, hingga antagonis. Bisa dibilang, penampilannya selalu dinantikan penggemarnya.

Leo juga salah satu aktor dengan bayaran tertinggi. Jika melihat penampilannya, maka bayarannya pun dirasa setimpal. Tahun ini, dia akan tampil di film terbaru garapan Martin Scorsese, Killers of the Flower Moon. Dengan gaji USD30 juta dari Apple, Leo akan membawa penonton ke sebuah misteri di masa 1920-an di Oklahoma di mana terjadi pembunuhan misterius terhadap anggota suku Osage.

2. Will Smith — USD35 juta (Rp525,7 miliar) untuk Emancipation

Raup Rp1,5 Triliun dari Top Gun: Maverick, Tom Cruise Jadi Aktor Bergaji Tertinggi 

Foto: Variety

Will Smith adalah nama besar di Hollywood. Selama ini, dia dikenal menjadi salah satu aktor berbayaran tertinggi di dunia. Dia sering tampil di film-film beranggaran besar, meski tidak semuanya sukses di box office. Sejumlah film terakhirnya, seperti Suicide Squad dan Gemini Man, jeblok di pasaran. Meski begitu, gajinya tetap saja tinggi.

Tahun depan, Will akan membintangi Emancipation, sebuah film yang diangkat dari kisah nyata seorang budak bernama Gordon. Will baru saja memenangkan Oscar untuk Aktor Terbaik. Sayang, kemenangannya itu ternodai dengan insiden penamparan yang dia lakukan terhadap host Oscar tahun ini, Chris Rock. Sejak insiden itu, banyak yang menyeru untuk melakukan cancel culture terhadap Will.



1. Tom Cruise — USD100 juta (Rp1,5 triliun) untuk Top Gun: Maverick

Raup Rp1,5 Triliun dari Top Gun: Maverick, Tom Cruise Jadi Aktor Bergaji Tertinggi 

Foto:aol.com

Tom Cruise punya kesepakatan unik dengan Top Gun: Maverick. Dengan film itu meraup USD1,2 miliar (Rp18 triliun) di box office global, sejumlah sumber menaksir Toma akan mendapatkan setidaknya USD100 juta atau lebih. Gaji ini dia dapatkan dari penjualan tiket, gaji pokok, rental untuk home entertainment, dan pendapatan streaming.

Top Gun: Maverick adalah sekuel Top Gun yang dirilis pada 1986. Selisih waktu hampir 40 tahun untuk sekuelnya memang cukup berisiko bagi laku atau tidaknya film ini. Tapi, antusiasme penonton ternyata sangat tinggi dan mereka pun berbondong-bondong menyerbu bioskop untuk menonton film ini. Aksi dan manuver menarik jet tempur di udara memberikan hiburan tersendiri yang sekaligus membuat adrenalin terus terpacu.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2213 seconds (0.1#10.140)