CERMIN: Tom Cruise adalah Sebuah Pertunjukan

Rabu, 12 Juli 2023 - 13:17 WIB
loading...
CERMIN: Tom Cruise adalah Sebuah Pertunjukan
Tom Cruise selalu menampilkan aksi ekstrem dalam setiap film waralaba Mission Impossible. Foto/Paramount Pictures
A A A
JAKARTA - Tahun 1983. Tepat 40 tahun silam, film Risky Business dari sutradara debutan, Paul Brickman, dirilis. Seorang bintang pun dilahirkan.

Sebagai Joel Goodson yang merupakan contoh teladan anak muda Amerika, Tom Cruise memerankan sosok tersebut dengan cemerlang. Tapi Joel tentu saja anak muda sebagaimana mestinya, yang juga bisa tergelincir pada perempuan panggilan dan membuat serangkaian keputusan demi keputusan yang salah.

Di tangan Tom dengan pengalaman berakting minimal, peran itu dibawakannya dengan maksimal dan membuat karismanya berpendar di layar. Setelahnya berturut-turut kita melihatnya dalam sejumlah penampilan mengesankan mulai dari Top Gun(1986) yang ikonis, berdampingan dengan aktor watak Dustin Hoffman dalam Rain Man (1988), hingga berperan sebagai veteran perang dalam Born on the Fourth of July (1990) yang memberi nomine Oscar pertamanya. Sejauh ini Tom sudah dinominasikan sebanyak tiga kali dalam kategori akting tapi belum beruntung membawa satu piala pun.



Dalam setiap penampilannya dengan variasi genre dari drama, komedi romantis hingga aksi bertegangan tinggi, Tom selalu menampilkan pertunjukan nan memukau. Sebagai aktor, ia begitu menghormati penonton bioskop, dengan konsisten memberikan penampilan terbaik. Setelah berkarier lebih dari empat dekade sebagai aktor, kita boleh bilang bahwa “Tom Cruise adalah sebuah pertunjukan”.

CERMIN: Tom Cruise adalah Sebuah Pertunjukan

Foto: Paramount Pictures

Bisa jadi Tom juga meyakini hal itu dalam hatinya dan mewujudkan dalam pekerjaannya, terutama ketika ia mulai didaulat sebagai agen spionase supertangguh yang tak bisa mati, Ethan Hunt. Dalam setiap penampilannya, Tom selalu menaikkan level of spectacle dari setiap jilid Mission Impossibleyang dirilis sejak 1996. Kita selalu bisa dibuat terperangah menyaksikan kegilaan demi kegilaan yang disajikan Tom di layar besar.

Termasuk dalam Mission Impossible: Dead Reckoning Part I,dalam usianya yang tak lagi muda, Tom tak berusaha menyembunyikan kerutan demi kerutan yang semakin sulit ditutupi di wajahnya. Tom juga semakin tahu diri untuk tak menghabiskan durasi film untuk menampilkan romantisme dirinya dengan lawan mainnya.

Yang ia paling tahu adalah kewajibannya untuk menampilkan pertunjukan spektakuler. Lupakan cerita yang standar dan bersiaplah menikmati ketegangan demi ketegangan yang tersaji sepanjang 2 jam 45 menit.

Kali ini Ethan Hunt berurusan dengan kekuatan besar tak kasat mata berupa kecerdasan artifisal. Musuh timnya bukan lagi sekadar miliuner yang ingin menghancurkan perdamaian dunia atau sebuah negara yang tak sabar ingin memulai perang nuklir.

CERMIN: Tom Cruise adalah Sebuah Pertunjukan

Foto: Paramount Pictures

Selalu ada musuh dalam selimut di setiap misi. Pemerintahan yang ingin menguasai kecerdasan artifisial tersebut sepenuhnya, pedagang senjata rakus yang ingin mengambil bagian di dalam kekacauan ini dan Ethan selalu terjebak di tengah-tengahnya.

Di jilid terbaru Mission Impossible, kita disegarkan dengan penampilan menarik dari bintang asal Inggris, Hayley Atwell. Sekilas sosoknya memang mirip dengan mantan istri Ethan yang harus diikhlaskannya menjalani kehidupan baru tanpa dirinya. Percikan-percikan rasa juga sempat berpendar di layar berkat reaksi kimiawi yang pas antara Tom dan Hayley.

Hayley menjadi Grace yang terperangkap di tengah kekacauan, bukan karena ia adalah sosok tak berdosa, justru karena ia ingin mengambil keuntungan dari kekacauan itu. Seperti yang sudah bisa kita duga, Hayley tak lagi sekadar berurusan dengan kunci misterius yang mesti dicari pasangannya, ia juga harus berurusan dengan banyak orang yang menginginkan kunci tersebut dan sama sekali tak peduli dengan keselamatannya.

CERMIN: Tom Cruise adalah Sebuah Pertunjukan

Foto: Paramount Pictures

Maka Ethan menjadi penyelamat Grace dan kita melihat keduanya bahu membahu membuat Mission Impossible: Dead Reckoning Part Ilebih dari sekedar aksi gila-gilaan. Tapi kita memang masih bisa terpukau dengan ketidakwarasan Ethan memacu motornya kencang-kencang demi bisa melambung tinggi ke langit dan mendaratkan parasut di atas kereta api yang tengah berjalan. Seperti masih tak cukup, pertunjukan itu masih ditambah dengan kereta api berpenumpang banyak yang mesti melintas di sebuah jembatan yang sudah dipasangi bom.

Tapi aksi bisa habis, kecanggihan spesial efek bisa berulang. Setelahnya apa lagi yang akan dijual oleh jilid terbaru Mission Impossible? Ini yang mungkin menjadi PR besar bagi Tom dan tim. Selama ini Mission Impossibleselalu dikenang dengan aksinya yang gila-gilaan dan tak tertandingi, mungkin sudah waktunya pada masa datang, jilid terbaru juga mulai mengelaborasi cerita-cerita segar dan menarik, dan belum pernah dikisahkan kepada generasi baru penonton bioskop.



Kita tahu Tom Cruise dan Mission Impossibleadalah sebuah pertunjukan megah tak tertandingi. Tapi kita pun tahu jika sekadar menjadikannya pertunjukan tanpa hati, maka jilid demi jilid berikutnya akan ditinggalkan penonton bioskop.

Karena kita masih mencintai Tom dan Ethan, mari berharap bahwa Mission Impossibleakan kembali dengan pertunjukan lebih spektakuler dengan hati yang besar.


Mission Impossible: Dead Reckoning Part I
Produser: Tom Cruise, Christopher McQuarrie
Sutradara: Christopher McQuarrie
Penulis Skenario: Erik Jendresen, Christopher McQuarrie
Pemain: Tom Cruise, Hayley Atwell, Esai Morales

Ichwan Persada
Sutradara/produser/penulis skenario, pernah menjadi dosen di Universitas Padjajaran dan SAE Institute, bisa dikontak via Instagram @ichwanpersada
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1815 seconds (0.1#10.140)