6 Karakter Marvel yang Berbeda di Film dan Komiknya

6 Karakter Marvel yang Berbeda di Film dan Komiknya
Karakter Marvel yang berbeda di film dan komiknya ada banyak. Marvel Studios cenderung mengubah aspek karakter komik yang diadaptasi ke film atau serial MCU. (Foto: MCUPrime)
Karakter Marvel yang berbeda di film dan komiknya ada banyak. Marvel Studios cenderung mengubah sejumlah aspek karakter komik yang diadaptasi ke film atau serial di Marvel Cinematic Universe (MCU). Sebagian besar, perbedaan itu terletak pada asal usul dan juga jenis kekuatan mereka. Selebihnya, seperti karakterisasi, kebanyakan sama.

Perbedaan ini mungkin jarang diketahui mereka yang hanya nonton film tanpa membaca komik. Tapi, penggemar komik Marvel pastinya akan langsung mengenali perbedaan itu begitu mereka menonton aksi karakter itu di layar. Perubahan ini bisa jadi signifikan atau tidak. Namun, sebagian, bisa mempengaruhi jalan cerita atau busur karakter tersebut.

Sebagian besar perubahan dilakukan pada gender karakter. Di Eternals, sejumlah karakter punya gender berbeda antara versi komik dan filmnya. Namun, tidak untuk kekuatan. Di antara perubahan itu, ada yang sangat mencolok karena permasalahan lisensi dan lainnya. Karakter Marvel mana saja yang berbeda di film dan komiknya? Simak ulasannya berikut ini!

Foto: 10 Antihero Marvel Terkuat dan Paling Berbahaya di MCU

6. Helmut Zemo
6 Karakter Marvel yang Berbeda di Film dan Komiknya

Foto: Polygon

Helmut Zemo di MCU dan komik adalah dua karakter yang berbeda. Di komik, Zemo adalah keturunan ke-13 baron fasis Jerman yang membayangkan dirinya sebagai calon penyelamat dunia, kalau dia bisa menakhlukkannya terlebih dahulu. Zemo telah menjadi penjahat ikonik Marvel setelah ratusan kali muncul di komik sejak debut pada 1970-an.

Di MCU, Zemo adalah mantan kolonel Sokovia yang keluarganya meninggal di Perang Sokovia. Zemo menyalahkan Avengers atas kematian keluarganya itu dan berusaha menghancurkan tim super tersebut. Zemo yang ini sepertinya hanya sedikit punya persamaan dengan versi komiknya. Salah satunya, mereka sama-sama benci Captain America. Sekarang, Zemo versi MCU akan tampil seperti versi komik dengan mengenakan masker ungu ikoniknya.

5. Yondu
6 Karakter Marvel yang Berbeda di Film dan Komiknya

Foto: CinemaBlend

Di komik, Yondu sebenarnya adalah pendiri tim asli Guardians of the Galaxy. Pada satu titik, dia diyakini sebagai anggota terakhir ras Centaurian. Yondu adalah orang yang sangat relijius. Seperti semua Centaurian, dia punya kaitan dalam dengan alam sehingga dia bisa merasakannya secara spiritual dan telepati. Yondu juga sangat menjunjung tinggi prinsip dan punya kompas moral yang kuat. Kalau melanggar kodenya sendiri, dia akan bunuh diri.

Di MCU, Yondu sangat berbeda. Alih-alih sebagai pendiri tim Guardians of the Galaxy, Yondu adalah bos perompak antariksa bernama Ravagers. Dia bersenjatakan anak panah yang dia kendalikan lewat siulan. Yondu di MCU juga selengekan. Dia adalah sosok ayah pengganti bagi Peter Quill. Meski begitu, Yondu masih menjaga harga dirinya. Dia bahkan mengorbankan nyawanya demi menyelamatkan Peter.
halaman ke-1
Share: