Hari Ayah Sedunia, Ini 10 Karakter Bapak Terbaik di Anime

Hari Ayah Sedunia, Ini 10 Karakter Bapak Terbaik di Anime
Ada sejumlah karakter ayah di anime yang membuktikan kalau mereka adalah yang terbaik. Di Hari Ayah Sedunia kali ini, tidak ada salahnya melihat siapa mereka. (Foto: Otaku Sinh)
Hari Ayah Sedunia biasanya dirayakan pada bulan Juni. Pada perayaan itu, orang-orang akan memberikan penghormatan mereka untuk ayah mereka dan mengungkapkan rasa sayang mereka. Bagi sebagian besar orang, ayah adalah sosok pahlawan dan pelindung mereka.

Di anime , banyak sosok ayah yang terbukti menjadi yang terbaik. Meskipun sebagian bukan ayah kandung, tapi itu tidak menghalangi mereka untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anak mereka. Bahkan, ada yang sampai mempertaruhkan nyawa demi keselamatan anak-anak mereka itu.

Para karakter ayah terbaik di anime ini memberikan contoh bagaimana cara membesarkan anak dengan baik. Ada yang memperhatikan kesehatan mental, menenangkan anak mereka yang nakal, selalu bangga kepada anaknya, sampai mengajari anaknya semua hal untuk bekal masa depannya. Ayah-ayah di anime ini mungkin adalah idaman sebagian besar orang di dunia nyata. Siapa saja karakter ayah terbaik di anime? Simak ulasannya berikut ini!

Baca Juga: 10 Karakter Ayah Terburuk di Sepanjang Sejarah Anime

10. Loid Forger — Spy x Family
Hari Ayah Sedunia, Ini 10 Karakter Bapak Terbaik di Anime

Foto: Wherever I Look

Loid mungkin bukan ayah betulan. Dia mengadopsi Anya hanya demi memuluskan misinya. Namun, Loid akhirnya belajar kalau jadi ayah itu tidak mudah. Membesarkan anak adalah tanggung jawab besar. Lama kelamaan, Loid makin sayang pada Anya. Dia juga peduli terhadap Yor, istri palsunya. Meski mereka hanya keluarga pura-pura.

Karena ikatan yang akhirnya terbentuk, Loid nyaris menodai identitasnya selama misi penyamaran demi melindungi Anya. Ini menunjukkan kalau dia akan melakukan apa pun untuknya. Meski dia hanya menciptakan keluarga itu demi sebuah misi, ada bukti kalau Loid jadi lebih dekat dengan Anya dan Yor lebih dari yang pernah dia perkirakan.

9. Kouhei Inuzuka — Sweetness and Lightness
Hari Ayah Sedunia, Ini 10 Karakter Bapak Terbaik di Anime

Foto: Twitter

Di anime, banyak ayah tunggal yang merawat anak mereka. Sebagian ayah ini menjadi duda karena istrinya meninggal dunia. Meski begitu, mereka tetap mendedikasikan diri untuk merawat anak mereka dan tetap bekerja untuk mencari nafkah. Salah satu ayah tunggal itu adalah Kouhei Inuzuka, seorang guru SMA.

Setelah istrinya meninggal dunia karena sakit, Kouhei ditinggal sendiri untuk merawat putri mereka, Tsumugi. Di tengah kesibukannya Kouhei tetap memperhatikan kesejahteraan Tsumugi. Bahkan, dia memutuskan belajar memasak demi membuatkan makanan sehat untuk putrinya itu. Ini membuat ikatannya dan Tsumugi kian kuat.

8. Akio Furukawa — Clannad
Hari Ayah Sedunia, Ini 10 Karakter Bapak Terbaik di Anime

Foto: The Big Family of Clannad

Akio tidak punya kekuatan khusus. Meski begitu, dia sangat sayang pada orang lain. Dia adalah suami hebat, yang bersedia makan roti buatan istrinya yang tidak enak. Akio membuat Sanae nyaman dengan mengatakan betapa dia suka roti buatannya.

Akio juga merupakan ayah yang mengagumkan ketika merawat Nagisa. Dia jadi sangat hati-hati saat Nagisa mulai memacari Tomoya. Dia juga menjadi sosok ayah bagi Tomoya dan membantunya dalam berbagai situasi.

7. Shiro Fujimoto — Blue Exorcist
Hari Ayah Sedunia, Ini 10 Karakter Bapak Terbaik di Anime

Foto: Blue Exorcist Wiki – Fandom

Shiro adalah seorang pastor yang artinya dia tidak bisa menikah apalagi punya anak. Meski begitu, dia memutuskan mengadopsi anak kembar Rin dan Yukio Okumura. Padahal, dia tahu kalau kedua anak itu adalah keturunan Setan. Shiro tetap mencintai kedua anak itu dengan setulus hati dan tanpa syarat.

Shiro selalu mendorong kedua bocah itu dan akan melakukan apa pun demi melindungi mereka. Shiro mencintai sangat mencintai kedua anak itu sampai dia membiarkan Setan membunuhnya agar kedua anak itu bisa selamata. Rin mengatakan, dia hanya mengakui Shiro sebagai ayahnya. Dia juga satu dari sedikit orang dihormati Rin. Shiro adalah satu-satunya orang yang bisa menenangkan Rin.

6. Shikaku Nara — Naruto
Hari Ayah Sedunia, Ini 10 Karakter Bapak Terbaik di Anime

Foto: Narutopedia

Shikaku adalah ayah Shikamaru. Dia seorang jenius yang menjadi penasihet Hokage. Kecerdasannya terbukti tidak ternilai harganya untuk Konoha dan juga keluarganya. Shikaku adalah satu dari sedikit orang yang tidak dendam kepada Naruto dan membiarkan anaknya bermain dengan Naruto.

Shikaku juga memperhatikan kesehatan mental Shikamaru. Ketika Asuma tewas, Shikaku berada di samping anaknya itu dan membantunya melewati waktu yang sulit itu. Tidak banyak orangtua yang memperhatikan kesehatan mental anaknya.

5. Whitebeard — One Piece
Hari Ayah Sedunia, Ini 10 Karakter Bapak Terbaik di Anime

Foto: ComicBook.com

Whitebeard tidak pernah punya anak. Tapi, dia menjadi sosok ayah bagi banyak orang. Di flashback, Whitebeard jelas bilang kalau satu-satunya yang paling dia inginkan adalah keluarga. Begitu dia meninggalkan kru lamanya dan memulai yang baru, Whitebeard mendapatkan kesempatan mewujudkan impiannya. Banyak yang bergabung dengan kru Whitebeard. Dia mengambil mereka semua dan memperlakukan mereka seperti anak sendiri.

Ketika Angkatan Laut mengancam membunuh Ace, Whitebeard tiba di Marineford dengan seluruh pasukannya demi membebaskan anaknya itu. Rasa sayang Whitebeard terhadap keluarganya tidak bersyarat dan karenanya, keluarganya pun siap mati untuknya. Contoh terbesar cintanya adalah ketika Squard menikamnya. Whitebeard memeluknya dan memaafkannya. Dia adalah raksasa dengan hati yang bahkan lebih besar.

4. Kazuma Sohma — Fruits Basket
Hari Ayah Sedunia, Ini 10 Karakter Bapak Terbaik di Anime

Foto: Fruits Basket Wiki – Fandom

Kazuma adalah ayah angkat Kyo sebagai bentuk penebusan dosa. Secara pelan-pelan, Kazuma mulai terbuka kepada Kyo dan memperlakukannya seperti salah satu anaknya sendiri. Mereka mengalami banyak pengalaman yang mengubah hidup bersama. Ini membuat keduanya jadi makin dekat. Ikatan Kazuma dan Kyo benar-benar mengagumkan.

Kazuma selalu berusaha membantu putranya itu. Bahkan, ketika mereka sedang bertengkar. Kazuma berusaha menjadi orang yang lebih besar dan menenangkan semuanya. Selain itu, dia juga membiarkan Kyo melakukan apa pun yang dia inginkan demi kebahagiaannya.

3. Joichiro Yukihira — Shokugeki no Soma
Hari Ayah Sedunia, Ini 10 Karakter Bapak Terbaik di Anime

Foto: Shokugeki no Soma Wiki – Fandom

Joichiro adalah master chef yang ganteng dan menarik. Dia berkeliling dunia untuk mengeksplorasi ide memasak, resep, dan bahan baru. Dedikasi ini, yang pas dengan bakatnya yang luar bisa, membuat Joichiro menjadi master chef yang disukai semua orang, terutama putranya, Soma.

Soma sangat menghormati dan meneladani ayahnya itu. Sejak kecil, Joichiro menanamkan kepada putranya itu kalau memasak adalah perwujudan cinta kepada keluarga dan teman yang mereka sayangi. Didikan Joichiro membuat Soma menjadi salah satu calon chef terbaik. Soma pun sangat ingin bisa menjadi seperti ayahnya itu.

2. Byakuya Ishigami — Dr. Stone
Hari Ayah Sedunia, Ini 10 Karakter Bapak Terbaik di Anime

Foto: Pinterest

Byakuya bukanlah ayah kandung Senku. Tapi, dia selalu mendukung apa pun yang dilakukan Senku, apa pun pertaruhannya. Byakuya akan melakukan apa pun untuk membantu Senku mengejar ketertarikannya pada sains. Dia juga ingin membantu Senku mengejar masa depannya yang menjanjikan.

Byakuya selalu membuat semuanya ringan. Dia menggunakan selera humornya yang bagus untuk membuatnya tetap mengapung saat sedang berduka cita. Byakuya percaya tidak ada gunanya hidup kalau orang tidak bisa bersenang-senang. Dia adalah pemimpin alamiah yang percaya kalau kasih sayang, harapan, rasa penasaran, dan humor adalah tulang punggung kemanusiaan.

Baca Juga: 12 Karakter Emak-Emak Anime Terbaik dan Paling Disayangi

1. Mae Hughes — Fullmetal Alchemist: Brotherhood
Hari Ayah Sedunia, Ini 10 Karakter Bapak Terbaik di Anime

Foto: The Dot and Line

Mae Hughes adalah cahaya di dunia yang gelap. Tidak seperti perwira militer lainnya, Mae cerita dan bisa membuat senyum tersungging wajah orang seperti Roy Mustang. Cinta terbesarnya bukanlah karier yang ambisius atau keterampilan alkimia maut, tapi keluarganya.

Mae sangat menyayangi putri dan istrinya. Dia selalu membawa foto putrinya itu, Elicia, ke mana pun dia pergi. Dia juga suka menunjukkannya ke semua orang. Dia juga orang yang hangat. Dia mengundang Winry dan lainnya ke rumahnya. Kematian Mae di tangan Envy adalah tamparan besar kepada semua orang yang mengenalnya.


(alv)
Share: