10 Karakter Ayah Terburuk di Sepanjang Sejarah Anime

10 Karakter Ayah Terburuk di Sepanjang Sejarah Anime
Tidak semua karakter ayah di anime adalah panutan yang baik. Beberapa dia antaranya justru membuat anaknya menjadi penjahat keji hingga mengalami banyak trauma. (Foto: YouTube)
Di anime , sering kali, orangtua itu tidak terlibat. Kalau pun dia muncul, biasanya mereka juga bukan yang terbaik. Bahkan, sejumlah orangtua justru menjadi masalah utama bagi anak-anak mereka di anime.

Salah satunya adalah sosok ayah. Sejumlah karakter ayah di anime ada yang menjadi inspirasi bagi anak mereka. Seperti Byakuya Ishigami. Meski dia hanyalah ayah angkat Senku Ishigami di Dr. Stone, tapi Byakuya adalah salah satu motivator Senku untuk mendalami sains yang kini membantunya dalam kesulitan.

Tapi, ayah lain, seperti ayah Megumi Fushiguro dari Jujutsu Kaisen, Toji Fushiguro, adalah contoh ayah yang buruk. Dia cuek pada anaknya sejak kecil dan bahkan berusaha menjual anaknya itu ke klan Zenin. Dia lantas meninggalkannya begitu saja setelah Satoru Gojo menebus Megumi.

Toji bukan satu-satunya contoh ayah yang terlalu mementingkan dirinya sendiri. Di anime, masih banyak ayah berperilaku buruk terhadap anaknya. Mereka tidak hanya menyiksa, menjual, bahkan ada yang menjadikan anaknya sebagai obyek eksperimen. Siapa saja karakter ayah terburuk di anime?

Baca Juga: 10 Karakter Cewek Tsundere Paling Favorit di Anime

10. Son Goku — Dragon Ball Z
10 Karakter Ayah Terburuk di Sepanjang Sejarah Anime

Dragon Ball Z adalah serial anime yang sangat populer untuk alasan yang bagus. Pertarungan epik, kemampuan dan lini cerita yang cukup bagus. Ya, Goku memang menyelamatkan dunia berkali-kali. Tapi, itu tidak membuatnya menjadi ayah terhebat.

Goku memaksa anaknya, Gohan, menjadi prajurit, meski dia tidak mau. Dia menandingkan anaknya itu melawan semua makhluk kuat. Goku juga bukan suami terbaik bagi Chi-Chi. Dia benar-benar mencintai keluarganya dengan caranya sendiri. Tapi, dengan Goku menghabiskan waktu dengan pergi berlatih atau bertarung, Gohan tumbuh tanpa kehadiran ayahnya di sebagian besar waktunya.

9. Dario Brando — JoJo's Bizarre Adventure
10 Karakter Ayah Terburuk di Sepanjang Sejarah Anime

Dario adalah ayah penjahat utama JoJo’s Bizarre Adventure, Dio. Ini menjelaskan banyak tentang gaya asuhnya dan mengapa Dio menjadi jahat. Dario adalah orang yang alkoholik, penjudi dan abusif tidak hanya terhadap Dio, tapi juga terhadap istrinya.

Dario membuat istrinya itu bekerja sampai tewas. Selain itu, Dario adalah seorang pencuri. Dia bahkan berusaha mencuri dari ayah Jonathan Joestar. Tapi, karena salah paham, ayah Jonathan mengira Dario berusaha menyelamatkan nyawanya. Inilah bagaimana, setelah Dario mati, Dio akhirnya hidup bersama Jonathan.

8. Rasa — Naruto Shippuden
10 Karakter Ayah Terburuk di Sepanjang Sejarah Anime

Sebagai Kazekage keempat, Rasa harus membuat sejumlah keputusan sulit. Karena situasi yang tidak menguntungkan, dia harus memasukkan ichibi yang dikenal sebagai Shukaku ke tubuh putranya, Gaara. Tapi, itu bukan satu-satunya hal terburuk yang dia lakukan.

Alih-alih berusaha membantu Gaara mengendalikan kekuatannya dan biju di dalam dirinya, dia menjauhi Gaara. Dia bahkan beberapa kali berusaha membunuh Gaara. Semuanya ini membuat Gaara menjadi pembunuh keji.

7. Grisha Yeager — Attack on Titan
10 Karakter Ayah Terburuk di Sepanjang Sejarah Anime

Grisha adalah tipe orang yang mengedepankan revolusi ketimbang kesehatan dan kesejahteraan anak-anaknya. Anak pertamanya, Zeke, dibesarkan untuk menjadi mata-mata di militer. Tapi, ketika militer jadi lebih menjadi keluarga baginya ketimbang keluarganya sendiri, Zeke mengkhianati ibu dan ayahnya.

Lantas, Grisha memutuskan mengacaukan hidup anak keduanya, Eren. Dia membuat Eren menjadi sesosok Titan. Ini semuanya jadi lebih buruk ketika Grisha membuat Eren memakannya. Ini bukan hanya tanggung jawab Grisha atas Eren, tapi juga berarti Eren hanya punya 8 tahun lagi untuk hidup.

6. Shou Tucker — Fullmetal Alchemist
10 Karakter Ayah Terburuk di Sepanjang Sejarah Anime

Sebagai ahli alkimia penjahit hidup, Shou Tucker dikenal atas pengetahuan dan pekerjannya dalam alkimia, chimera dan biologi. Awalnya, dia terlihat eperti seorang ayah pendiam dan baik. Tapi, ketika Negara mengancam mencabut izinnya karena kurangnya gebrakan, dia memutuskan melakukan sesuatu yang drastis dan mengerikan.

Dia membuat chimera baru dengan menggunakan anjing dan putrinya sendiri. Chimera adalah makhluk yang dibuat secara alkimiawi dengan menggabungkan dua makhluk hidup menjadi makhluk baru dengan komponen yang sama. Chimera itu tidak hanya membuat takut Edward dan Alphonso, tapi juga penonton.

5. Tokiomi Tohsaka — Fate/Zero
10 Karakter Ayah Terburuk di Sepanjang Sejarah Anime

Sebagai kepala keluarga penyihir Tohsaka, Tokiomi terlihat seperti ayah, suami dan guru yang baik. Tapi, di balik permukaan, dia adalah orang dengan banyak sisi dan tidak semuanya. Alih-alih melatih putrinya, Sakura, dengan cara seperti Rin, dia mematuhi tradisi.

Tokiomi membiarkan keluarga musuh untuk mengadopsi Sakura dan melatihnya seperti cara mereka. Ini tidak terdengar terlalu buruk sampai diketahui kalau bentuk pelatihan mereka melibatkan Sakura dilempar ke lubang penuh cacing parasit. Sakura sangat kesakitan sampai dia menjadi sekam.

4. Gendo Ikari — Neon Genesis Evangelion
10 Karakter Ayah Terburuk di Sepanjang Sejarah Anime

Gendo adalah ayah yang meninggalkan anaknya yang menangis, Shinji. Ini karena satu-satunya orang yang pernah dia cintai adalah istrinya. Ini pun tidak sepenuhnya benar karena dia juga selingkuh.

Ketika dia masuk lagi ke kehidupan putranya, dia tetap menjaga jarak dan bahkan tidak berusaha mengenalnya. Ketika Shinji melalalui sejumlah peristiwa traumatis, Gendo tidak melakukan apa pun untuk membantunya. Alih-alih, dia memperlakukan Shinji seperti barang, bukan orang. Padahal, Shinji adalah darah dagingnya. Pada akhirnya, terungkap kalau Gendo membuat Shinji melalui semua hal buruk itu untuk membawa kembali istrinya.

3. Charles Zi Britannia — Code Geass
10 Karakter Ayah Terburuk di Sepanjang Sejarah Anime

Charles bukan hanya seorang diktator yang keji. Tapi, dia juga mengerikan bagi anak-anaknya karena dia percaya kalau mereka yang lemah harus disingkirkan demi yang kuat. Inilah mengapa dia menyingkirkan putrinya, Nunnally, setelah dia lumpuh dan buta.
halaman ke-1
Share: