10 Anime Shounen Terkenal Ini Ternyata Dibuat Wanita

Minggu, 12 Juni 2022 - 16:16 WIB
loading...
A A A
D. Gray Man adalah serial dark fantasy yang ber-setting di abad 19 alternatif di mana iblis dan pengusir setan sama-sama eksis. Protagonisnya adalah Allen Walker, rekrutan baru di dunia pengusiran setan bernama Black Order. Serial ini kali pertama muncul di majalah Weekly Shonen Jump pada 2004 dan masih berjalan. Manga itu diadaptasi menjadi anime dua kali. Yang pertama muncul pada 2006 dan berjalan sampai 2008 dengan 103 episode. Yang terbaru bernama D. Gray Man Hallow muncul pada 2016 dan terdiri atas 13 episode.

D. Gray Man ditulis by Katsura Hoshino. Manga ini masih dianggap sebagai salah satu manga terbaik yang pernah ada. Manga itu menjadi manga shounen dan manga umum terlaris pada 2009—2010. Pada 2021, manga itu menduduki peringkat 95 dalam polling Manga Sonsenkyo TV Asahi.

4. Black Butler — Yana Toboso
10 Anime Shounen Terkenal Ini Ternyata Dibuat Wanita

Foto: Gojinshi

Black Butler kali pertama dipublikasikan pada 2006 dan terus menjadi serial terbesar yang pernah ada. Ceritanya ber-setting pada era Victorian di London. Karakter utamanya adalah bangsawan ABG berusia 13 tahun bernama Ciel Phantomhive. Dia menjadi pengawas ratu dan bertugas menyelesaikan berbagai kejahatan di London. Selain tugas hariannya, dia juga memburu penjahat yang menyiksa dan membunuh orangtuanya. Untuk tujuan ini, dia punya kontrak dengan iblis bernama Sebastian Michaelis. Sebastian menyamar sebagai kepala pelayan Ciel dan mendampinginya dalam tugasnya.

Serial ini ditulis Yana Toboso. Manga-nya sudah laku hingga lebih dari 28 juta eksempar di seluruh dunia. Selain Black Butler, Yana juga menulis sejumlah manga seperti Rust Blaster.

3. Blue Exorcist — Kazue Kato
10 Anime Shounen Terkenal Ini Ternyata Dibuat Wanita

Foto: Manga Blog

Blue Exorcist adalah serial fantasi gelap yang dimulai pada 2009 dan masih berjalan sampai sekarang. Serial ini berkisah tentang Rin Okumura, yang menemukan kalau dia dan adik kembarnya, Yukio, adalah anak Setan. Tapi, mereka sebenarnya setengah setan karena ibu mereka adalah manusia. Mereka dibesarkan di sebuah gereja oleh Romo Shiro Fujimoto, yang juga seorang pengusir setan. Tapi, Setan kemudian muncul dan membunuh Shiro. Rin terpaksa pergi dan belajar tentang pengusiran setan. Tujuan akhirnya adalah membunuh Setan dan pasukan jahatnya.

Blue Exocist adalah buah karya Kazue Kato. Blue Exorcist bukanlah satu-satunya karyanya. Dia pernah menulis Robot to Usakich yang memenangkan penghargaan. Blue Exorcist menjadi yang pertama dan satu-satunya manga Jump Square yang terjual hingga satu juta eksemplar. Hingga volume 7, Blue Exorcist telah terjual hingga 15 juta eksemplar.

2. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba — Koyoharu Gotouge
10 Anime Shounen Terkenal Ini Ternyata Dibuat Wanita

Foto: Black Nerd Problems

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba adalah salah satu anime terbaik saat ini. Tidak hanya dari segi cerita, animasi yang disajikan Ufotable pun sangat spektakuler. Ber-setting di era kuno Jepang, anime ini berkisah tentang Tanjiro Kamado yang ingin membalas dendam terhadap iblis yang telah membantai ibu beserta empat adiknya dan menjadikan adiknya, Nezuko, menjadi iblis.

Tapi, siapa sangka kalau pembuat manga yang menjadi dasar anime ini adalah seorang wanita? Kimetsu no Yaiba dibuat Koyoharu Gotouge. Namun, meski gender Gotouge sudah diketahui—tak seperti Gege Akutami yang masih menjadi perdebatan—sangat sulit untuk mendapatkan foto aslinya. Gotouge memulai Kimetsu no Yaiba pada 2016. Anime ini dipenuhi petualangan dan emosi yang menyentuh.



1. Fullmetal Alchemist — Hiromu Arakawa
10 Anime Shounen Terkenal Ini Ternyata Dibuat Wanita

Foto: Syfy

Fullmetal Alchemist: Brotherhood disebut sebagai anime terbaik sepanjang masa. Serial anime shounen action-petualangan ini mengisahkan tentang dua bersaudara, Edward dan Alphonse, yang mencari Batu Bertuah. Misi mereka adalah mengembalikan anggota tubuh Edward yang hilang dan seluruh tubuh Alphonse. Serial ini sangat menyentuh dan terus menjadi yang terbaik yang pernah ada.

Anime ini diangkat dari manga Fullmetal Alchemist yang dibuat Hiromu Arakawa. Manga ini adalah karya resmi pertamanya. Saat manga itu menerima adaptasi anime, Arakawa meminta ending asli karena manga itu masih berjalan saat itu. Adaptasi itu berakhir dengan film sekuel berjudul Conqueror of Shamballa pada 2005. Tapi, begitu manga ini selesai, manga ini kembali diadaptasi yang lebih dekat dengan materi sumbernya dengan judul Fullmetal Alchemist: Brotherhood. Anime ini bahkan jadi hit lebih besar ketimbang versi pertamanya.

Special Mention:
Jujutsu Kaisen — Gege Akutami
10 Anime Shounen Terkenal Ini Ternyata Dibuat Wanita

Foto: Den of Geek

Jujutsu Kaisen adalah salah satu anime shounen terpopuler saat ini. Serial ini mengisahkan tentang Yuji Itadori yang memasuki dunia Jujutsu setelah memakan jari Raja Kutukan Ryoumen Sukuna. Bersama dua teman sekelasnya, Megumi Fushiguro dan Nobara Kugisaki, dengan dipandu guru mereka, Satoru Gojo, Yuji pun harus bersiap menghadapi serangan roh terkutuk.

Manga Jujutsu Kaisen dirilis pada 2018 dengan ditulis Gege Akutami. Gender Akutami menjadi perdebatan di banyak komunitas anime sejak Jujutsu Kaisen menjadi populer. Mangaka Ken Akamatsu—penulis Love Hina dan Magical Teacher Negima!—menyebut kalau Akutami adalah seorang wanita. “Ketika saya mengerjakan Samurai Deeper Kyo dan Negima, separuh artis di ‘Majalah’ adalah wanita. JUMP juga punya penulis wanita untuk Jujutsu Kaisen, ya, yang itu. Kimetsu no Yaiba juga ditulis seorang wanita, dan saya rasa itu mengagumkan,” papar Ken seperti dikutip MyJitsu.

Sementara, dalam wawancara Akutami dengan penulis Bleach, Tite Kubo, Akutami disebut sebagai seorang pria. Alasannya, selama wawancara itu, Akutami merujuk dirinya dengan kata ganti pria dan mengaku pernah bersekolah di sekolah khusus cowok. Dalam wawancara dengan komedian Kendo Kobayashi, Akutami juga berbicara dengan suara mirip laki-laki. Tapi, karena Akutami tidak pernah menampakkan wajahnya dan memilih menggunakan manekin, banyak orang yang menduga kalau Akutami aslinya adalah seorang wanita.
(alv)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1787 seconds (0.1#10.140)