10 Anime Shounen Terkenal Ini Ternyata Dibuat Wanita

10 Anime Shounen Terkenal Ini Ternyata Dibuat Wanita
Sejumlah anime shounen yang populer dan terkenal ternyata dibuat wanita. Salah satunya adalah Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba yang akhir-akhir ini meroket popularitasnya. (Foto: ComicBook.com)
Ada sejumlah anime shounen terkenal yang ternyata buatan wanita. Yang menarik, beberapa anime shounen buatan wanita ini bahkan menjadi yang paling populer dan terbaik sepanjang masa. Anime-anime ini juga tak jarang menitikberatkan pada emosi, tak hanya pada aksi semata.

Manga atau anime shounen ditujukan pada audiens cowok. Sebagian besar anime atau manga shounen dibuat pria. Namun, jelas, ada perbedaannya. Anime shounen seperti Naruto, One Piece, atau Dragon Ball akan lebih berat pada cerita dan action-nya. Sementara, anime yang diangkat dari manga karya wanita punya alur yang lebih kompleks dengan emosi yang lebih menyentuh dan karakter yang lebih kuat.

Bahkan, sejumlah anime shounen karya wanita ini lebih terasa memahami karakter cowoknya ketimbang shounen karya pria. Sayang, mangaka wanita yang bermain di daerah shounen masih sedikit dibandingkan dengan mangaka cowok. Meski begitu, karya mereka tidak bisa disepelekan. Bahkan, anime shounen kesayangan kalian pun mungkin adalah karya para wanita hebat ini. Anime shounen terkenal apa saja yang ternyata dibuat wanita? Berikut ulasannya!

Baca Juga: Kuat Banget, 10 Karakter Anime Ini Bisa Menghancurkan Dunia!

10. Noragami — Adachitoka
10 Anime Shounen Terkenal Ini Ternyata Dibuat Wanita

Foto: Anime Tide

Noragami debut pada Januari 2011 di Kondansha Monthly Shonen Magazine. Pada 2014, serial ini menjadi serial manga terlaris ke-14. Serial ini berkisah tentang seorang dewa tanpa titel bernama Yato. Misinya adalah membuat nama untuk dirinya sendiri dan punya kuil sendiri. Sepanjang perjalanannya, dia bertemu cewek bernama Hiyori, yang setengah hantu. Cewek itu bisa hidup di dunia normal dan dunia roh. Kemudian, Yato mendapatkan regalia hidup atau senjata ilahinya yang dulunya adalah manusia bernama Yukine.

Noragami ditulis Adachitoka. Itu merupakan nama pena dan merupakan singkatan nama dua orang wanita yang menbuatnya, yaitu Adachi dan Tokashiki. Selain menulis, Adachi juga menjadi seniman karakternya dan Tokashiki menjadi seniman latar belakangnya. Noragami adalah karya asli pertama mereka yang mengagumkan.

9. The Case Study of Vanitas — Jun Mochizuki
10 Anime Shounen Terkenal Ini Ternyata Dibuat Wanita

Foto: The Shy Otaku

Serial dark fantasy ini didaptasi menjadi anime dan sekarang menjadi salah satu anime paling trending yang pernah tayang. Manga-nya mulai terbit di Monthly Gangan Joker pada 2015. Ceritanya ber-setting pada abad 19 di Paris selama era steampunk. Saat itu, Paris dipenuhi vampir. Serial ini berkisah tentang seorang manusia muda bernama Vanitas, dengan grimoire yang bisa menyembuhkan vampir yang dikutuk.

Tapi, dia kemudian digigit Vampir Bulan Biru dan sekarang secara tidak langsung menjadi bagian dari Klan Bulan Biru. Vampir lain, Noé Archiviste, bertemu Vanitas dan bergabung dengannya untuk menyembuhkan vampir yang dikutuk. Serial ini dibuat Jun Mochizuki. Dia mendapatkan inpsirasi cerita ini setelah berkunjung ke Prancis dan nonton film vampir.

8. A Silent Voice — Yoshitoki Ouima
10 Anime Shounen Terkenal Ini Ternyata Dibuat Wanita

Foto: IGN

Film anime pada 2016 ini diangkat dari serial manga mini yang berjalan pada 2013—2014. Ini adalah cerita shounen abadi tentang mantan perundung yang jadi orang terpinggirkan. Karakter utama film ini, Shoya Ishida berusaha bunuh diri. Tapi, di menit-menit akhir, dia memutuskan membuat penebusan. Dia mulai menjumpai Shoko Nishimaya, cewek yang dirundungnya saat kelas 6. Keduanya pun memulai perjalanan awal yang baru.

Cerita cerdas ini adalah karya Yoshitoki Ouima. Ibunya adalah penerjemah Bahasa isyarat. Melihat ibunya telah menginspirasi Yoshitoki untuk menulis cerita ini. Cerita ini telah memberikan sejumlah penghargaan baginya. Film ini juga menjadi sensasi di seluruh dunia.

7. Magi: The Labyrinth of Magic — Shinobu Ohtaka
10 Anime Shounen Terkenal Ini Ternyata Dibuat Wanita

Foto: Nefarious Reviews

Serial ini terinspirasi cerita 1001 malam. Di dalamnya, banyak karakter dengan berbagai perubahan. Serial ini awalnya muncul di Weekly Shonen Jump dan berjalan hingga 2017. Serial ini terdiri atas 37 volume. Serial ini punya karakter seperti Aladdin, Alibaba, dan Sinbad. Ceritanya sangat indah dan menarik.

Serial ini dibuat Shinobu Otaka. Sampai saat ini, serial shounen ini masih tetap populer. Serial ini menduduki posisi 75 di polling 100 Manga Terpopuler sepanjang masa TV Asahi pada 2021.

6. Deadman Wonderland — Jinsei Kataoka
10 Anime Shounen Terkenal Ini Ternyata Dibuat Wanita

Foto: Where Does The Anime Leave Off?

Serial ini dimulai dengan gempa bumi besar yang menghancurkan sebagian besar daratan Jepang. Tiga perempat bagian negara itu tenggelam di Samudra Pasifik. Maju ke 10 tahun ke depan, ada seorang siswa SMP bernama Ganta Igarashi. Dia adalah penyintas tragedi gempa bumi itu, tapi tidak punya ingatan apa pun terkait tragedi itu. Tapi, semuanya jadi berubah ketika seseorang berkostum merah muncul di jendela kelasnya dan membunuh semua penghuninya, kecuali Ganta. Dia pun dituduh melakukan pembantaian masal dan divonis mati. Dia lantas dijebloskan ke penjara Deadman Wonderland.

Serial thriller dystopian ini ternyata ditulis mangaka wanita bernama Jinsei Kataoka. Sementara, ilustrasinya dibuat Kazuma Kondou. Serial ini tetap menjadi serial shounen populer, bahkan setelah kisahnya berakhir pada 2013.

5. D. Gray Man — Katsura Hoshin
10 Anime Shounen Terkenal Ini Ternyata Dibuat Wanita

Foto: YouTube
halaman ke-1
Share: