Hiatus Sebulan, Eiichiro Oda Siapkan Saga Terakhir One Piece

Hiatus Sebulan, Eiichiro Oda Siapkan Saga Terakhir One Piece
Eiichiro Oda mengumumkan dirinya akan hiatus selama sebulan untuk mempersiapkan saga terakhir One Piece seiring berakhirnya busur cerita Wano dalam waktu dekat. (Foto: Mary Sue)
Tanda-tanda tahapan akhir perjalanan Luffy dan kawan-kawannya di One Piece telah terlihat. Setelah hampir 25 tahun berjalan, saga terakhir One Piece akhirnya akan dimulai. Demi mempersiapkan saga terakhir itu, penulis One Piece, Eiichiro Oda memutuskan hiatus selama sebulan.

Oda sepertinya mengikuti tren mangaka yang memilih hiatus untuk mempersiapkan babak final serial mereka. Sebelum Oda, penulis Black Clover, Yuki Tabata, juga memutuskan hiatus untuk mempersiapkan babak final serialnya itu. Hanya, hiatus Tabata lebih panjang dari Oda, yaitu tiga bulan.

Oda mengumumkan keputusannya untuk hiatus itu dalam sebuah pesan tulisan tangan. Foto pesan itu diunggah di akun resmi Twitter One Piece, @Eiichiro_Staff. Dalam pesannya itu, Oda mengatakan kalau dia akan pergi ke Afrika.

Baca Juga: 10 Karakter Anime yang Bisa Berubah Wujud ke Bentuk Lain

Oda mengatakan, Wano sudah selesai dan One Piece akan merayakan ulang tahun ke-25. Selain itu, akan banyak event terkait serial ini. Film baru One Piece, Red, juga akan dirilis tahun ini. Serial live action One Piece saat ini juga sedang diproduksi Netflix.

“Dalam persiapan untuk semua itu, saya akan beristirahat selama sebulan? Jadi, maaf, tapi saya juga akan pergi ke Afrika~!! Saya ingin mengorganisasi ulang chapter terakhir jadi ini bisa ditutup secepat mungkin. Ini akann dimulai!! Liburannya belum cepat datang. Dua episode lagi dari sekarang, dan Jumps 30—33 selama 4 pekan! Beri saya waktu untuk bernapas!” tulis Oda.

Hiatus Oda akan dimulai setelah perilisan edisi 30 Weekly Shonen Jump tahun ini. Di Jepang, majalah ini akan dirilis pada 27 Juni. Act terakhir One Piece akan dimulai pada 25 Juli, ketika edisi 34 majalah itu dirilis.



Sementara pesan itu memberikan konfirmasi resmi kalau One Piece sudah mendekati konklusinya, penggemar mungkin masih akan punya waktu bersama Luffy dan teman-temannya. Harus dicatat kalau saga di serial ini bisa berjalan selama bertahun-tahun. Saat ini, serial itu sedang melakoni saga Yonko.

Saga Yonko dimulai pada 2016. Busur Wano yang segera selesai hanyalah satu dari empat busur cerita yang masuk di saga lebih besar. Wano telah berjalan selama empat tahun dengan chapter pertamanya dirilis pada Juli 2018.

Namun, pengumuman ini juga mengofirmasi kalau One Piece tidak akan hiatus sepanjang bulan ini. Chapter 1.052 dijadwalkan dirilis pada Minggu (11/6). Chapter itu diperkirakan akan meneruskan apa yang terjadi di chapter 1.051. Luffy dan Zoro akan memulihkan diri. Zunesha dikabarkan akan meninggalkan Wano. Kini, yang dinantikan adalah apa tindakan Pemerintah Dunia selanjutnya.

Meski hiatus, Oda masih punya jadwal peni sepanjang musim panas ini. Selain mempersiapkan manga dan mempersiapkan ulang tahun One Piece, Oda juga sibuk mengerjakan film ke-15 serial ini. Film itu berjudul One Piece: Red. Untuk film itu, Oda menciptakan karakter baru. Dia adalah Uta, penyanyi muda yang ternyata adalah anak Shanks. Film itu akan tayang perdana di Jepang pada 6 Agustus. Detail tentang perilisan internasional film ini belum diumumkan.

Oda juga menjadi produser eksekutif adaptasi live-action One Piece di Netflix. Baru-baru ini, Netflix merilis video baru yang memperlihatkan seni konsep serial televisi itu. Mereka juga memperlihatkan sejumlah kapal perompak, termasuk Going Merry, kapal asli Perompak Topi Jerami. Tapi, video itu lebih banyak menyoroti kapal restoran Baratie.

Oda mengatakan, awalnya, dia berencana pergi ke Cape Town, Afrika Selatan, untuk mengawasi produksi serial itu. Tapi, dia dipaksa membatalkan rencana itu karena pembatasan travel yang diberlakukan Jepang akibat pandemi Covid-19. Sampai saat ini, Jepang masih memberlakukan aturan perjalanan yang cukup ketat.

Baca Juga: Bak Anak Kembar, 10 Pasang Karakter Anime Ini Mirip Banget!

One Piece kali pertama dirilis pada 1997. Serial ini telah menjadi manga terlaris sepanjang masa dengan setengah miliar eksemplar telah terjual di seluruh dunia. Anime-nya dirilis pada 1999. Serial ini ditayangkan di sejumlah layanan streaming gratis dan berbayar seperti iQYI dan BStation. Manga-nya bisa dibaca di MangaPlus.


(alv)
Share: