Kasus Aneh Banyak Akun Instagram Otomatis Follow Nayeon TWICE, Netizen Ungkap Kemungkinan Penyebabnya

Sabtu, 04 Juni 2022 - 17:57 WIB
loading...
Kasus Aneh Banyak Akun Instagram Otomatis Follow Nayeon TWICE, Netizen Ungkap Kemungkinan Penyebabnya
Akun Instagram Nayeon TWICE tiba-tiba banyak di-follow secara otomatis hingga dipertanyakan oleh netizen. Foto/JYP Entertainment
A A A
SEOUL - Sejumlah netizen mengungkapkan bahwa akun Instagram mereka mendadak mengikuti (follow) akun Instagram Nayeon TWICE, padahal mereka mengaku tak pernah membuka akun sang idol .

Kasus ini mulai muncul pada awal minggu ini atau akhir Mei. Mengutip Allkpop, sejumlah netizen di sebuah forum daring bercerita bahwa mereka tidak memencet tombol "follow", tapi akun mereka dikatakan mengikuti Nayeon.

Seolah belum cukup aneh, pada hari ini (4/6), seorang netizen menulis juga di forum daring bahwa akunnya tiba-tiba dihapus oleh Instagram. Peringatan dari Instagram tertulis bahwa akunnya "tidak mematuhi aturan dan ketentuan Instagram".

Sebelumnya, netizen tersebut menerima sejumlah notifikasi untuk mengonfirmasi data mereka. Setelah itu, muncul pesan dari seorang teman bahwa sang teman mengikuti Nayeon TWICE di Instagram, padahal temannya itu tidak merasa mengikuti Nayeon.

Setelah mencari tahu lebih lanjut, netizen yang akunnya dihapus Instagram itu mengatakan bahwa semua follower-nya ternyata mengikuti Nayeon di Instagram, bahkan mereka yang tidak tahu Nayeon bahwa ia adalah seorang idol.

Kasus Aneh Banyak Akun Instagram Otomatis Follow Nayeon TWICE, Netizen Ungkap Kemungkinan Penyebabnya

Foto: Allkpop

Ia lalu mengatakan bahwa namanya juga Nayeon. Beberapa orang yang memiliki masalah yang sama dengannya (akun Instagram-nya dihapus) juga memiliki unsur nama Nayeon atau yang mirip, misalnya Chaeyoung atau berakhir dengan yeon (-yeon).

Satu netizen juga mengungkap bahwa ia adalah seorang influencer dengan 230 ribu follower. Namun pada 1 Juni, akun Instagram-nya dihapus. Yang aneh, seluruh follower-nya dari akun Instagram yang dihapus itu semuanya kini mengikuti Nayeon TWICE.

Baca Juga: 6 Grup K-Pop yang Namanya Terinspirasi Warna dan Makna di Baliknya

Ia lalu mengeluh bahwa sebagai influencer yang memiliki kontrak, penghapusan secara mendadak itu bisa mengakibatkan dirinya terkena penalti oleh klien yang menyewa jasanya.

Meski hingga kini belum ada penjelasan resmi dari Instagram tentang kasus tersebut, tapi netizen lainnya mengatakan bisa jadi ini adalah tindakan Instagram yang berusaha menghapus akun-akun copycat atau tiruan Nayeon TWICE, tapi pada akhirnya malah ikut menghapus banyak akun asli yang memiliki nama yang mirip dengan Nayeon.

Kasus Aneh Banyak Akun Instagram Otomatis Follow Nayeon TWICE, Netizen Ungkap Kemungkinan Penyebabnya

Foto: Instagram @nayeonyny

Yang lainnya mengatakan bahwa sangat mungkin JYP Entertainment yang meminta akun tiruan Nayeon dihapus. Seperti diketahui, sangat umum terjadi bahwa banyak orang yang membuat akun tiruan dengan nama yang sangat mirip dengan nama orang terkenal atau selebritas.

Baca Juga: 6 Drama Korea Romantis yang Cerita dan Adegannya Tidak Klise

Akun-akun itu bisa dibuat oleh para penggemar, atau orang yang ingin mendapatkan manfaat pribadi dari akun tiruan tersebut. Sementara itu, netizen yang sama juga mengatakan bahwa kini jumlah follower Nayeon yang tadinya 5,7 juta telah berkurang menjadi 5,6 juta, yang artinya mungkin Instagram telah mulai memperbaiki kesalahan mereka.

Seperti diketahui, sejak 17 Mei lalu, seluruh personel TWICE membuka akun Instagram pribadi mereka setelah sebelumnya hanya punya satu akun resmi di media sosial tersebut.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2503 seconds (0.1#10.140)