8 Ajang Kompetisi Terbaik Pembentuk Idol Group K-Pop

Kamis, 13 Oktober 2022 - 21:45 WIB
loading...
8 Ajang Kompetisi Terbaik Pembentuk Idol Group K-Pop
Dunia K-Pop sepertinya suka kompetisi. Sering kali, ajang kompetisi muncul dan menciptakan supergroup. Namun, tidak semua grup itu bisa bertahan di dunia musik. (Foto: Wikipedia)
A A A
Popularitas idol K-Pop terus melejit di seluruh dunia. Grup-grup K-Pop mampu meraup jutaan penggemar dari seluruh penjuru planet ini. Penggemar pun bisa memilih grup mana yang mereka suka dan album apa yang mereka inginkan. Para idol group ini pun bekerja keras untuk tidak mengecewakan penggemarnya.

Mereka berlatih menari dan menyanyi selama berjam-jam setiap hari untuk mempersiapkan diri. Mereka yang ingin menjadi idol akan masuk agensi dan menjadi trainee. Namun, persaingannya tentu sangat ketat. Selain itu, mereka bisa ikut ajang kompetisi mirip survival untuk menjadi seorang idol.

Ajang ini akan menilai sejumlah trainee dari berbagai agensi. Kemampuan menyanyi, bakat menari, dan penampilan panggung akan dinilai di sini. Sebagian besar ajang ini menarik jutaan penggemar setiap episode dan membangkitkan lebih banyak bakat setiap tahun. Apa saja ajang kompetisi terbaik yang melahirkan idol group populer di K-Pop? Mengutip Screen Rant, berikut ulasannya!



8. Finding Momoland — Momoland

8 Ajang Kompetisi Terbaik Pembentuk Idol Group K-Pop

Foto: NME

Finding Momoland adalah ajang survival girl group pada 2016 yang diproduseri Mnet. Ajang ini menampilkan 10 trainee dari Double Kick Entertainment yang berkompetisi untuk debut di sebuah girl group bernama Momoland. Ajang ini tayang perdana pada Juli 2016 dan berjalan sepanjang 10 episode. Pada 2018, mereka meraih popularitas berkat mini album ketiga mereka, Great! Mini album ini berisi single Bboom Bboom yang sukses besar dengan menduduki posisi 2 di Gaon Digital Chart.

Sejak saat itu, mereka kehilangan popularitas dengan hit yang lumayan sukses seperti I’m So Hot. Mereka juga tidak terlalu menarik perhatian penggemar baru. Grup ini punya jutaan view dan memenangkan banyak penghargaan. Tapi, penjualan album mereka sulit menyentuh 10.000. Karena gaya dan konsep musik mereka, mereka gagal membangun fanbase solid.

7. Produce 101 Season 2 — Wanna One

8 Ajang Kompetisi Terbaik Pembentuk Idol Group K-Pop

Foto: Wikipedia

Dari semua season Produce 101, season 2 mungkin yang paling populer. Season ini melahirkan boy group Wanna One pada 2017. Ini adalah boy group temporer pertama mereka yang mencapai kesuksesan besar dalam waktu singkat. Ada 101 trainee dari 54 agensi berbeda. Meskipun karier mereka sebagai grup sudah selesai, prestasi mereka sebagai grup akan selalu diingat penggemarnya.

Debut dengan Energetic, musik mereka melingkupi genre yang luas. Mereka selalu mensinkronkan koreografi mereka dan tampil dengan sempurna. Mereka juga masuk Daftar Selebritas Berpengaruh di Forbes Korea pada 2018. Sejumlah idol dari grup ini sekarang pindah ke drama Korea (Drakor).

6. YG Treasure Box — Treasure

8 Ajang Kompetisi Terbaik Pembentuk Idol Group K-Pop

Foto: AllKPop

YG Treasure Box adalah ajang survival yang diproduseri YG Entertainment. Ajang ini kemudian membentuk boy group Treasure. Ajang ini ditayangkan pada 2018 dan memperlihatkan 29 trainee yang berkompetisi untuk bertahan. Menjelang debut, Treasure menjadi act Korea tercepat yang masuk Billboard Social 50 dengan berpuncak di nomor 12 pada 4 Agustus.

Sekarang, grup itu terdiri atas 12 orang anggota dan punya 6,29 juta subscriber di channel YouTube mereka. Pada 2020, mereka memenangkan Artis Pria Baru Terbaik Mnet Award dan telah memenangkan banyak penghargaan lagi sejak itu. Mereka terus mencapai ketinggian tertinggi di tangga lagu Korea dan bahkan masuk Jepang.

5. Girl's Planet 999 — Kep1er

8 Ajang Kompetisi Terbaik Pembentuk Idol Group K-Pop

Foto: Forbes

Girl’s Planet 999 adalah ajang survival yang tayang di Mnet pada Agustus 2021 dan berjalan hingga 12 episode. Episode ke-12 memperlihatkan 9 kontestan akhir. Meski baru saja debut, mereka dengan cepat meraih sukses dan ketenaran di tahun lalu. Sekarang, mereka punya 2,23 juta subscriber di YouTube.

Mini album baru Kep1er terjual lebih dari 287.000 kopi di pekan pertama perilisannya. Mereka telah disebut sebagai salah satu yang harus ditonton untuk menjadi girl group terbaik generasi berikutnya. Single perdana mereka, Wa Da Da, telah menjadi salah satu video musik paling banyak ditonton di tahun itu. Saat ini, mereka punya 4,7 juta follower di TikTok.

4. No. Mercy — Monsta X

8 Ajang Kompetisi Terbaik Pembentuk Idol Group K-Pop

Foto: TicketMaster

No. Mercy adalah sebuah ajang survival yang tayang pada Mnet pada 2014. Ajang ini diproduseri Starship Entertainment dan membentuk Monsta X. Ajang ini mempertemukan 13 trainee yang bersaing satu sama lain. Grup akhir itu terdiri atas 7 anggota dan, meski sekarang hanya 6, meraih sukses besar sejak debut.

Setelah masuk ranah K-Pop pada Mei 2015, Monsta X bertemu penggemar Amerika Serikat (AS) mereka tiga bulan kemudian dengan tampil di festival KCON Los Angeles 2015. AS erus menjadi prioritas band ini, yang berkunjung setidaknya sekali setahun dan menggelar event setiap tahun sejak 2017. Pada 2016, mereka memenangkan Best of Next Mnet Asian Music Award dan saat ini punya 14 penghargaan. Channel YouTube dan TikTok mereka masing-masing punya lebih dari 2 juta follower. Video musik mereka rata-rata mencapai lebih dari 40 juta view.

3. I-Land — Enhypen

8 Ajang Kompetisi Terbaik Pembentuk Idol Group K-Pop

Foto: TicketMaster
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2570 seconds (0.1#10.140)