Fakta Vecna, Antagonis Mengerikan di Stranger Things 4

Rabu, 01 Juni 2022 - 20:20 WIB
loading...
Fakta Vecna, Antagonis Mengerikan di Stranger Things 4
Vecna adalah antagonis mengerikan di Stranger Things 4. Karakter ini diduga menjadi sumber semua kejadian aneh yang menimpa Hawkins dan masih menebar teror. (Foto: Bloody Disgusting)
A A A
Vecna menjadi antagonis mengerikan di Stranger Things 4 . Sosok penyihir hitam itu mulai meneror Hawkins dan meminta korban. Misteri masih menyelimuti karakter ini meski asal usul dan cerita latarnya mulai terkuak di akhir bagian 1 season ini.

Peringatan: Artikel ini mengandung spoiler Stranger Things 4 yang tayang di Netflix!

Kehadiran Vecna membuat Stranger Things 4 lebih kejam, gelap, dan brutal ketimbang season sebelumnya. Vecna membuat Demogorgon seperti anak anjing yang manis. Vecna membuat para protagonis serial ini harus berjuang untuk bertahan hidup dan mengungkap siapa sebenarnya sosok ini.

Asal usul Vecna sudah dijelaskan di serial ini. Singkatnya, Vecna, dalam bentuk manusia, adalah anak Victor Creel. Dia kemudian mengembangkan kemampuan dan membunuh ibu serta adiknya sebelum mengambinghitamkan ayahnya. Dia kemudian dibawa Dr Brenner, yang juga menyiksa Eleven, dan dijadikan objek eksperimen. Kekuatannya kemudian ditidurkan ketika dia jadi subyek yang kurang ideal.

Setelah melakukan pembantaian masal, Eleven mengirimnya ke Upside Down. Aksi inilah yang menyebabkan rantai kejadian di sepanjang Stranger Things yang dimulai dengan menghilangnya Will. Dengan miripnya sosok itu dengan karakter dari game Dungeons dan Dragons, ada baiknya mengeksplorasi sosok ini. Mengutip Digital Spy, berikut ulasannya!



1. Siapakah Vecna?
Fakta Vecna, Antagonis Mengerikan di Stranger Things 4

Vecna adalah mayat hidup. Penjelasan lebih lanjut menyebutnya sebagai seorang penyihir yang menggunakan sihir terlarang untuk menjadi abadi. Menurut dongeng Dungeons and Dragons, penyihir mayat hidup itu dihancurkan dalam peperangan, hanya tersisa satu potong tangan dan sebutir mata.

Relik ini menjadi benda kuat yang bisa dibagikan master D&D sebagai imbalan untuk para pemainnya. Tapi, untuk menggunakannya, pemainnya harus memotong tangan atau mencongkel matanya. Seperti yang dikatakan arsitek game dan desain D&D, Chris Perkins, Vecna itu dingin dan perhitungan.

“Saya kira kita tidak pernah menggali ke lapisan psikis yang akan mengungkap apa pun selain itu. Dia selalu menjadi semacam teka teki atau bayangan atau sosok misterius yang motif sebenarnya cenderung gaib, tapi saya kira kapan pun dia muncul, dia selalu dingin dan perhitungan,” kata dia dalam wawancara dengan Time.

Ini secara akurat menggemakan Vecna dari The Upside Down yang dikenal dan ditakuti penggemar. Tapi, persamaannya tidak berhenti di situ. Sepertinya, kedua Vecna sama-sama punya lalu yang rumit dengan ibu mereka. Peter alias Henry Creel alias Vecna sangat membenci ibunya setelah dia berusaha mencarikan bantuan profesional untuk Henry atas ‘sifatnya yang menganggu’. Tindakan ini membuat wanita itu tewas.

Kebencian Henry terhadap ibunya ini sama dengan Vecna versi D&D. Dia memandang ibunya sebagai wanita jahat yang mengorbankan binatang dan menyamakan dirinya dengan makhluk jahat. Kekejaman ini membantu membentuk karakter itu baik dalam hidup dan mati.

2. Asal usul Vecna
Fakta Vecna, Antagonis Mengerikan di Stranger Things 4

Vecna, menurut dongeng D&D, dulunya adalah manusia yang terobsesi dengan kekuasaan. Vecna meluruhkan rasa kemanusiaannya. Awalnya, dia menjadi penyihir yang kuat atau naga yang diawetkan sebagai mayat hidup melalui ritual yang kuat. Dia kemudian menjadi seperti dewa.

“Dia itu fana, tapi selalu mencari yang hal besar selanjutnya. Kedewaan adalah misinya yang sudah lama,” kata Perkins.

Vecna di Stranger Things agak sedikit berbeda. Memang, awalnya mereka sama, yaitu pernah menjadi manusia yang kemudian terobsesi dengan kekuasaan. Dia masih egois, tapi dengan narsisisme berbeda. Dia ingin merestorasi keseimbangan dunaia yang rusak. Ini menempatkannya sebagai predator yang ingin mewujudkan harmoni ini dengan cara yang sadis. Perbedaan kedua karakter ini adalah di kekuatan mereka.



3. Kekuatan Vecna
Fakta Vecna, Antagonis Mengerikan di Stranger Things 4

Vecna versi D&D suka mendapatkan dan menjaga rahasia yang dia yakini menjadi sumber kekuatan sejati. Bagi Vecna, setiap makhluk punya satu rahasia yang bisa dimanipulasi untuk menyebabkan kejatuhann mereka. Dengan ini, dia akan mendapatkan dominasi atas orang lain.

Vecna versi Hawkins mungkin tidak tahu rahasia korbannya tapi dia bisa mengetahui trauma terdalam dan tersembunyi korbannya. Dia kemudian menggunakan rasa sakit itu terhadap mereka. Bagi korban pertamanya, Chrissy, itu adalah hubungan buruknya dengan ibunya. Bagi Fred, itu adalah tabrak lari fatal dan Max merasa bersalah atas kematian Billy.

Vecna sepertinya juga tahu rasa bersalah Nancy atas kematian sahabatnya, Barb. Padahal, Nancy sudah menguburnya dalam-dalam. Vecna menggunakan tragedi ini untuk melumpuhkan mangsanya dalam kondisi tidak sadarkan diri sebelum menyerang dengan cepat. Kemampuan Vecna melumpuhkan korbannya ini pas dengan kemampuan Vecna di D&D. Dia bisa melumpuhkan orang dengan sentuhan. Kendali pikiran juga salah satu kekuatannya.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2826 seconds (0.1#10.140)