5 Kepribadian Moon Knight yang Terungkap di Akhir Serial Disney+

5 Kepribadian Moon Knight yang Terungkap di Akhir Serial Disney+
Moon Knight episode 6 akhirnya mengungkapkan alter ego ke-5 Marc Spector. Karakter ini sebenarnya sudah lama dinantikan penggemar dari awal serial ini berjalan. (Foto: Den of Geek)
Serial Moon Knight di Disney+ akhirnya mengungkapkan 5 alter ego Marc Spector, karakter utama serial ini. Dari 5 karakter, 1 di antaranya baru diperkenalkan di adegan pascakredit serial ini. Karakter itu sudah lama dinantikan para penggemar.

Moon Knight adalah serial Marvel Cinematic Universe (MCU) yang mengangkat tema tentang kesehatan mental. Karakter utamanya, Marc Spector, menderita dissociative identity disorder (DID) alias berkepribadian ganda. Di sepanjang serial, aktor pemerannya, Oscar Isaac, dengan baik bisa melakukan perpindahan karakter ini. Tentu, menjadi dua orang dalam satu adegan adalah sesuatu yang menantang.

Yang menarik, banyak karakteristik dari alter ego Marc ini berbeda dengan di komik. Tapi, dari awal, Moon Knight sudah mengubah banyak dari materi sumbernya, yaitu komik. Pada akhirnya, serial ini tetap menyajikan 5 karakter berbeda dari diri Marc Spector, seperti yang diketahui dari komik selama ini. Lantas siapa saja mereka? Berikut ulasannya!

Baca Juga: Moon Knight Episode 6 Perkenalkan Avatar Taweret dan Jack Lockley

1. Steven Grant
5 Kepribadian Moon Knight yang Terungkap di Akhir Serial Disney+

Karakter ini adalah karakter pertama yang diperkenalkan di Moon Knight. Ini agak berbeda dengan di komik. Steven Grant di serial TV ini adalah seorang pegawai toko souvenir di museum Mesir di London. Dia seorang pria canggung yang kikuk. Dia suka menelepon ibunya dan baik hati. Dia juga tidak suka kekerasan.

Steven di serial ini berbeda dengan Steven versi komik. Di komik, Steven bukan karakter utama. Dia adalah alter ego Marc Spector. Dia seorang jutawan. Steven versi komik ini punya pekerjaan sebagai pialang di Wall Street. Uang yang didapat dari usahanya ini dipakai untuk mendanai operasi Moon Knight. Di serial TV, Steven hidup sederhana di sebuah apartemen yang tampak murah.

Steven tercipta dari keinginan Marc untuk bisa hidup damai. Setelah adiknya, Randall, tewas tenggelam, ibu Marc jadi sangat membencinya. Marc menjadi korban kekerasan sang ibu. Hubungan mereka pun buruk. Suatu hari, ketika Marc kecil sedang ketakutan karena diteriaki ibunya, tubuhnya membuat sistem pertahanan. Dari situlah, Steven akhirnya lahir. Steven adalah alter ego Marc yang sangat sayang dan dekat dengan ibunya.

2. Marc Spector
5 Kepribadian Moon Knight yang Terungkap di Akhir Serial Disney+

Marc Spector sebenarnya adalah karakter utama di Moon Knight, utamanya di versi komik. Di serial TV, dia diperkenalkan nanti ketika Steven Grant menghadapi masalah dengan Arthur Harrow. Namanya kali pertama muncul di episode 1, tapi karakternya baru dimunculkan di episode selanjutnya. Marc adalah identitas asli dari orang yang dikenal sebagai Steven itu.

Marc adalah seorang tentara bayaran. Ketika dia sedang melakukan misi di Mesir, majikannya berkhianat. Semua orang dibunuhnya. Marc yang sekarat berhasil tiba di kuil Khonshu. Dewa Bulan itu lantas menawarinya kesempatan untuk hidup lagi asal mau jadi avatar-nya untuk membela orang-orang lemah dari kejahatan. Marc menyanggupinya. Cerita Marc ini tidak jauh beda dengan Marc versi komik.

3. Moon Knight
5 Kepribadian Moon Knight yang Terungkap di Akhir Serial Disney+

Moon Knight adalah bentuk avatar Khonshu. Dia beroperasi di malam hari. Dia sebenarnya bukanlah kepribadian lain Marc Spector. Namun, Moon Knight, di serial Disney+, hanya bisa terwujud ketika Marc berkuasa di tubuh yang ditempatinya bersama Steven itu. Tidak banyak yang bisa diceritakan tentang sosok Moon Knight dari serial ini.

Serial ini sepertinya menyia-nyiakan Moon Knight dengan terlalu berfokus pada tingkah polah dan dinamika Marc, Steven serta Khonshu. Akibatnya, Moon Knight jadi jarang tampil dan kurang tereksplorasi. Baru di episode 6, Moon Knight banyak disorot. Dia terlihat bertarung dengan lihai dan mahir saat melawan Arthur Harrow. Dia terlihat kuat, bisa terbang, dan cekatan.

4. Mr. Knight
5 Kepribadian Moon Knight yang Terungkap di Akhir Serial Disney+

Mr. Knight adalah wujud avatar Khonshu yang menjelma di diri Marc Spector kala Steven Grant yang mengendalikan tubuhnya. Meski tidak punya senjata, Mr. Knight lincah dan punya keterampilan bela diri yang membantunya saat melawan musuh.

Penggambaran Mr. Knight ini berbeda dengan yang di komik. Di komik, Mr. Knight adalah alter ego baru Marc yang biasanya ngobrol dengan psikiater dan orang sipil yang meminta bantuan. Sosoknya segera menjadi favorit penggemar.

Baca Juga: 5 Kepribadian Berbeda Moon Knight di Serial Baru Marvel

5. Jake Lockley
5 Kepribadian Moon Knight yang Terungkap di Akhir Serial Disney+

Adegan pascakredit Moon Knight episode 6 mengungkap kehadiran alter ego lain Marc yang sudah lama dinantikan penggemarnya, yaitu Jake Lockley. Di komik, Jake adalah sopir taksi yang beroperasi di New York. Dia adalah “tentara” jalanannya Moon Knight. Jake memanfaatkan profesinya itu untuk membuat jaringan informan tentang kejahatan yang sedang dia investigasi.

Hal yang sama sulit dikatakan untuk Jake versi MCU. Di MCU, Jake juga berprofesi sebagai sopir. Tapi, dia berbahasa Spanyol dan tinggal di London. Keberadaan Jake sudah disinggung di episode 4 ketika muncul sebuah sarkofagus yang bergetar di sebuah ruangan di RSJ. Tapi, baru di episode 6 sosoknya dihadirkan. Dia tetap beroperasi sebagai sopir. Dia mengendarai sebuah limousine mewah dengan plat SPKTR. Ini menarik. Apakah ada alter ego lain dari Marc yang merupakan jutawan, entahlah.

Jake sepertinya juga lebih kasar dan kejam dari Marc. Saat Moon Knight kewalahan menghadapi Harrow di episode 6, dia tiba-tiba pingsan. Saat sadar, Marc berhasil mengalahkan Harrow dan bahkan membuatnya tersungkur. Marc sampai terheran-heran dibuatnya. Layla pun heran. Namun, mereka tidak tahu siapa yang melakukan hal itu.

Usut punya usut, Jake-lah yang melakukannya. Namun, bagaimana caranya, entahlah. Moon Knight tidak menceritakan detail tentang ini. Di adegan pascakredit terungkap kalau Marc dan Steven tidak menyadari kehadiran Jake di dalam dirinya. Namun, Khonshu tahu soal itu. Dan, dia memanfaatkannya. Setelah Marc dan Steven putus hubungan dengan Khonshu, mereka tidak tahu kalau Jake masih punya kontrak sebagai avatar Khonshu.


(alv)
Share: