10 Karakter Anime yang Dibuat Berdasarkan Orang di Dunia Nyata

Senin, 02 Mei 2022 - 11:56 WIB
loading...
10 Karakter Anime yang Dibuat Berdasarkan Orang di Dunia Nyata
Banyak karakter di anime yang punya kemiripan dengan orang di dunia nyata. Ini tidak salah. Sejumlah karakter memang dibuat berdasarkan orang yang benar ada. (Foto: Manga Tokyo)
A A A
Sejumlah karakter di anime akan langsung membuat orang teringat pada sosok di dunia nyata. Anggapan ini tidak salah. Nyatanya, sejumlah karakter di anime memang diangkat berdasarkan orang yang benar-benar ada di dunia. Pencipta karakter ini dengan cermat mengutak atik mereka hingga menjadi karakter yang menarik di anime.

Memang, tidak semua karakter ini kemudian menjadi protagonis. Ada sebagian yang menjadi antagonis juga. Apa pun pertimbangannya, kreatornya tentu punya pemikiran tersendiri dalam menciptakan karakter-karakter ini dari orang yang benar-benar ada.

Para karakter ini umumnya punya persamaan dengan tokoh di dunia nyata itu dari penampakan fisiknya. Tapi, ada juga yang punya nama dan bahkan sifat karakter yang sama. Meski berdasarkan orang yang nyata—dan juga sifatnya—tentu saja, ada perbedaan sikap dan sifat di antara mereka. Jadi, siapa saja karakter anime yang diangkat dari orang di dunia nyata? Simak ulasan berikut ini!



10. Brad Kidd — Brad Pitt (Yakitate!! Japan)
10 Karakter Anime yang Dibuat Berdasarkan Orang di Dunia Nyata

Dari nama dan penampakannya, orang langsung paham siapa penginspirasi karakter ini. Mahasiswa Harvard itu memang diangkat dari aktor kondang Hollywood itu, Brad Pitt, terutama dari penampakannya. Nama belakangnya pun ikut terpengaruh dengan keberadaan “d” ganda di sana.

Di serial ini, Brad digambarkan sebagai cowok yang baik. Dia membantu semua konvensi sosial, termasuk berdansa tango dengan para cewek. Jadi apa yang tidak membuat orang suka padanya? Rambut pirangnya, senyum manisnya, dan selera humornya jelas membuat siapa saja akan langsung menyukainya.

9. Freddie — Freddie Mercury (Cromartie High School)
10 Karakter Anime yang Dibuat Berdasarkan Orang di Dunia Nyata

Dari nama dan penampilan saja, orang sudah bisa menebak kalau Freddie dari anime ini terinspirasi dari vokalis Queen itu. Bahkan, meski Freddie di anime ini tidak pernah bicara, dia sebenarnya punya suara yang sangat merdu saat bernyanyi. Jadi, jelas kalau karakter ini memang terinspirasi sang legendaris.

Di manga dan film, karakter ini tampil lebih Jepang. Hanya, di anime, Freddie benar-benar tampil seperti Freddie Mercury. Nama asli Freddie di anime tidak diketahui. Pembuatnya memilih menyebutnya Freddie karena penampakannya. Karakter itu juga lebih suka menyebut dirinya sebagai Freddie. Ini terlihat ketika dia membumbuhkan nama itu di tanda tangannya.

8. Yoshikage Kira — David Bowie (JoJo’s Bizarre Adventure)
10 Karakter Anime yang Dibuat Berdasarkan Orang di Dunia Nyata

Stand Kira mungkin punya nama seperti judul lagu Queen, yaitu Killer Queen. Tapi, pembunuh ini lebih mirip dengan sosok David Bowie. Terutama, ketika Bowie masih punya rambut blonde seperti Kira. Persamaan antara Kira dan Bowie sepertinya hanya sebatas pada penampilan fisik.

Obsesi Kira dengan tangan terpotong, keinginan hidup seperti tanaman dan kecenderungan menyembelih orang tak bersalah jelas tidak ada kaitannya dengan Bowie. Namun, Kira jelas mendapaatkan banyak pengaruh Bowie dari perspektif visual. Seru juga membayangkan Kira melawan Raja Goblin, tokoh fiktif yang pernah diperankan Bowie pada 1980-an.

7. Rock Lee — Bruce Lee (Naruto)
10 Karakter Anime yang Dibuat Berdasarkan Orang di Dunia Nyata

Tidak sulit melihat persamaan kedua orang ini. Jumpsuit, postur tubuh, potongan rambut mangkuk, semuanya yang ada di diri Rock Lee adalah penampakan khas Bruce Lee. Hanya, jika Bruce identik dengan warna kuning, maka Rock identik dengan warna hijau. Tak hanya itu, namanya pun dengan jelas mengungkapkan siapa inspirasinya. Keduanya punya nama belakang Lee.

Selain penampilan dan nama, keterampilan tarung Rock juga berbasis keterampilan seni bela diri yang ditekuni Bruce. Di Naruto, Rock berdedikasi pada taijutsu, karena dia tidak punya chakra. Sama seperti Bruce, Rock pun bisa menendang orang sampai melayang. Dia juga bisa memukul iblis hingga tersungkur dengan kecepatan cahaya.

6. Titan Zirah — Brock Lesnar (Attack on Titan)
10 Karakter Anime yang Dibuat Berdasarkan Orang di Dunia Nyata

Sosok petarung MMA mungkin terngiang di otak Hajime Isayama saat menciptakan penampakan titan di serial populer ini. Tapi, petarung kodang Brock Lesnar-lah yang benar-benar menginspirasi Isayama saat membuat Titan Zirah. Penampakan keduanya sangat mirip.

Tentu saja, Brock tidak diilhami plat logam yang membuatnya bisa menyerap kerusakan seperti spons. Namun, jelas kalau bentuk tubuh, kekuatan fisik hingga sejumput rambut di kepala Brock benar-benar mirip dengan Titan Zirah itu. Tak heran kalau Eren Jaeger pun ampun-ampunan melawannya.

5. Whitney Haggis Matsumoto — George Clooney (Cowboy Bebop)
10 Karakter Anime yang Dibuat Berdasarkan Orang di Dunia Nyata

Bagaimana Faye tidak klepek-klepek dengan Whitney? Wajahnya yang rupawan itu sangat mirip dengan George Clooney. Di era 90-an, George adalah salah satu selebritas dambaan wanita. Karena Cowboy Bebop dibuat di era itu, tidak heran jika George menjadi inspirasi untuk tokoh yang karismatik ini.

Whitney tampil di serial ini untuk tiga alasan. Pertama, dia nyaris membuat Faye jatuh cinta padanya. Kedua, dia ternyata adalah penipu yang berencana membuat Faye menanggung utangnya. Dan, ketiga, dia akhirnya melepaskan dirinya setelah bertahun-tahun.

4. Gordon Agripa — Marilyn Manson (Black Clover)
10 Karakter Anime yang Dibuat Berdasarkan Orang di Dunia Nyata

Bagi mereka yang baru mengikuti Black Clover, pasti akan langsung ngeh kalau penampilan Gordon Agripa ini sangat mirip dengan Marilyn Manson. Baik Gordon dan Marilyn punya makeup yang sama dan tidak suka berada di bawah terik matahari. Tidak hanya itu, keduanya bahkan punya sikap yang menakutkan.

Meskipun Gordon tidak berbahaya, tapi sekilas, penampakannya menakutkan. Meski terlihat seperti hantu, Gordon adalah sosok yang tidak percaya diri dan berbicara dengan suara yang sangat pelan. Ini tentu berbeda dengan Marilyn yang kini sedang menghadapi banyak tuntutan hukum terkait pelecehan terhadap wanita. Di Black Clover, Gordon adalah pria yang sopan. Suatu hari, pembuat manga ini seharusnya membuat Gordon menyanyikan lagu Tainted Love di anime Black Clover.

3. Lumayan banyak — Yuri!!! On Ice
10 Karakter Anime yang Dibuat Berdasarkan Orang di Dunia Nyata

Anime olahraga ini disebut menarik banyak inspirasi dari atlet betulan. Karakter utamanya, Yuri Katsuki, diangkat dari skater Jepang, Yuzuru Hanyu. Sementara, desain karakter mentornya, Victor Nikiforov, terinspirasi dari aktor John Cameron Mitchell. Prestasi yang dicapai Victor berbasis pada skater Evgeni Plushenko, skater asal Rusia yang meraih empat medali emas di Olimpiade.

Selain kedua orang itu, karakter lain, Otabek Altin, juga terinspirasi dari skater nyata, yaitu Denis Ten. Penampilan keduanya sangat mirip dan suka boneka binatang. Karakter skater lain di serial ini, Yuri Plisetsky, diangkat dari skater cewek di dunia nyata, yaitu Yulia Lipniskaya. Keduanya sama-sama blonde, tapi mereka beda gender.

2. Banyak banget — One Piece
10 Karakter Anime yang Dibuat Berdasarkan Orang di Dunia Nyata

One Piece adalah anime kedua di sepanjang sejarah yang punya banyak karakter dari dunia nyata setelah Bungou Stray Dogs. Dari deretan perompaknya, ada Blackbeard dan Whitebeard yang terinspirasi dari perompak yang sama, yaitu Edward Teach. Hanya, desain karakter Whitebeard disebut berbasis Hulk Hogan. Selain itu, masih banyak perompak lain yang terinspirasi dari perompak betulan di dunia nyata. Bahkan, Roronoa Zoro pun terinspirasi dari perompak nyata bernama Francois l'Olonnais.

Tidak hanya perompak, karakter lain pun ada yang diangkat dari tokoh nyata lain. Eiichiro Oda dengan cerdas menuangkan ide inspirasinya dari tokoh nyata ke karakternya di serial populernya ini. Dari Eminem, Steven Tyler, Freddie Mercury, Al Capone, Tim Curry, hingga Jim Carrey, semuanya ada kemiripannya dengan karakter di One Piece. Bahkan, ada yang menyebut kalau Trafalgar Law terinspirasi dari Valentino Rossi. Sejumlah anggota Gorosei juga disebut terinspirasi dari tokoh politik dunia, seperti Mikhail Gorbachev dan Mahatma Gandhi.



1. Semuanya — Bungou Stray Dogs
10 Karakter Anime yang Dibuat Berdasarkan Orang di Dunia Nyata

Kalau ada daftar yang harus menulis satu per satu karakter anime dari dunia nyata, maka dalam waktu singkat, top 10 akan diisi karakter dari Bungou Stray Dogs. Semua karakter di serial ini, baik karakter utama atau pun karakter minor, memakai nama sastrawan terkenal. Tak hanya itu, kekuatan yang dipunyai karakternya pun memakai judul karya sastra betulan. Coba saja Googling nama karakter di serial ini dan kalian akan menemukan referensi ke para sastrawan itu.

Yang lebih menarik, sejumlah karakter di anime ini punya kesamaan sifat dan bahkan perilaku dengan tokoh asli yang menginspirasinya. Salah satunya adalah Osamu Dazai. Di anime, Dazai selalu berusaha bunuh diri dengan menenggelamkan dirinya di sungai. Di dunia nyata, Dazai tewas bunuh diri dengan cara tenggelam di sungai. Karya Dazai, No Longer Human, juga menjadi nama kekuatan Dazai di anime.

Tak hanya sastrawan Jepang, sejumlah sastrawan di luar Jepang pun ikut dipakai sosoknya di anime ini. Antagonis utamanya, Fyodor Dostoevsky, adalah nama sastrawan Rusia. Antagonis lain, Francis Scott, diambil dari Francis Scott Fitzgerald. Dia adalah novelis Amerika Serikat yang terkenal dengan karyanya, Great Gatsby. Di anime, dia hanya bernama Francis Scott dan kekuatannya bernama Great Fitzgerald. Edgar Allan Poe pun tampil di serial ini sebagai seorang detektif yang menjadi pesaing Ranpo Edogawa.

Special Mention:
Muzan Kibutsuji — Michael Jackson (Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba)
10 Karakter Anime yang Dibuat Berdasarkan Orang di Dunia Nyata

Penampilan Raja Iblis Muzan Kibutsuji di season 1 anime ini dianggap sangat mirip Michael Jackson. Dalam penampilannya, Muzan mengenakan topi fedora, dengan sejumput rambut terurai di kedua sisi kepalanya. Penampilan ini sangat mirip dengan Michael ketika tampil di video klip Smooth Criminal.

Namun, apakah Muzan benar-benar terinspirasi dari sosok Michael tidak pernah terkonfirmasi sampai sekarang. Para penggemarlah yang sering mengaitkan kedua orang ini. Bahkan menurut penggemar, Muzan adalah reinkarnasi dari Michael.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1515 seconds (0.1#10.140)