Rekomendasi 10 Anime yang Cocok Ditonton para Pemula

Senin, 28 Maret 2022 - 00:02 WIB
loading...
Rekomendasi 10 Anime yang Cocok Ditonton para Pemula
Orang yang baru masuk dunia anime akan dihadapkan dengan beragam judul dan genre yang menarik. Agar tidak bingung, ada rekomendasi anime yang bisa diikuti. (Foto: ComicBook.com)
A A A
Film animasi atau kartun seperti anime acap kali diasosiasikan dengan tontonan anak-anak. Padahal, anime adalah platform universal yang bisa dinikmati segala umur. Anime menyediakan tontonan untuk anak-anak hingga orang dewasa.

Sebagian besar orang tentunya sudah akrab dengan anime seperti Doraemon, Sailor Moon, Dragon Ball, Naruto, Detective Conan atau pun One Piece. Anime-anime ini sudah muncul di televisi sejak tahun 1990-an dan sampai saat ini pun masih ada yang ditayangkan di televisi. Anime-anime tersebut sudah cukup memberikan perkenalan tentang seperti apa anime itu.

Namun, bagi para pemula yang ingin mencari alternatif lain untuk referensi anime mereka, tidak perlu khawatir. Masih banyak judul anime menarik yang layak dijadikan batu loncatan untuk menonton anime lain yang lebih menantang dari segi cerita dan plotnya. Anime-anime ini bisa ditonton sesuai minat masing-masing orang. Tapi, shounen adalah salah satu genre yang paling populer untuk mulai nonton anime.

Tips paling mudah adalah carilah serial anime yang sudah tamat dengan kurang dari 70 epsiode. Atau pun kalau masih ongoing, pilihlah yang episodenya masih sedikit. One Piece punya cerita yang seru. Tapi, dengan 1.000 lebih episode, pemula bakal keteteran untuk mengikutinya. Jadi, anime apa yang cocok untuk pemula di luar judul populer yang sudah disebutkan di atas? Simak ulasan berikut ini!



10. Code Geass
Rekomendasi 10 Anime yang Cocok Ditonton para Pemula

Hanya berjalan 2 season, serial ini bisa menjadi salah satu tontonan bagi pemula. Selain itu, serial ini akan memperkenalkan penonton pemula dengan mecha alias robot raksasa. Memang, tidak semua orang suka tontonan semacam ini. Tapi, Code Geass punya cerita lain selain robot raksasa ini dan itulah poin jualnya.

Anime ini ditujukan untuk pasar dewasa muda atau seinen karena temanya yang berat, yaitu balas dendam. Visualnya bagus dan menarik untuk dinikmati. Selain itu, anime ini agak serius, jadi mereka yang masih di bawah umur mungkin tidak akan menemukan kalau serial dengan total 50 episode ini menarik.

9. Erased
Rekomendasi 10 Anime yang Cocok Ditonton para Pemula

Bagi mereka yang mencoba masuk ke tema yang gelap di anime, Erased bisa menjadi rekomendasi yang baik. Hanya dengan 12 episode, anime ini jelas pendek dan tidak memakan waktu untuk menamatkannya dalam waktu satu hari. Anime ini mengangkat tema kriminal seperti penculikan dan pembunuhan.

Erased memang bukan salah satu judul yang sangat populer. Serial ini juga sering dikritik karena pacing dan twist-nya. Tapi, ini adalah anime pintu yang menunjukkan bagaimana anime mengangkat topik gelap yan serius. Anime ini tidak akan terlalu mengejutkan bagi pemula.

8. Fruits Basket
Rekomendasi 10 Anime yang Cocok Ditonton para Pemula

Selain shounen, shojo juga bisa menjadi pijakan awal bagi para pemula di anime. Cerita di genre ini biasanya lebih ringan dan tidak ada banyak kekerasan seperti di shounen. Shojo menargetkan audiens wanita muda. Jadi, ceritanya akan lebih banyak menitikberatkan pada emosi.

Fruits Basket adalah perkenalan yang sempurna untuk genre ini. Saat ini, serial ini sedang berada di season akhirnya dengan kurang lebih 63 episode. Romantika di serial ini terbakar dengan pelan dengan hubungan intim yang bermekaran. Serial ini tidak terlalu manis karena banyak drama dan kegelapan terkait ikatan paranormal para karakternya.

7. Death Note
Rekomendasi 10 Anime yang Cocok Ditonton para Pemula

Para penyuka cerita detektif bisa mencoba anime sebagai perkenalan. Detective Conan bisa menjadi alternatifnya. Tapi, Death Note akan membawa penonton ke sisi yang lebih gelap di dunia perburuan penjahat dan detektif berotak cerdas ini. Yang enaknya lagi, serial ini sudah selesai dengan 37 episode.

Death Note tidak hanya berkutat pada menangani kasus, tapi juga twist etika kejahatan dan hukuman. Di serial ini, seorang remaja punya kekuatan untuk membunuh siapa pun yang dia mau hanya dengan menulis nama mereka di buku. Dia berusaha membuat dunia lebih baik dengan menuliskan nama penjahat. Tapi, cerita ini baru dimulai setelah detektif L masuk untuk menangkap pembunuh tersebut.

6. Princess Tutu
Rekomendasi 10 Anime yang Cocok Ditonton para Pemula

Sailor Moon adalah anime gadis sihir yang terkenal. Tapi, serial ini bukanlah pintu yang terbaik ke genre ini. Serial ini punya 200 episode yang mungkin akan merepotkan mereka yang tidak punya banyak waktu untuk sekadar mencicipi genre ini.

Alternatifnya adalah Princess Tutu. Anime ini hanya sepanjang 26 episode dengan laju dan konklusi narasi yang bagus. Meskipun judulnya imut dan feminin, tapi serial ini disukai penggemar anime dari seluruh usia dan gender. Serial ini memperkenalkan perubahan gadis sihir, romansa, setting sekolah biasa, dan twist paranormal.

5. Dr. Stone
Rekomendasi 10 Anime yang Cocok Ditonton para Pemula

Bagi para penyuka sains yang mencari alternatif tontonan di anime, Dr. Stone bisa menjadi pembuka yang baik. Sains bisa menjadi membosankan jika disajikan dengan terlalu serius, tapi tidak dengan anime ini. Dr. Stone mencampurkan sains dengan shounen yang tentu menjadikannya menarik.

Beberapa ilmu yang ditampilkan di serial ini bahkan sesuai dengan sains di dunia nyata. Sains di sini dibawakan dengan baik, penuh penjelasan yang masuk akal dan santai. Anime ini juga penuh komedi dengan setting di dunia yang kembali ke zaman batu. Serial ini baru berjalan 2 season dengan 36 episode.

4. Cowboy Bebop
Rekomendasi 10 Anime yang Cocok Ditonton para Pemula

Buat mereka yang ingin masuk anime lewat serial klasik, Cowboy Bebop adalah jawabannya. Anime ini pun cukup pendek karena hanya punya 26 episode. Anime ini tayang pada akhir 90-an dan punya pengaruh terhadap dunia anime setelah itu.

Anime ini tampil dengan gaya neo noir barat. Karakter-karakternya pun santai dan punya selera aneh. Di luar genre ini, anime ini menampilkan opera antariksa dan tema cyberpunk seperti eksitensialisme dan kesepian. Awalnya, laju anime ini lambat.

3. My Hero Academia
Rekomendasi 10 Anime yang Cocok Ditonton para Pemula

Dari daftar di sini, anime ini satu-satunya yang masih berjalan (ongoing) dengan episode terbanyak, yaitu 113. Serial ini sangat direkomendasikan bagi para pemula yang ingin menikmati shounen dengan cerita baru yang segar dan menarik. My Hero Academia adalah Naruto-nya era ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2357 seconds (0.1#10.140)