Kesehatan Gege Akutami Menurun, Manga Jujutsu Kaisen Hiatus

Jum'at, 11 Maret 2022 - 18:48 WIB
loading...
Kesehatan Gege Akutami Menurun, Manga Jujutsu Kaisen Hiatus
Chapter 178 Jujutsu Kaisen ditunda perilisannya setelah kondisi kesehatan penciptanya, Gege Akutami, menurun. Chapter itu dijadwalkan dirilis pada 19 Maret. (Foto: Amazon)
A A A
Para penggemar manga Jujutsu Kaisen sepertinya harus bersabar menantikan kelanjutan aksi Yuta Okkotsu di Curling Game. Chapter 178 yang sejatinya dirilis akhir pekan ini harus diundur. Pengunduran ini karena kondisi kesehatan kreatornya, Gege Akutami, yang mengalami penurunan.

Penundaan itu diumumkan di akun resmi serial itu di Twitter. Pengumuman itu juga memastikan kepada para penggemar kalau Akutami sekarang sedang memulihkan diri dari kondisi yang tidak disebutkan. Chapter 178 dijadwalkan akan dirilis pada 19 Maret.

Jujutsu Kaisen dijadwalkan dirilis di Weekly Shonen Jump No 15 (dirilis pada Senin, 14 Maret), tapi perilisannya ditunda karena kondisi fisik Akutami-sensei yang buruk,” demikian bunyi pengumuman di Twitter itu.



Ini bukan kali pertama bagi Jujutsu Kaisen hiatus. Sebelumnya, pada 2021, manga ini pernah hiatus selama sekitar 2 bulan. Saat itu, alasan hiatus yang diberikan adalah kesehatan Akutami. Tapi, penulis itu sepertinya mengungkapkan keprihatinannya tentang jadwal manga ketimbang kesehatannya waktu itu.

“Saya diminta departemen editorial untuk beristirahat dari serial ini. Tapi, saya tidak memperlambat serialisasi Jujutsu Kaisen karena saya ingin menggambar akhir serial ini secepat mungkin,” kata Akutami kala itu.



Sebelumnya, Akutami pernah mengatakan ingin mengakhiri Jujutsu Kaisen begitu serial ini mencapai volume 20-an. Saat ini, manga Jujutsu Kaisen telah mencapai volume 18. Akutami dikenal tidak ingin memperpanjang serial yang saat ini sedang populer tersebut.

Keprihatinan atas kesehatan para mangaka—pencipta manga—telah mengemuka sejak kematian mendadak pencipta Berserk, Kentaro Miura, pada 2021. Artis manga dikenal punya jadwal yang melelahkan demi memenuhi deadline ketat industri ini. Selain Akutami, sejumlah mangka populer juga telah mengambil hiatus pendek di sepanjang tahun lalu, termasuk Kohei Horikoshi, pencipta My Hero Academia.

Jujutsu Kaisen adalah salah satu anime dan manga terbesar Jepang saat ini. Manga ini memuncaki daftar terlaris untuk 2021. Jujutsu Kaisen berhasil mengungguli serial yang lebih lama beredar seperti My Hero Academia dan Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba dengan terjual lebih dari 30 juta eksemplar tahun lalu.

Mengutip CBR, dalam empat tahun sejak debut, manga ini telah meraih sirkulasi global total lebih dari 60 juta kopi. Serial ini telah diadaptasi menjadi serial anime pada 2020. Penggemar kini sedang menantikan perilisan season 2-nya yang diperkirakan dilakukan pada tahun depan.



Jujutsu Kaisen juga telah merilis film layar lebar pertamanya, Jujutsu Kaisen 0, pada akhir tahun lalu di Jepang. Begitu dirilis, film itu langsung menjadi film dengan pembukaan terbesar kedua di sejarah perfilman Jepang. Jujutsu Kaisen 0 sudah menjadi film terlaris Jepang di 2021 dan menjadi salah satu dari 10 film terlaris di Jepang di sepanjang sejarah.

Jujutsu Kaisen 0 adalah prekuel dari serial yang diceritakan saat ini. Serial itu berfokus pada Yuta Okkotsu dan teman masa kecilnya, Rika Orimoto. Guru SMA Jujutsu Tokyo, Satoru Gojo, juga tampil di film ini. Serial Jujutsu Kaisen berfokus pada karakter utamanya, Yuji Itadori. Jujutsu Kaisen 0 akan tayang di Indonesia pada 16 Maret.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2606 seconds (0.1#10.140)