4 Filosofi Hidup Senang ala Jin BTS, Termasuk Perlunya Bermalas-malasan

Jum'at, 11 Maret 2022 - 11:55 WIB
loading...
4 Filosofi Hidup Senang ala Jin BTS, Termasuk Perlunya Bermalas-malasan
Jin BTS dikenal sebagai raja komedi di BTS karena senang melucu dengan lelucon ala bapak-bapak. Foto/BigHit Music
A A A
JAKARTA - Jin BTS dikenal sebagai sosok yang senang bercanda dan tidak suka hal yang terlalu serius. Ia bahkan sampai disebut maknae palsu (mannae) alias anak tertua yang kelakuannya seperti anak paling kecil.

Salah satu cara bercanda idol kelahiran 1992 ini adalah dengan menyebut dirinya sebagai "worldwide handsome". "'Worldwide handsome' adalah lelucon yang saya buat untuk bahan tertawaan," kata Jin saat diwawancarai Vogue Korea untuk edisi Januari 2022.

Dalam banyak video, ia juga sering terlihat bertingkah konyol, apalagi jika sudah bersama Jungkook, the real maknae dalam BTS. Entah itu main saling tinju, atau kejar-kejaran.

Rupanya, Jin memang punya cara tersendiri dalam menjalani hidupnya, yaitu dengan banyak bersenang-senang. Nah, berikut ini filosofi kesenangan yang dianut Jin, dirangkum dari wawancara Vogue Korea.

1. Menikmati Hari Libur dengan Bermalas-malasan, demi Tujuan yang Lebih baik

4 Filosofi Hidup Senang ala Jin BTS, Termasuk Perlunya Bermalas-malasan

Foto: Vlive BTS

Saat liburan akhir pekan, kita kadang merasa harus tetap melakukan hal yang produktif supaya waktu tidak hilang sia-sia. Namun ini tidak berlaku buat penyanyi lagu kocak Super Tuna itu.

Ia bercerita, kalau libur, maka malamnya ia akan asyik main game sampai pukul 5 pagi, lalu bangun pukul 2 siang keesokan harinya. Kemudian, ia tidak langsung bangun dari tempat tidur, melainkan tetap rebahan sambil menatap langit-langit selama 3 jam. Di antara itu, ia juga kadang melihat ponselnya dan nonton TV sambil mengganti-ganti saluran.

Setelah itu, ia baru bangun dari tempat tidur dan menyalakan komputer, dan baru makan kalau lapar. Setelah makan, ia akan tidur lagi.

Menurutnya, orang yang melihat jadwal ini akan menganggapnya sebagai orang yang "malas dan menyedihkan". Namun Jin melihatnya dari sudut pandang berbeda.

"Menurutku, beristirahat itu adalah hal yang benar-benar egois. Aku percaya bahwa hal yang tidak berguna itu sebenarnya berguna," katanya.

Jin menjelaskan bilang bahwa hal-hal 'tidak berguna' yang dilakukannya itu ia butuhkan agar nantinya ia bisa fokus saat bekerja. "Ada pepatah mengatakan, 'Aku menekuk lutut supaya bisa melompat lebih tinggi," katanya sambil tertawa.

2. Work Hard, Play Hard

4 Filosofi Hidup Senang ala Jin BTS, Termasuk Perlunya Bermalas-malasan

Foto: Getty Images

Sebagai member dari grup terbesar di dunia saat ini dengan jadwal yang supersibuk, Jin mengaku ia butuh bersenang-senang agar tidak stres saat bekerja. "Bersenang-senang itu cara saya supaya tidak burning out saat bekerja," ucapnya.

Cara Jin bersenang-senang tentu saja dengan banyak bercanda di tempat kerja. Ia mengatakan bahwa ia selalu mengajak siapa pun bercanda kalau lawan bicaranya terlalu serius.

"Ada staf yang sangat serius, tapi kalau kami ngobrol biasanya kami bercanda," ujarnya. "Saya tidak suka hal yang terlalu serius karena itu tidak menyenangkan," imbuhnya.

Baca Juga: 6 Outfit Lawas Suga BTS yang Masih Dipakai, Ada Jaket Usia 8 Tahun!

Namun pemilik suara tenor ini juga menekankan bahwa saat bekerja, ia tentu saja serius dalam konteks profesional. "Tapi di luar panggung, 80% sampai 90% waktu saya dipakai untuk bercanda," katanya.

Meski senang bercanda, tapi Jin memang pandai menempatkan diri dengan rekan-rekannya. Misalnya saja, dia bisa akrab dengan pendiri BigHit Entertainment (HYBE) Bang Si-hyuk. Ia juga bisa jadi "teman sekamar terbaik" saat bersama Suga yang dikenal pendiam dan tidak suka suasana bising. Namun ia juga bisa bertingkah konyol dengan maknae line Jimin, V, dan Jungkook.

3. Melupakan Pikiran Negatif dengan Cepat

4 Filosofi Hidup Senang ala Jin BTS, Termasuk Perlunya Bermalas-malasan

Foto: via Koreaboo

Jika ada pikiran negatif yang bisa membuatnya mengalami kelelahan mental, Jin bilang ia akan langsung menghilangkannya. Bagaimana caranya?

"Kalau kamu melakukan rutinitas harianmu dengan sungguh-sungguh, maka kamu akan bisa melupakannya dan move on," katanya.

Jin bilang, akan selalu ada orang yang menyukai kita, juga yang tidak suka bahkan membenci kita. Untuk mengatasi hal ini, ia terinspirasi lirik lagu lama BTS, Fire.

"Live your life, it's your life. Stop trying, it's OK to loose," katanya menunjukkan fakta bahwa kita tidak bisa membuat semua orang menyukai kita.

4. Hidup Tanpa Banyak Berpikir

4 Filosofi Hidup Senang ala Jin BTS, Termasuk Perlunya Bermalas-malasan

Foto: Twitter @BTS_twt

Jin punya prinsip dalam menjalani hidupnya sejak 2020, yaitu "hidup tanpa berpikir". Ini bisa dimaklumi karena sebagai salah satu orang paling terkenal di dunia, tentu ia mendapat banyak sorotan dan berbagai komentar dari orang lain. Bayangkan kalau semua komentar itu ia anggap serius, pastinya bisa mempengaruhi mentalnya.

'Buat saya ini bukan hal yang mudah (hidup tanpa berpikir), karena kita pasti berpikir besok kita mau begini, lusa mau begini," katanya.

Baca Juga: 3 Perbedaan Besar Business Proposal dengan Webtoon-nya yang Membuat Penonton Kecewa

Namun berpikir seperti ini membuat kepalanya sakit, jadi dia memutuskan untuk hanya punya kerangka dalam menjalani kehidupan saja, tanpa perlu membuat rencana detail.

"Jadi saya cenderung spontan saja baik saat mau traveling atau apa pun. Menurut saya, saya sedikit lebih bahagia sekarang karena saya hidup tanpa berpikir," ungkapnya.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1579 seconds (0.1#10.140)