Buah yang Dimakan Luffy di One Piece bukan Gomu Gomu no Mi?

Selasa, 08 Maret 2022 - 23:18 WIB
loading...
Buah yang Dimakan Luffy di One Piece bukan Gomu Gomu no Mi?
Sebuah teori menyatakan, kalau Buah Iblis yang dimakan Luffy di One Piece bukanlah Gomu Gomu no Mi. Buah itu diduga adalah Zoan, bukan Paramecia yang dipercaya. (Foto: Plengdut)
A A A
Menjelang berakhirnya busur Wano, berbagai teori tentang One Piece pun bermunculan. Teori ini muncul terkait misteri baru yang mengemuka dari serial tersebut. Semuanya diawali dari chapter 1.037 di manga tentang Buah Iblis spesial yang nama aslinya dihapus dari sejarah diduga karena kebangkitannya.

Ini memicu para penggemar untuk berusaha dan mencari tahu apakah buah itu. Mereka juga mengira-ira apakah buah itu sudah pernah muncul di serial ini atau belum. Anehnya, menurut serial itu, mereka yang memakan Buah Iblis seharusnya segera tahu apa nama buah itu dan apa kemampuannya.

Sangat sulit untuk dipercaya kalau penggemar sudah pernah melihat buah itu sebelumnya. Tapi, mungkin saja menghapus nama buah itu berhasil melampaui buku sejarah. Kalau benar seperti itu, semua tandanya mengarah ke Luffy dan Buah Iblisnya, Gomu Gomu no Mi.



Di sepanjang busur Wano, para karakter telah mengomentari buah atau kekuatannya. Yang paling menonjol adalah kehadiran Who’s Who, mantan agen CP9 yang secara pribadi dikirim untuk mengamankan buah itu tapi kemudian dijebloskan ke penjara karena gagal. Tapi mengapa buah Luffy jadi begitu istimewa? Padahal, buah ini diolok-olok banyak karakter.

Mengutip CBR, seorang pengguna Reddit punya teori terkait hal ini. Menurut dia, mungkin buah adalah buah yang ditakuti Pemerintah Dunia. Dia mengatakan, Buah Iblis Luffy itu sebenarnya bukan Gomu Gomu no Mi yang merupakan tipe Paramecia. Namun, buah itu sejatinya adalah tipe Zoan Hito Hito no Mi: model Hanuman. Mungkin sulit membayangkan kalau buah Luffy itu ternyata sangat istimewa. Tapi, teori ini memberikan bukti yang mendukungnya.
Buah yang Dimakan Luffy di One Piece bukan Gomu Gomu no Mi?

Teori ini memperhatikan sejumlah aspek tertentu buah dan kekuatan Luffy yang memang istimewa dibandingkan tipe paramecia lainnya. Pertama, kekuatan Luffy selalu aktif, yang bertentangan dengan banyak buah paramecia dalam mengubah seluruh tubuhnya menjadi karet. Ini sama dengan bagaimana buah logia bisa mengubah pemakannya menjadi elemen alam.

Kekuatannya ini juga membuat Luffy bisa berubah ke bentuk berbebda yang meningkatkan kemampuan fisiknya, seperti Gear Ketiga dan Keempat. Ini sesuatu yang lebih umum terjadi pada buah Zoan. Bisa didebat kalau tubuh Luffy yang terbuat dari karet adalah sebuah perubahan yang tidak bisa dibatalkan.

Seperti semua Zoan, cerita Hanuman, Dewa Monyet, datang dari legenda dan mitologi dunia nyaa, yang ini berasal dari Hinduisme. Legenda mengisahkan, ketika masih kecil, Hanuman mengira matahari yang terbit adalah buah. Dia melompat ke langit sehingga bisa memakannya.

Di versi lain cerita ini, raja para dewa, Indra, turun tangan dan menyerang Hanuman dengan kilat. Akibatnya, dia tewas dan kembali ke bumi. Dewa Siwa melihatnya dan memutuskan menghidupkan kembali Hanuman. Setelah itu, Indra malah memberikannya kemampuan dan kekuatan untuk menebus kesalahannya, sebagaimana dewa lain.
Buah yang Dimakan Luffy di One Piece bukan Gomu Gomu no Mi?

Teori itu menyoroti bagaimana kemampuan yang diterima Hanuman itu sangat mirip dengan kemampuan Luffy. Tubuh yang diberikan Indra kepadanya seharusnya sekuat senjata kilatnya, Vajra, dan pun jadi kebal dari senjata itu. Hanuman juga mendapatkan kekuatan untuk mengubah berat dan ukurannya sesuai keinginannya serta kebal dari api.

Kemampuan Luffy meniru semua aspek kekuatan Hanuman ini. Ini jadi aneh dengan mempertimbangkan kalau kekuatan sebenarnya Luffy terbuat dari karet. Gear Ketiga dan Keempat berdampak pada ukuran, bentuk, dan kemungkinan berat badan. Luffy juga punya level kekebalan terhadap api karena dia bisa memantik tangannya dalam api dengan jurus elang merah dan batu merah. Dia juga mampu menahan jurus napas boro Kaido.

Tubuh Luffy juga sangat kuat secara alamiah. Dia juga bisa membuatnya jadi lebih kuat dengan Haki dan kebal listrik. Sementara tidak ada di legenda Hanuman yang menyatakan tubuhnya berubah jadi karet, tubuh Luffy mungkin menjadi seperti itu seperti jalan untuk memberinya kekebalan dari kilat dan memfasilitasi ukuran/massa perubahan kekuatan. Atau, itu bisa terjadi karena efek khusus karena sifat mistis buah itu.

Sejumlah kemampuan lain yang diberikan Hanuman dari dewa lain sebenarnya sangat mirip dengan kekuatan Haki Luffy atau sifatnya. Kemampuan Hanuman untuk tahu semua keinginan orang mirip dengan Haki Kenbunshoku. Haki Haoshoku sangat mirip dengan kekuatan Hanuman yang menguasai semua penciptaan. Lantas, ada kemampuan Hanuman untuk pergi kemana pun yang dia mau. Ini terdengar seperti impian Luffy untuk bebas sehingga dia bisa melakukan apa pun yang dia mau.

Kekuatan itu sepertinya pas dengan Luffy. Tapi, sifat dan tujuan Hanuman-lah yang benar-benar mendukung teori ini. Hanuman disebut sebagai Dewa Kebijaksanaan, Dewa Kekuatan, Dewa Keberanian, Dewa Ketaatan, dan Dewa Disiplin. Dia adalah anak monyet dewa angin dan juga makhluk yang melawan persekusi.
Buah yang Dimakan Luffy di One Piece bukan Gomu Gomu no Mi?

Sementara, Luffy bernama lengkap Monkey D Luffy. Sementara, ayahnya adalah Monkey D Dragon yang mengindikasikan kekuatan terkait angin dan punya kebiasaan menjadi calon dikator serta lalim. Hanuman dan Luffy juga sama-sama muncul dengan metode inovatif mengubah keadaan yang jadi menguntungkan baginya. Titel Hanuman juga pas dengan karakter Luffy.

Dengan semua bukti ini, mudah untuk melihat mengapa teori itu mungkin benar. Tidak hanya kekuatan sifat Hanuman yang sama seperti Luffy, tapi ada juga paralel antara mereka berdua di sepanjang serial ini. Kalau Pemerintah Dunia diartikan sebagai perwakilan persekusi atau ketidakadilan, Luffy melawan mereka seperti yang akan dilakukan Hanuman. Hyogoro bahkan mengatakan, bentuk Gear Keempat Luffy mirip seperti Raja Kebijaksanaan, seorang dewa Buddha.



Dengan mempertimbangkan besarnya prioritas Pemerintah Dunia untuk menjaga Gomu Gomu no Mi, sepertinya ada yang lebih pada buah itu ketimbang yang disadari semua orang. Teori ini diunggah beberapa bulan sebelum chapter 1.037. Di chapter itu, Gorosei membahas bahaya potensial kebangkitan buah misterius itu.

Chapter yang sama juga berisi pertarungan ekstensif Luffy melawan Kaido. Ini membuat semuaya terasa kalau mereka merujuk pada bahaya kebangkitan Luffy. Kalau teori ini benar, maka mudah melihat mengapa mereka sangat ketakutan terhadap kebangkitan itu.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5499 seconds (0.1#10.140)