10 Film Terbaik Nominasi Oscar 2022, Kamu sudah Nonton?

Kamis, 10 Februari 2022 - 19:59 WIB
loading...
10 Film Terbaik Nominasi Oscar 2022, Kamu sudah Nonton?
Ada 10 film yang berhasil masuk nominasi kategori Oscar 2022. Beberapa judul di antaranya punya cerita, akting dan gaya penyutradaraan yang memang mengesankan. (Foto: CNN)
A A A
Academy of the Motion Arts baru saja mengumumkan nominasi Oscar 2022. Salah satu kategori yang dinantikan adalah Film Terbaik. Anugerah ini akan digelar pada Minggu, 27 Maret waktu setempat. Tahun ini, ada 10 film yang berlomba menjadi yang terbaik di ajang bergengsi ini.

Pada tahun ini, banyak genre yang masuk ke nominasi film terbaik, kecuali genre superhero. Sejumlah judul yang lebih mempolarisasi berhasil mendapatkan spot di kategori Film Terbaik. Salah satunya adalah Don’t Look Up.

Meski begitu, nominee Film Terbaik Oscar 2022 ini masih mewakili film sensasional dengan genre yang beragam, cerita dan gaya penyutradaraan yang berbeda-beda. Meski baru dirilis pada 17 Desember lalu, Nightmare Alley berhasil masuk nominasi. Lantas film apa saja yang masuk nominasi Film Terbaik Oscar tahun ini? Berikut 10 film nominasi kategori Film Terbaik Oscar 2022 dari yang terlemah sampai terkuat versi Screen Rant!



10. Don't Look Up
10 Film Terbaik Nominasi Oscar 2022, Kamu sudah Nonton?

Film garapan Adam McKay ini dimaksudkan untuk menjadi cerminan bagi banyak penyakit masyarakat. Film satir ini juga memberikan suara baru bagi komunitas sains, dengan ilmuwan iklim, terutama, merasa dekat dengan frustrasi yang dirasakan Kate Dibiasky (Jennifer Lawrence) dan Randall Mindy (Leonardo DiCaprio). Meski begitu, di antara para nominator di kategori ini Don’t Look Up adalah yang paling lemah.

9. Nightmare Alley
10 Film Terbaik Nominasi Oscar 2022, Kamu sudah Nonton?

Master fantasi Guillermo del Toro menawarkan tontonan baru lewat thriller neo-noir Nightmare Alley. Diangkat dari novel dengan judul yang sama, film ini berkisah tentang Stanton Carlisle yang disukai seorang peramal dan suaminya yang seorang mentalis di sebuah karnaval keliling di New York pada 1940-an. Dengan menggunakan pengetahuan barunya, Stanton membuat tiket emas untuk sukses dengan menipu para elite dan orang kaya. Mengharapkan hasil besar, dia membuat rencana untuk menipu seorang taipan berbahaya dengan bantuan seorang psikiatris misterius yang mungkin menjadi musuh besarnya.

8. King Richard
10 Film Terbaik Nominasi Oscar 2022, Kamu sudah Nonton?

King Richard adalah sebuah biopik tentang Richard Williams alias King Richard, yang melahirkan petenis kelas dunia Venus dan Serena William. Film ini mengisahkan tentang perjalanan keluarga Williams yang berfokus pada Richard yang bertekad membuat kedua putrinya, Venus dan Serena, masuk sejarah dunia. Richard Williams diperankan Will Smith. King Richard adalah momumen bagi prestasi Serena dan Venus, tapi juga kejeniusan Richard dan keyakinan kuatnya terhadap anak-anaknya yang membantunya meluncurkan kedua putrinya itu ke level selanjutnya.

7. West Side Story
10 Film Terbaik Nominasi Oscar 2022, Kamu sudah Nonton?

Stephen Spielberg membawa pendekatan baru terhadap West Side Story yang dirilis pada 2021. Film ini memperkenalkan pendatang baru Rachel Zegler, yang memerankan Maria. Nominasi Oscar untuk West Side Story ini mendukung remake Spielberg. Film ini dinominasikan untuk 11 kategori penghargaan di 2022.

6. Drive My Car
10 Film Terbaik Nominasi Oscar 2022, Kamu sudah Nonton?

Drive My Car adalah film yang kompleks dan mengagumkan. Film ini berkisah tentang Yusuke Kafuku yang memimpin produksi multibahasa Uncle Vanya di Hiroshima sementara juga menghadapi duka akibat kematian istrinya, Oto. Drive My Car adalah film yang simpel, dengan tema inti tentang seks, pengkhinatan dan rasa kehilangan. Film ini disutradarai Ryusukue Hamaguchi, sutradara ketiga Jepang yang pernah dinominasikan untuk kategori Sutradara Terbaik Oscar setelah Akira Kurosawa.

5. The Power of the Dog
10 Film Terbaik Nominasi Oscar 2022, Kamu sudah Nonton?

Drama psikologi/Western garapan Jane Campion ini segera menangkap perhatian audiens dengan dekonstruksi cinta, duka, dendam, cemburu dan seksualitas di Montana pada 1925. Film ini sebenarnya adalah film Western (koboi). Tapi, yang membuat The Power of the Dog luar biasa adalah keinginannya untuk menyelam hingga keluar machismo koboi biasa dan memahami inti yang membuat karakter kuncinya jadi pas. Ini terlihat pada diri Phil Burbank, yang dihidupkan dengan baik oleh Benedict Cumberbatch.

4. Belfast
10 Film Terbaik Nominasi Oscar 2022, Kamu sudah Nonton?

Belfast adalah penghormatan sutradara Kenneth Branagh terhadap The Troubles dari Irlandia Utara yang terus membentuk persepsinya terhadap dunia. Belfast sangat pribadi, proyek yang sangat menyentuh dan yang diangkat seluruh pemerannya tanpa rasa sungkan. Belfast dibintangi aktor-aktor asal Irlandia Utara seperti Jamie Dornan, Ciarán Hinds, dan Caitríona Balfe. Drama ini sangat berakar pada tragedi sejarah.

3. CODA
10 Film Terbaik Nominasi Oscar 2022, Kamu sudah Nonton?

Film ini adalah remake film Prancis La Famile Belier. Berbahasa Inggris, CODA akan membuat sejarah setelah 3 cast tuli mereka dinominasikan untuk Screen Actors Guild Awards. Film yang disutradarai Sian Heder ini berfokus pada Ruby Rossi, yang hanya mendengar keluarganya yang tuli. Klan Rossi terpaksa menghadapi batasan sosial dan fisik yang membelit mereka. Perlakuan CODA terhadap karakter tuli mereka sangat menyegarkan. Terlebih lagi, akurat, dengan seluruh anggota Rossi digambarkan sebagai anggota komunitas mereka dengan persona realistik.

2. Licorice Pizza
10 Film Terbaik Nominasi Oscar 2022, Kamu sudah Nonton?

Licorice Pizza adalah drama komedi terbaik di 2022. Berdurasi 133 menit, film ini berkisah tentang Alana Kane dan Gary Valentine tumbuh besar, berlarian dan menjalani cinta pertama di San Fernando Valley pada 1973. Film ini disutradarai Paul Thomas Anderson. Dua pendatang baru, Alana Haim dan Cooper Hoffman, menjadi bintang utama Licorice Pizza.



1. Dune
10 Film Terbaik Nominasi Oscar 2022, Kamu sudah Nonton?

Bukan kejutan kalau film besutan Denis Villeneuve ini bakal masuk kategori ini. Dune yang diangkat dari novel karya Frank Herbert pada 1965 itu memberikan pengalaman baru menonton film. Dune adalah film yang memanjakan mata dengan pemandangan gurunnya dan action-nya di sana. Film ini cukup spektakuler dari pemampilan Timothée Chalamet sebagai Paul Atreides hingga keputusan yang tepat untuk memecah bahan sumber yang berat menjadi bab yang lebih cocok untuk audiens kontemporer.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2913 seconds (0.1#10.140)