9 Anime yang sangat Berbeda dari Cerita Manga Aslinya

Senin, 07 Februari 2022 - 05:05 WIB
loading...
9 Anime yang sangat Berbeda dari Cerita Manga Aslinya
Anime adalah serial yang biasanya diangkat dari manga. Namun, tidak semua anime setia pada sumber manga-nya. Ada anime yang sangat berbeda dengan manga-nya. (Foto: Dual Shockers)
A A A
Biasanya, anime dibuat dengan berbasis cerita di anime. Tapi, tidak semua anime mengikuti manga sumbernya dengan dekat. Ada sejumlah anime yang berbeda dengan manganya terkait cerita dan lain sebagainya.

Perbedaan ini bisa disebabkan banyak alasan. Misalnya, anime yang ditujukan untuk anak-anak akan menghilangkan kekerasan yang terlihat di manga-nya. Atau, studio harus menciptakan episode filler sementara menunggu chapter baru manga.

Penggemar sering kali ngedumel ketika manga favorit mereka tidak direplika sesuai apa adanya. Jadi, bayangkan bagaimana sudah menanti adegan favorit dari manga, ternyata di anime-nya diubah atau tidak ada sama sekali. Pasti bikin kesal, kan?

Di sisi lain, perbedaan seperti itu berarti setiap versi bisa menceritakan cerita yang sangat berbeda. Kadang, manga-nya kekurangan bahan untuk anime. Akibatnya, animenya bisa mengubah plot dengan memasukkan filler. Lantas, apa saja anime yang sangat berbeda dengan manga-nya? Berikut ulasannya!

Baca Juga: 5 Persamaan antara Serial Bleach, Naruto, dan One Piece

9. Boruto
9 Anime yang sangat Berbeda dari Cerita Manga Aslinya

Boruto awalnya dirilis sebagai manga pada 2016. Anime-nya baru dimulai pada 2017. Tak seperti adaptasi sebagian besar anime, yang ini dimulai tanpa mengikuti manga-nya sama sekali. Ketika manga-nya baru mulai, tim anime-nya ingin memberikan waktu ceritanya bernapas.

Ini juga dilakukan tim anime setelah berkaca pada serial Naruto. Seri Naruto sering diisi filler karena kekurangan materi dari manga-nya. Akibatnya, 50 episode pertama Boruto tidak memakai materi manga.

Anime ini dimulai ketika anak Naruto, Boruto masih kecil di Akademi Ninja. Mereka memanfaatkan waktu untuk memperkenalkan sejumlah perubahan. Setelah 50 episode, sekitar ketika Boruto mengikuti ujian Chunin, serial ini baru mengikuti manga-nya.

8. Tsubasa: Reservoir Chronicle
9 Anime yang sangat Berbeda dari Cerita Manga Aslinya

Adaptasi anime Tsubasa tidak benar-benar mengikuti sumber manga-nya. Sebagai permulaan, anime itu berusaha mengaitkan Tsubasa ke Cardcaptor Sakura sebagai sakuel. Anime itu agak menyimpang dari manga-nya dalam prosesnya.

Karena berusaha menarik penggemar Cardcaptor dan anak-anak, sebagian besar tema gelap di manga juga dihilangkan di anime. Akibatnya, twist mengejutkan di manga-nya tidak punya ruang di lini cerita yang lebih ringan di anime. Belum lagi, anime-nya memasukkan filler, sesuatu yang sangat dibenci penulis asli manga-nya, CLAMP.

CLAMP sangat mengecam filler itu. Mereka menyebutnya itu melanggar peraturan yang sudah dibuat penulisnya untuk semesta itu. Akibatnya, CLAMP mencabut hak Bee Train untuk mengadaptasi manga itu dan memberikan lisensinya kepada Production IG.

7. Chrono Crusade
9 Anime yang sangat Berbeda dari Cerita Manga Aslinya

Salah satu perbedaan terbesar antara anime dan manga Chrono Crusade adalah perlakuan terhadap Rosette Christopher. Dia adalah seorang biarawati dan pengusir setan. Dia adalah protagonis di dua media nini.

Di anime, dia meninggalkan cita-citanya dan menyerah pada apokalips. Dia menghabiskan sebagian besar waktunya mencari adiknya Joshua. Ketika dia menemukannya, Joshua tidak bisa mengingatnya. Ceritanya tidak terselesaikan.

Di manga, Rosette terus berjuang untuk hidup. Dia tidak pernah menyerah sampai titik darah penghabisan. Tak seperti di anime, hubungan Rosette dan adiknya terselesaikan dengan memuaskan.

6. Yu-Gi-Oh!
9 Anime yang sangat Berbeda dari Cerita Manga Aslinya

Kalau filler-nya dihilangkan, maka anime Yu-Gi-Oh! bakal sangat sedikit berbeda dari manga-nya. Secara dasarnya, manga dan anime sama-sama mengisahkan tentang seorang bocah yang dirasuki jiwa firaun kuno Mesir. Yang benar-benar membedakan keduanya adalah tone-nya.

Meskipun animenya punya momen gelap, anime ini sebagian besar menarget audiens yang lebih muda. Sementara manga-nya menarget pembaca remaja. Manga ini termasuk kekearasan grafis, yang sebagian besar dilakukan Yami Yugi, salah satu pahlawan serial ini.

Di manga dan adaptasi anime Jepang, Dunia Bayangan tidak ada. Alih-alih, karakternya menjadi subjek luka grafis, penyiksaan atau kematian.

5. Pokémon
9 Anime yang sangat Berbeda dari Cerita Manga Aslinya

Serial Pokémon memang utamanya berbasis pada video game Nintendo. Tapi, serial ini sebenarnya punya manga. Meski begitu, keduanya sangatlah berbeda. Sementara anime-nya mengikuti petualangan Satoshi dan Pikachu, manga-nya mengisahkan tentang karakter utamanya yang diberi nama Red. Namun, ceritanya sangat jauh dari anime-nya. Manga-nya mengikuti perjalanan banyak karakter dari berbagai wilayah di dunia Pokémon.

Manga-nya juga lebih ditargetkan untuk audiens yang lebih dewasa. Manga ini menampilkan kematian, kekerasan, dan konten lain yang berpotensi mengganggu. Di versi ini, pemimpin gym dan bahkan anggota Elite Empat mengikuti aktivitas jahat seperti yang dilakukan Tim Roket.

4. Hellsing
9 Anime yang sangat Berbeda dari Cerita Manga Aslinya

Awalnya, Hellsing dirilis sebagai manga pada 1997. Anime-nya baru dimulai pada 2001. Jarak ini sepertinya sudah memberikan cukup wkatu bagi anime-nya dengan banyak cerita.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3884 seconds (0.1#10.140)