Yuk, Nostalgia Dulu, Ini 4 Manfaat yang Bisa Kamu Dapat!

Jum'at, 04 Februari 2022 - 18:46 WIB
loading...
Yuk, Nostalgia Dulu, Ini 4 Manfaat yang Bisa Kamu Dapat!
Bernostalgia bisa meningkatkan suasana hatimu menjadi lebih baik. Foto/Inga Seliverstova, Pexels
A A A
JAKARTA - Sebelum kamu tidur atau saat ada waktu luang, apa yang biasanya kamu lakukan? Apakah kamu pernah tiba-tiba terpikir suatu peristiwa masa lalu yang bikin kamu senyum-senyum sendiri?

Kita pasti pernah tidak sengaja teringat sesuatu hanya karena mendengar lagu, mencium aroma, atau melihat tempat juga peristiwa tertentu. Hal yang kita sebut nostalgia ini merupakan perasaan kehilangan atau kerinduan pada hal-hal tertentu dari kehidupan masa lalu.

Ketika kita mengenang masa lalu yang menyenangkan, mungkin hal itu akan membuat kita merasa senang bahkan tertawa.
Namun ada juga yang merasa sedih karena peristiwa itu mengingatkan hal buruk, atau justru karena tak bisa mengulangnya.

Nostalgia biasanya terjadi ketika kita sedang rindu dengan seseorang atau peristiwa yang mempunyai makna khusus dalam hidup, entah itu menyenangkan atau sebaliknya. Nah, berikut lima manfaat nostalgia yang mungkin tidak kamu sadari.

1. Meningkatkan Suasana Hati


Yuk, Nostalgia Dulu, Ini 4 Manfaat yang Bisa Kamu Dapat!

Foto: Stefan/Pexels

Pernahkah kamu menunggu acara-acara sekolah atau kampus seperti reuni atau buka puasa bersama? Saat melakukan reuni,kamu bisa bernostalgia tentang banyak hal, misalnya saat dihukum ramai-ramai, perjuangan saat mendapatkan pacar, dan perilaku aneh teman kamu yang membuat tertawa.

Kalau dulu kamu merasa kesal karena makananmu pernah diminta sampai dihabiskan temanmu, mungkin kenangan masa lalu itu bikin kamu senyum-senyum bahkan sampai tertawa sendiri. Ini yang membuat suasana hati kami lebih gembira.

2. Mendekatkan yang Jauh

Yuk, Nostalgia Dulu, Ini 4 Manfaat yang Bisa Kamu Dapat!

Foto: Cristian/Pexels

Ketika sedang bosan, kamu mungkin jadi ingin melihat foto masa lalu bersama seseorang yang sudah tidak pernah kamu temui lagi atau sudah lama tidak berkomunikasi. Ini mungkin jadi membuatmu kembali mengontaknya dan komunikasi yang terputus bisa tersambung lagi.

Baca Juga: 8 Tanda Orang dengan Kecerdasan Emosional Rendah

3. Membantu Mengatasi Masalah

Yuk, Nostalgia Dulu, Ini 4 Manfaat yang Bisa Kamu Dapat!

Foto: Cottonbro/Pexels

Pasti kalian setuju bahwa hidup ini penuh dengan masalah, bahkan hanya untuk sekedar menentukan makan siang kamu sampai harus bertanya kepada orang lain.

Kadang dalam menghadapi tantangan dalam hidup, kita dapat menemukan masalah yang sama dengan yang kita alami pada masa lalu. Manfaat nostalgia di sini berkaitan dengan pengalaman kamu yang mungkin bisa membantu menyelesaikan suatu masalah.

Seandainya kamu merasa kesepian karena teman-teman kamu sibuk semua, mungkin kamu bisa mengingat masa kecil kamu. Pada saat usia 11 tahun, misalnya, apa yang kamu lakukan saat kesepian? Mungkin membaca komik atau mendengarkan lagu tertentu bisa membuat rasa sepimu berkurang.

Baca Juga: Dualitas 5 Pemain All of Us Are Dead dalam Drama, Vibes-nya Beda Banget!

4. Mengatasi Stres

Yuk, Nostalgia Dulu, Ini 4 Manfaat yang Bisa Kamu Dapat!

Foto: Inzmam/Pexels

Stres merupakan salah satu hal yang sulit dihindari saat kita sedang banyak masalah atau pekerjaan. Dampak stres bisa merugikan apabila dibiarkan dalam jangka waktu lama.

Saat stres, kamu bisa bernostalgia dan mengulang lagi ingatan-ingatan yang indah tentang masa lalu kamu. Ini bisa membantu kamu untuk lebih santai dan tenang. Yang perlu diingat, tetap mengenang masa lalu sesuai porsinya.

Qori Febrianto
Kontributor GenSINDO
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Instagram: @qorifbrian
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1628 seconds (0.1#10.140)