11 Rahasia Avengers: Endgame yang Diungkapkan Marvel

Rabu, 02 Februari 2022 - 08:27 WIB
loading...
11 Rahasia Avengers: Endgame yang Diungkapkan Marvel
Banyak rahasia di balik layar film Marvel, terutama Avengers: Endgame yang terkuak di buku The Story of Marvel Studios: The Making of Marvel Cinematic Universe. (Foto: Disney Plus)
A A A
Buku resmi pertama Marvel terkait Marvel Cinematic Universe (MCU) telah mengungkapkan 11 rahasia di balik layar dari pembuatan Avengers: Endgame. Buku itu, The Story of Marvel Studios: The Making of the Marvel Cinematic Universe, kali pertama dirilis pada 19 Oktober 2021. Buku itu adalah buku resmi pertama yang mengungkap pembuatan Infinity Saga Marvel.

Infinity Saga ini dimulai pada 2008 dengan Iron Man dan berakhir pada 2019 dengan Spider-Man: Far From Home. Secara khusus, buku tersebut berisi informasi di balik layar Avengers: Endgame. Film itu kini diabadikan sebagai mahkota Fase 3 MCU hingga hari ini.

Buku yang disusun Tara Bennet dan Paul Terry itu berisi wawancara menarik dengan para cast, kru, produser, penulis, sutradara, artis konsep, artis VFX, dan desainer kostum. Sebagian besar mengungkapkan cerita tentang tetek bengek Avengers: Endgame. Dari perang akhir Endgame hingga menyembunyikan adegan pemakaman Tony Stark, buku ini adalah tambang emas informasi. Dari buku itu, berikut 11 rahasia yang terungkap dari pembuatan Avengers: Endgame seperti dikutip dari Screen Rant.



1. Nama Endgame diubah dua kali saat praproduksi
11 Rahasia Avengers: Endgame yang Diungkapkan Marvel

Dari hari-hari awal pengembangan, Avengers: Infinity War dan Endgame direncanakan bersama sebagai lini cerita berlanjut yang dirancang untuk menutup Infinity Saga Fase 3 MCU. Di buku itu terungkap kalau ide itu kali pertama tercetus pada 2014. Saat itu, Marvel Studios mengumumkan tanggal perilisan Avengers: Infinity War Part 1 dan Avengers: Infinity War Part 2.

Endgame, sebagaimana sekarang dikenal, awalnya disebut sebagai Infinity War Part 2. Tapi, dalam waktu singkat duo sutradara Anthony dan Joe Russo tahu kalau untuk menceritakan ending yang sempurna, dua bagian ini harus menjadi dua film terpisah. Mereka akhirnya memutuskan kalau Infinity War akan menjadi cerita Thanos.

Sementara, Endgame akan membawa franchise itu kembali ke Avengers asli yang memulai Fase 1 MCU. Hasilnya, judul awal Endgame adalah Avengers: Infinity Gauntlet. Tapi, judul ini akhirnya diganti dan menjadi judul ikonik Avengers: Endgame yang yang dirilis pada 2019.

2. Adegan Thanos pembuka Endgame
11 Rahasia Avengers: Endgame yang Diungkapkan Marvel

Sementara menciptakan cerita Endgame, tim penulis terhambat level kekuatan Thanos di akhir Avengers: Infinity War. Di akhir film itu, Thanos mendapatkan semua Batu Kekuatan dan melenyapkan separuh populasi semesta. Duo Russo, Christopher Markus dan Stephen McFeely berjuang keras untuk menemukan cara organik untuk memunculkan Thanos yang sudah sangat kuat tanpa memberikan plot senjata yang tidak diperlukan bagi Avengers tersisa.

Stephen mengungkapkan kalau komentar produser eksekutif Trinh Tran-lah yang memecah hambatan itu. “Ya Tuhan, aku benar-benar berharap kita bisa membunuhnya saja,” kata Trinh saat itu. Komentar itu langsung melecut tim penulis untuk menentukan nasib Thanos.

Pada akhirnya, mereka memutuskan kalau Thanos membiarkan dirinya mati setelah menyelesaikan misinya. Ini sangat “sejajar” dengan pandangan karakter itu pada dunia. Akibatnya, lahirlah misi penjelajahan waktu setelah Avenger sadar kalau Batu Keabadian telah dihancurkan.

3. Adegan Tony Stark ngemil
11 Rahasia Avengers: Endgame yang Diungkapkan Marvel

Salah satu fakta di balik layar paling lucu di Endgame mengonfirmasikan kalau Robert Downey Jr. ternyata memang menciptakan banyak adegan awal di film itu sambil makan saat dia lapar. Robert sering menyelinapkan makanan ke lokasi syuting dari bagiancatering sebelum makan di tengah adegan dan menggunakan makanannya itu sebagai properti. Kelaparan Tony itu menyebabkan sejumlah one liner terlucu yang semuanya diimproviasi. Salah satunya ketika Tony menawari makanan di tangannya kepada para Avengers saat mereka membahas bagaimana cara mendapatkan kembali Batu Keabadian.

4. "I love you 3.000"
11 Rahasia Avengers: Endgame yang Diungkapkan Marvel

Cerita bagiamana ungkapan “I love you 3.000” tercetus menjadi bagian tak terpisahkan dari Avengers: Endgame. Saat lompatan waktu lima tahun setelah kematian Thanos, Tony Stark menikahi Pepper Potts dan hidup terpencil bersama putri mereka, Morgan. Di film itu, Morgan mengatakan kepada ayahnya, “I love you 3.000.” Ucapan ini dekat dengan hati Robert Downey Jr. karena merupakan sesuatu yang diucapkan putrinya, Avri Roel Downey, kepadanya saat dia masih kecil. Ucapan ini masuk ke Endgame setelah Robert menceritakan cerita ini kepada Russo bersaudara, yang memutuskan memasukkan ucapan itu ke film.

5. Smart Hulk awalnya dirancang untuk Infinity War
11 Rahasia Avengers: Endgame yang Diungkapkan Marvel

Presiden Marvel Studios, Kevin Feige, mengungkapkan bagaimana visi asli penampakan Smart Hulk berubah dan sumber daya diperlukan untuk memfasilitasi revisi karakter ini. Awalnya, Smart Hulk dirancang untuk tampil di Infinity War. Tepatnya, dia seharusnya muncul di adegan perang di Wakanda karena Bruce Banner benar-benar membutuhkannya. Di saat pertahanan Wakanda runtuh, Bruce menemukan dirinya dikalahkan Cull Obsidian, dengan Hulk menolak untuk berubah dan membantu Bruce.

Awalnya, Bruce dan Hulk ditulis untuk mencapai momen berkompromi. Smart Hulk kemudian muncul dari zirah Hulkbuster dan mengalahkan Obsidian. Tapi, Kevin mengatakan, kemenangan kecil dalam konteks act ketiga Infinity War ini akan terasa seperti kesuksesan aneh. Akhirnya, perubahan di menit terakhir pun dilakukan. Tim VFX Marvel Studios terpaksa menghilangkan Smart Hulk dari tiap adegan Wakanda di Infinity War dan menggantikannya dengan Bruce Banner untuk menyelesaikan adegan yang dikenal sekarang.

6. Robert Downey Jr. adalah satu-satunya cast yang diberi skrip utuh Avengers: Endgame
11 Rahasia Avengers: Endgame yang Diungkapkan Marvel

Robert Downey Jr. menjadi satu-satunya cast Endgame yang bekerja dengan naskah utuh selama seluruh proses syuting. Cast lain hanya diberi skrip sesuai adegan mereka demi menjaga kebocoran. Hebatnya, Robert sudah tahu busur akhir karakter yang dia perankan sebelum membarui kontraknya dengan Marvel untuk Spider-Man: Homecoming, Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame.

“Kami benar-benar memberitahu Robert tentang busurnya karena dialah yang memulai seluruh MCU. Busur Tony Stark adalah yang terpanjang dan mungkin paling lengkap di MCU. Begitu kami memutuskan ingin ending ini pada karakter itu, kami jelas ingin memastikan kalau Robert nyaman dengan itu, hanya karena kontribusinya yang sangat besar kepada MCU. Kami benar-benar memberitahunya,” papar Anthony Russo.

Act terakhir Tony Stark melengkapi busurnya dari seorang penjual senjata egois menjadi penyelamat semesta. Artinya, Marvel membutuhkan Robert untuk menyampaikan cerita paling mematahkan hati Endgame ini. Robert ternyata setuju dengan busur itu dan menerima visi penutup Fase 3 MCU itu. Pemeran Iron Man itu mendapatkan skrip utuh selama syuting.

7. Natalie Portman tidak syuting adegan apa pun di Avengers: Endgame
11 Rahasia Avengers: Endgame yang Diungkapkan Marvel

Meskipun tampil singkat sebagai Jane Foster di Avengers: Endgame, penampilan Natalie Portman diciptakan dengan menggunakan cuplikan sisa dari Thor: The Dark World. Sebagai karakter awal MCU, kurangnya kehadiran Natalie di lokasi syuting Endgame cukup mengejutkan. The Story of Marvel Studios mengungkapkan, kembalinya Natalie ke MCU selalu ditakdirkan sebagai Mighty Thor di fase selanjutnya di MCU. Kini sudah terkonfirmasi kalau dia akan tampil di Thor: Love and Thunder tahun ini.

8. Perang akhir di Avengers: Endgame
11 Rahasia Avengers: Endgame yang Diungkapkan Marvel

Perang akhir di Avengers: Endgame menampilkan hampir semua pahlawan MCU yang maju melawan pasukan Thanos di bumi. Lingkup, perencanaan dan usaha kolaboratif yang dibutuhkan untuk menciptakan perang akhir yang sebagian besar CGI ini tidak bisa diremehkan. Tak kurang dari 1.400 seniman efek visual dari berbagai studio efek, termasuk WETA, dilibatkan untuk menciptakan adegan ini.

Kerangka waktu yang diberikan untuk menciptakan adegan ini adalah 16 pekan. Ini jadi lebih mengejutkan ketika ditempatkan dalam konteks kalau Infinity War dan Endgame memakan waktu 3 tahun untuk syuting dan penyuntingan. Hasil akhirnya sangat spektakuler, dengan Endgame mampu memamerkan tiap pahlawan MCU di salah satu perang paling mengesankan Marvel sepanjang masa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2817 seconds (0.1#10.140)