Bisa Memanggil Setan? Ini 4 Fakta Unik tentang Bersiul

Selasa, 18 Januari 2022 - 17:26 WIB
loading...
Bisa Memanggil Setan? Ini 4 Fakta Unik tentang Bersiul
Banyak mitos tentang bersiul yang beredar, termasuk di Indonesia bahkan di Rusia. Foto/Cookie_Studio, Freepik
A A A
JAKARTA - Di Indonesia, masih banyak mitos yang beredar dan dipercaya banyak orang. Salah satu yang paling banyak dipercaya adalah soal bersiul pada malam hari.

Bagi masyarakat Indonesia, khususnya daerah Jawa, kegiatan ini dipercaya dapat mengundang datangnya makhluk halus. Jika kamu mendengar suara balasan saat bersiul, itu pertanda bahwa makhluk halus terganggu dengan siulan kamu.

Sebenarnya, larangan ini mempunyai maksud tertentu. Suara dari siulan dianggap dapat mengganggu orang lain yang sedang beristirahat pada malam hari. Terlebih lagi, keadaan malam hari yang cenderung lebih sepi membuat suara siulan terdengar jauh lebih keras.

Namun, di balik mitos yang mengerikan, ternyata siulan mempunyai berbagai fakta menarik. Berikut fakta-fakta tentang bersiul yang perlukamu ketahui.

1. Bahasa Siul Mulai Punah

Bisa Memanggil Setan? Ini 4 Fakta Unik tentang Bersiul

Foto: Pexels

Siul dapat menjadi suatu bentuk komunikasi. Bahasa El Silbo dari Pulau La Gomera merupakan salah satu contoh dari penggunaan bahasa siul.

Bahasa siul dianggap efektif karena dapat terdengar dari jarak jauh sekalipun. Mengutip Atlas Obscura, bahasa El Silbo dari Pulau La Gomera hanya mempunyai dua vokal dan empat konsonan, tetapi dapat mengomunikasikan lebih dari 4.000 kata.

Namun, kini bahasa siul sudah menjadi langka bahkan masuk ke dalam daftar warisan budaya tak benda oleh UNESCO. Walaupun sempat terancam punah, bahasa El Silbo kembali dibangkitkan dengan menjadikannya mata pelajaran wajib di sekolah.

2. Mitos Bersiul Menyebabkan Kemiskinan

Bisa Memanggil Setan? Ini 4 Fakta Unik tentang Bersiul

Foto: Ahsanjaya/Pexels

Ternyata mitos mengenai larangan bersiul bukan hanya di Indonesia saja. Mengutip The Culture Trip, di Rusia, bersiul di dalam rumah dianggap dapat menyebabkan kemiskinan. Sama seperti di Indonesia, orang-orang Rusia percaya bahwa bersiul dapat memanggil roh jahat yang akan membawa kemalangan.

Mitos ini juga sangat umum di Kazakhstan. Orang-orang Kazakh percaya bahwa bersiul dalam rumah dapat membuat pemilik rumah menjadi miskin.

Baca Juga: Sering Dengar dan Percaya dengan Tips Kesehatan Ini? Ternyata Mitos!

3. Bersiul Ilegal di Kanada, pada Waktu Tertentu

Bisa Memanggil Setan? Ini 4 Fakta Unik tentang Bersiul

Foto:Sammy Sanders/Pixabay

Dari ctvnews, kalau kamu bersiul atau membuat kebisingan di Ontario, Kanada, maka siap-siap kamu akan dikenai denda sebesar USD350 atau Rp5 juta. Larangan ini berlaku mulai pukul 9 malam hingga 7 pagi.

Peraturan tersebut melarang suara yang lebih keras dari 55 desibel. Saat malam hari, suara tidak boleh lebih dari 50 desibel. Padahal, Menurut Pusat Pusat Alat Bantu Dengar Indonesia, besar volume dari percakapan normal adalah 60 dB.

Larangan ini hanya berlaku pada suara yang konsisten selama lebih dari 10 menit. Namun, sarana kota dan yang mendapat izin kebisingan mendapat pengecualian tehadap peraturan ini.

Baca Juga: 8 Grup K-Pop yang Punya Karakter Animasi, Mana yang Paling Gemes?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1260 seconds (0.1#10.140)