7 Makhluk Mitologi Jepang yang Sering Muncul di Anime

Kamis, 30 Juni 2022 - 20:27 WIB
loading...
7 Makhluk Mitologi Jepang yang Sering Muncul di Anime
Sejumlah makhluk mitologi Jepang sering muncul di anime. Penonton tentu jadi akrab dengan makhluk mitos seperti kappa, kitsune, nekomata atau juga shikigami. (Foto: Anime-Internet)
A A A
Sejumlah makhluk mitologi Jepang sering muncul di anime . Mereka bisa menjadi karakter pendamping, antagonis, atau bahkan protagonis serial tersebut. Penggambaran makhluk-makhluk ini juga unik dengan beberapa di antaranya dengan mudah masuk ingatan para penggemar.

Jepang adalah sebuah negara yang kaya budaya dengan segala macam kaitannya, termasuk mitos. Mereka juga sangat menghargai dongeng mitologi ini. Tak heran jika banyak karya sastra dan budaya pop mengangkat cerita mitologi tersebut. Anime pun tidak kebal dari ini.

Di anime, banyak cerita yang menampilkan makhluk mitologi ini. Keberadaan mereka dipercaya adanya oleh masyarakat setempat. Salah satu anime yang menampilkan banyak makhluk mitologi Jepang ini adalah Naruto. Sebagian besar Bijuu di serial ini dibuat berdasarkan makhluk mitos ini. Apa saja makhluk mitologi Jepang yang sering muncul di anime? Berikut ulasannya!



7. Kappa

7 Makhluk Mitologi Jepang yang Sering Muncul di Anime

Foto: Kakuriyo no Yadomeshi Wiki – Fandom

Kappa adalah makhluk yang mirip gabungan antara kura-kura dengan bebek yang punya selaput di tangan dan kakinya. Tubuhnya juga seperti anak kecil. Dia tinggal di sungai atau danau atau perairan. Kappa disebut punya kekuatan sihir dari air di atas kepalanya. Perilakunya bergantung pada perlakuan terhadapnya.

Kappa kerap muncul di anime. Bahkan ada anime yang terinspirasi dari makhluk ini. Di antaranya adalah Kappa no Coo to Natsuyasumi, Kawabata dari Muromi-san, Chibi dari Kakuriyo no Yado Meshi, dan masih banyak lagi.

6. Jorogumo

7 Makhluk Mitologi Jepang yang Sering Muncul di Anime

Foto: Dororo Wiki – Fandom

Menurut legenda, jorogumo adalah jelmaan perempuan setengah laba-laba. Makhluk ini bisa hidup hingga ratusan tahun, haus darah dan bisa menyerang manusia. Dia tinggal gua atau hutan belantara dan suka menjebak manusia dengan jaringnya hingga korban tak bisa melawan. Jorogumo akan memainkan instrumen musik untuk menarik mangsanya.

Karakter jorogumo yang cukup populer di anime adalah Ohagi dari Dororo. Hyakkimaru bertemu dengan makhluk itu ketika sedang memangsa seorang pria. Setelah Hyakkimaru melukainya, dia berubah menjadi wanita dan lari ke desa. Selain Ohagi, Keito dari Rosario + Vampire dan Black Maria dari One Piece juga termasuk jorogumo.

5. Shikigami

7 Makhluk Mitologi Jepang yang Sering Muncul di Anime

Foto: Jujutsu Kaisen Wiki – Fandom

Shikigami adalah makhluk mitos populer Jepang yang kerap muncul di anime. Makhluk ini tidak kasat mata meski bisa dilihat sejumlah orang. Mereka bisa dilihat semua orang dengan memasukkan mereka ke boneka kertas kecil yang dilipat-lipat. Ada juga shikigami yang memperlihatkan diri mereka dalam bentuk hewan atau burung.

Shikigami kerap ditemui di anime. Di Inuyasha, ada dua shikigami yang punya bentuk manusia, yaitu Kochou dan Asuka. Di Spirited Away, shikigami terlihat mengejar dan menyerang Haku. Di Jujutsu Kaisen, Megumi Fushiguro menggunakan energi terkutuknya untuk memanggil shikigami yang berbentuk hewan. Shikigami ini dia pakai sebagai senjata.

4. Tanuki

7 Makhluk Mitologi Jepang yang Sering Muncul di Anime

Foto: Camera Japan Festival

Tanuki adalah makhluk gabungan antara rakun dan anjing. Sekilas, dia tampak menggemaskan. Tapi, hati-hati. Makhluk ini suka iseng. Dia juga suka mencuri barang dari orang lain dengan cara mengelabuhi mereka.

Tanuki tidak sesering kitsune soal penampilannya di anime. Namun, Inuyasha punya penampakan makhluk ini pada Hachi. Selain itu, ada juga Yasaburou Shimogamo dari The Eccentric Family, and Poco dari Poco's Udon World. Anime Pom Poko punya karakter yang seluruhnya adalah tanuki.

3. Tengu

7 Makhluk Mitologi Jepang yang Sering Muncul di Anime

Foto: GeGeGe no Kitaro

Tengu muncul dalam banyak bentuk berbeda. Tapi, biasanya, mereka tampil dengan bentuk raga manusia. Hanya, mereka punya sayap, dengan hidung panjang atau paruh. Wajahnya merah dan terlihat mengerikan. Mereka juga sering dianggap makhluk jahat. Namun, legenda mengatakan, mereka sebenarnya adalah penunggu gunung yang akan memberikan petunjuk arah kepada orang yang tersesat.

Di anime, tengu bisa muncul dengan sangat berbeda. Di sejumlah serial, tengu tidak punya hidung panjang atau paruh. Mereka bahkan tampil menarik. Contohnya adalah Hatori dari Kakuriyo no Yadomeshi. Karakter anime lain yang juga berbasis tengu adalah karakter dari GeGeGe no Kitaro.

2. Nekomata

7 Makhluk Mitologi Jepang yang Sering Muncul di Anime

Foto: Lost in Anime
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3336 seconds (0.1#10.140)