Ini 11 Genre di Jagat Anime yang Harus Kamu Ketahui

Minggu, 09 Januari 2022 - 14:57 WIB
loading...
A A A
Ada perbedaan besar yang harus dipertimbangkan ketika terkait ecchi. Ini seksi, tapi tidak porno. Jelas, anime ecchi akan merujuk pada seks, bahkan berputar di sekitar seks dan jelas menarik. Tapi, ecchi tidak menggambarkan tindakan seks sebenarnya dan tidak disensor atau kehilangan plot atau pengembangan karakter. Nyatanya, banyak serial ecchi yang bagus yang disukai atas pembangunan dunia dan ceritanya.

Kill la Kill, High School of the Dead, Zero no Tsukaima, dan Rosario to Vampire jelas kondang atas wanita-wanitanya yang cantik. Tapi, penggemar juga suka karena cerita dan humornya. Humor adalah bagian dari anime ecchi seperti rok pendek, hingga ke titik sampai serial seperti Ebichu yang berputar di sekitar komedi seks-sentris. Ecchi adalah lahan berbeda di anime, tapi kalian masih mungkin ingin memastikan tidak menontonnya di tempat umum.

6. Harem
Ini 11 Genre di Jagat Anime yang Harus Kamu Ketahui

Anime harem biasanya berputar pada cowok biasa-biasa saja, berusia antara 15—30 tahun. Dia sepertinya tidak kuat, tidak yakin apa yang dia inginkan dalam hidup dan menjalani sesuatu yang belum terlalu dikejarnya. Kemudian, dia tahu kalau ternyata dia adalah pewaris takdir yang fantastik, dapat kerja di sekolah cewek, atau salah sambung, dan tiba-tiba hidupnya dipenuhi cewek-cewek cantik. Semua cewek itu ingin bersamanya.

Banyak serial anime harem bergabung dengan genre lain. Tenchi Muyo menghabiskan waktu di saga antariksa, sementara Trinity Seven terjadi di dunia konspirasi sihir. Tipe karakter tertentu cenderung mendominasi lini subgenre. Namun, seringai penuh nafsu, ibu rumah tangga muda yang ceria dan tsundere yang tersipu adalah pendukung kuat genre ini.

Meski begitu, jangan dikira harem itu seluruhnya adalah urusan cowok-sentris serial “harem sebaliknya” juga ada. Di serial ini, banyak cowok menginginkan kasih sayang cewek. Ini kecil tapi minoritas yang kuat di dalam genre ini dengan diwakili Ouran High School Host Club.

7. Isekai
Ini 11 Genre di Jagat Anime yang Harus Kamu Ketahui

Anime isekai adalah tentang orang biasa yang dikirim ke dunia fantasi. Kadang, mereka akrab dengan dunia itu, kadang mereka diizinkan membawa handphone, kadang bereinkarnasi jadi slime. Tapi, yang sama adalah mereka adalah orang biasa di dunia asal mereka dan jadi luar biasa ketika dikirim ke dunia fantasi.

Popularitas isekai meledak pada 2010-an. Hingga saat ini, banyak judul isekai yang menjadi favorit penggemar dan terus dinantikan seri barunya. Tapi, isekai sebenarnya telah menjadi bagian anime sejak awal. Serial seperti Fushigi Yugi, Magic Knights Rayearth, dan Spirited Away dari Studio Ghibli adalah bagian dari genre ini.

Selain itu, tidak setiap isekai mengikuti kiasan yang jelas ada. Misalnya, The Devil is a Part-Timer mengisahkan tentang Setan di dunia sehari-hari kita. Iblis, naga, sihir, tidak satupun yang membuatnya kagum seperti kesepakatan membunuh di kentang goreng garam dan lada khas fast food majikannya. Isekai adalah tentang melihat ikan keluar dari air ke lautan baru dan itulah premis fleksibel fantastisnya.

8. Mecha
Ini 11 Genre di Jagat Anime yang Harus Kamu Ketahui

Mecha adalah genre tempat bernaungnya anime tentang robit-robot raksasa. Karya awal seperti Mazinger Z dan Giant Robo membangun panggung bagi serial kondang genre ini seperti Patlabor, Full Metal Panic!, dan semesta serial Mobile Suit Gundam. Pilot robot raksasa yang bertarung demi kebaikan adalah premis yang tidak akan berhenti.

Di mecha sebagai genre, ada cerita robot super, tentang robot humanoid raksasa dengan kekuatan luar biasa, dan cerita robot asli, yang agak mendekati batasan dunia kita. Sejumlah serial mencampurkan dua hal ini—Neon Genesis Evangelion kondang mengaburkan lini genre—tapi, kedua pendekatan ini mengklaim perbedaan. Code Geass, misalnya, menggambarkan mecha yang mencampurkan sihir dan kemampuannya yang begitu besar. Yang menyatukan mereka adalah kemungkinan menceritakan cerita di dunia dengan robot raksasa.

9. Slice of Life
Ini 11 Genre di Jagat Anime yang Harus Kamu Ketahui

Genre ini berisi cerita yang mengobservasi hidup seperti dijalani orang atau sekelompok karakter. Anime ini Berjaya pada detail, arti gambar dari peristiwa seintim makan atau upacara sekolah. Tidak satu pun yang akan berubah jadi Super Saiyan, atau masuk ke robot setinggi 12 lantai. Hidup adalah hidup, entah apa pun bentuknya.

Ini adalah gigitan terakhir yang membuat slice of life jadi genre yang unik. Hidup mungkin bermakna sesuatu di K-On!, serial tentang satu klub di SMA yang berdedikasi membuat musik. Tapi juga berarti bagi Kiki’s Delivery Service, sebuah film di mana sihir adalah hal yang sangat nyata.

Itulah keindahan slice of life. Genre ini mengambil pendekaan intim, meskipun pendekatannya digunakan pada orang dan tempat yang sangat unik. Anime seperti The Melancholy of Haruhi Suzumiya, Ms. Kobayashi's Dragon Maid, dan Aria: The Animation memasukkan fenomena supranatural, naga, perjalanan waktu dan hidup di planet lain. Tapi, ceritanya bukanlah tentang hal-hal itu hingga mengesampingkan yang lainnya. Ini adalah orang, menjalani hidup. Kadang, bersama naga.

10. Kodomomuke
Ini 11 Genre di Jagat Anime yang Harus Kamu Ketahui

Banyak yang tidak akrab dengan anime mungkin mengira seluruh media ini adalah tontonan anak-anak. Tapi, mereka yang paham kalau Cowboy Bebop dan Pretty Cure adalah karya seni berbeda dengan audiens berbeda mungkin tidak tahu apakah anime kodomomuke. Singkatnya, ini memang genre anak-anak. Serial kodomomuke yang terkenal seperti Doraemon, Pokemon, dan Hamtaro. Beberapa orang mungkin terpaku pada stigma menonton tontonan anak-anak. Tapi, siapa pun bisa menyaksikan serial kondang genre ini.



11. Iyashikei
Ini 11 Genre di Jagat Anime yang Harus Kamu Ketahui

Iyashikei, yang artinya menyembuhkan, agak sulit digambarkan. Sering kali, genre ini beririsan dengan genre lain, terutama slice of life. Genre ini lebih didefinisikan dengan pengalaman menonton ketimbang isi cerita. Ini adalah anime yang menenteramkan kalian saat kalian menontonnya. Latar belakang yang dilukis dengan indah, pemandangan alam yang lembut, orang-orang yang bekerja bersama menuju tujuan yang lebih besar, inilah iyashikei, anime yang setara dengan berendam di air panas.

Ada banyak variasi di iyashikei. Contohnya adalah Laid-Back Camp, tentang sekelompok cewek yang suka camping. Soundtrack-nya lembut dan mendayu-dayu, komedinya tidak berlebihan, dan menciptakan atmosfir nyaman adalah tujuan jelas produksi ini. Meski begitu, iyashikei bisa berisi elemen dramatik. Girls’ Last Tour terjadi di tempat apokaliptik di mana dua gadis berjalan tanpa arah. Iyashikei bukanlah tentang satu elemen atau fitur tertentu, tapi emosi keseluruhan. Itu bisa ditemukan di cerita yang di-setting di tempat pembuangan sampah atau di kaki gunung Fuji.
(alv)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1541 seconds (0.1#10.140)