Kencan Virtual di Kampus, Cara Aman Dapat Jodoh dan Dapat Duit

Sabtu, 11 Desember 2021 - 09:22 WIB
loading...
Kencan Virtual di Kampus,...
Program kencan virtual di kampus bisa jadi salah satu cara mencari jodoh saat situasi masih diselimuti pandemi. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Kencan virtual di kampus adalah hal baru. Bisnis yang baru melejit pada 2021 ini naik daun karena permintaan pasar untuk mencari pasangan tanpa harus keluar rumah.

Kencan virtual di kampus pada dasarnya sama dengan kencan buta (blind date). Individu akan dipasangkan dengan tiga orang asing yang sesuai dengan kriteria mereka. Bedanya, kencan virtual ini diadakan melalui ruang virtual aplikasi video meeting seperti Zoom.

Penyelenggara dari kencan virtual di kampus ini bermacam-macam. Ada lembaga besar yang memang mengadakan kencan virtual di sebuah kampus, ada juga organisasi kampus yang melakukannya demi menarik dana usaha.

“Acara ini bisa jadi pundi-pundi keuangan untuk mendanai program kerja,” ujar Fachry, mahasiswa Vokasi Universitas Indonesia (UI) yang menjadi ketua pelaksana program kencan virtual di kampusnya.

Kencan Virtual di Kampus, Cara Aman Dapat Jodoh dan Dapat Duit

Foto ilustrasi: SINDOnews

Sebelum mengikuti kencan virtual ini, peserta diminta mengisi formulir berisi profil diri dan kriteria pasangan. Arjumanda, mahasiswa Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI yang mengikuti kencan virtual mengatakan bahwa ia juga harus mengisi tinggi badan saat mengisi profil diri.

“Isi kriteria cowok yang obrolannya sama kayak kita. Terus isi pribadi kita, dari hobi, ciri khas fisik, apakah tinggi atau pendek, gitu,” jelas Arjumanda yang mengaku sudah menjomlo selama dua tahun.

Setelah mengisi formulir, peserta akan dihubungi oleh panitia untuk dijelaskan terkait sistem kencan virtual dan melakukan pembayaran. Harga kencan virtual di kampus bervariasi, dari Rp20.000 hingga Rp35.000.

Baca Juga: 5 Cara Bikin Pasangan Terpesona saat Kencan Pertama

Nadia, mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjajaran, mengatakan alasannya mengikuti kencan virtual di kampus adalah karena ia merasa sedang gabut, dan harga mengikuti acara yang tidak terlalu mahal. “Ketemu (orang-orang) nya lumayan,” ucapnya.

Proses Kencan Virtual

Sistem kencan virtual di kampus cukup sederhana. Peserta akan dimasukkan ke dalam virtual room meeting. Mereka akan mendapatkan pengarahan terlebih dahulu oleh panitia, kemudian masuk ke dalam breakout room untuk bertemu dengan calon pasangan.

Kencan Virtual di Kampus, Cara Aman Dapat Jodoh dan Dapat Duit

Foto: Getty Images

Peserta diberi waktu 15 menit untuk saling mengenal satu sama lain. Setelah 15 menit berlalu, maka mereka akan diarahkan untuk masuk ke dalam breakout room lain dengan orang yang berbeda.

Demi menjaga keamanan dan privasi peserta, sebelum mulai, mereka akan dikirimkan kode unik sebagai identitas. Jadi saat memasuki virtual room meeting, display name tiap peserta hanya berisi kode yang telah diberikan panitia.

Baik Nadia maupun Arjumanda mengaku cocok dengan orang yang dipasangkan dengan mereka. Fachry mengatakan bahwa memang panitia mencocokkan data para peserta berdasarkan kriteria yang mereka isi pada formulir. Hal ini agar para peserta bisa bertemu pasangan yang ia cari dan topik obrolan bisa mengalir.

Tapi namanya juga bertemu orang asing, pasti ada cerita unik untuk dikenang. Nadia bercerita ia mengikuti kencan virtual yang ditujukan untuk mahasiswa S1, tapi ia malah dipertemukan dengan mahasiswa S2.

Kencan Virtual di Kampus, Cara Aman Dapat Jodoh dan Dapat Duit

Foto: Shutterstock

“Ada yang anak S2, padahal cuma boleh S1,” ujarnya. Lebih lucu lagi, saat bertemu dengan mahasiswa S2 tersebut, ia bukannya merasa seperti bertemu teman, malah seperti sedang melakukan wawancara kerja.

Bicara soal kencan di ruang virtual, Arjumanda mengatakan bahwa ia lebih suka menggunakan aplikasi Bumble. Di aplikasi itu, perempuan yang harus terlebih dahulu menyapa dan biasanya hanya menanyakan pertanyaan dasar seperti asal daerah, hobi, dan lainnya.

Baca Juga: 10 Artis Korea Jadi Top Influencer di Instagram, Engagement Tertinggi 65%

Sementara Nadia menyukai aplikasi kencan virtual karena durasi waktu lebih lama dan tidak perlu membayar.

Nah, kamu yang masih mahasiswa, tertarik untuk mencoba?

GenSINDO
Nikita Rosa Damayanti Waluyo
Universitas Indonesia
(ita)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)