Misteri Hubungan Clint Barton dan Jack Duquesne di Hawkeye

Misteri Hubungan Clint Barton dan Jack Duquesne di Hawkeye
Episode 3 Hawkeye meninggalkan pertanyaan seputar hubungan antara Clint Barton dan Jack Duquesne setelah akhir episode itu mengungkapkan pertemuan keduanya. (Foto: Disney+)
Episode 3 Hawkeye berakhir dengan cliffhanger. Ini menimbulkan pertanyaan besar bagi para penontonnya. Pertanyaan yang timbul ini adalah hubungan dua karakter utama di serial Disney+ ini, yaitu Clint Barton/Hawkeye dan Jack Duquesne.

Peringatan: Artikel ini mengandung spoiler episode 3 Hawkeye yang tayang di Disney+ Hotstar! Kalian sudah diperingatkan!

Episode 3 Hawkeye didominasi upaya Clint dan Kate Bishop kabur dari kejaran Tracksuit Mafia dan Echo. Ini termasuk kejar-kejaran dengan mobil. Kate juga belajar tentang banyak anak panah tipuan Clint dan pengorbanan yang muncul dengan kehidupan pahlawan yang ingin dia kejar.

Episode ini juga mengeksplorasi asal usul Echo, termasuk kehadiran “uncle”-nya yang kemungkinan besar adalah Wilson Fisk alias Kingpinh—serta kematian ayahnya di tangan Ronin. Akibatnya, ibu Kate, Eleanor, tidak tampil di episode ini. Tapi, Marvel memastikan kalau episode ini bukanlah sesuatu yang sia-sia.

Setelah berhasil lolos dari kejaran Tracksuit Mafia, Clint dan Kate pergi ke apartemen ibu Kate. Kate masih yakin kalau Jack bukanlah orang baik-baik dan bertanggung jawab atas kematian Armand III. Saat Kate menjelajahi dokumen di Bishop Security, Clint berjalan-jalan di sekitar apartemen itu. Clint lalu tahu ada orang lain di situ. Sebilah pedang Ronin diacungkan ke tenggorokannya. Penghunusnya tak lain dan tak bukan adalah Jack. Episode 3 selesai.

Adegan itu jelas menimbulkan pertanyaan besar. Selama di Marvel Cinematic Universe (MCU), latar belakang Clint tak banyak disinggung. Sementara, karakternya di MCU dan komik juga sangat jauh berbeda. Di MCU, belum pernah ada singgungan terkait hubungan Jack dan Clint. Di komik, Jack adalah guru Clint. Lantas bagaimana hubungan mereka di MCU? Dikutip dari Screen Rant, berikut ulasannya!

Baca Juga: 10 Perbedaan Besar Karakter Hawkeye di Komik dan Film Marvel

1. Apakah Clint dan Jack saling kenal di Hawkeye?
Misteri Hubungan Clint Barton dan Jack Duquesne di Hawkeye

Ketika Jack mengacungkan pedangnya ke tenggorokan Clint di akhir episode 3, ada momen singkat yang sepertinya memperlihatkan kalau Jack kenal Hawkeye dan sebaliknya. Manuver Clint di penthouse Eleanor dan di sekitar pedang Jack itu terasa kalau itu tidak asing baginya. Sementara, dia jadi yakin ada orang lain di rumah itu setelah mendengar suara derit pintu.

Clint sepertinya tidak kaget ketika tahu kalau Jack adalah orang yang berhasil menyelinap masuk ke penthouse itu. Bahkan, perintah Jack agar Clint tidak bergerak dan dia tidak menyerangnya bisa dibaca sebagai tanda kalau mereka saling kenal. Yang membuat penasaran adalah Clint sudah banyak mendengar tentang Jack dari Kate. Jadi, Hawkeye mungkin menjaga kerahasiaan hubungannya dengan Swordsman itu atau tidak sadar kalau calon ayah tiri Kate itu adalah orang yang dikenalnya.

Di komik, Jack—atau Jacques—dan Clint punya hubungan mendalam. Saat masih kecil, Clint kabur dari rumah dan menemukan dirinya menjadi bagian dari sebuah sirkus keliling. Di tempat itulah dia bertemu Jacques Duquesne, yang lebih dikenal sebagai Swordsman. Bersama Trickshot, Jacques melatih Clint dan kakaknya, Barney, ke keterampilan mereka.

Swordsman pun jadi bertanggung jawab atas kemahiran memanah luar biasa Clint. Jacques dan Clint mengembangkan hubungan dekat. Tapi, itu berakhir setelah Clint memergoki gurunya itu mencuri. Jacques mengira dia telah membunuh Clint setelah dia memotong kabel yang ditapaki Clint. Tapi, Clint selamat dari insiden itu dan menjadi pahlawan bernama Hawkeye.

2. Cara Hawkeye mengaitkan peran Swordsman di asal usul Clint
Misteri Hubungan Clint Barton dan Jack Duquesne di Hawkeye

Kehadiran Jack di Hawkeye menimbulkan pertanyaan apakah MCU akan tetap membuat Swordsman sebagai bagian dari asal usul Clint dan bagaimana mereka melakukannya. Cara termudahnya adalah dengan membuat Jack sebagai teman Clint, bukan gurunya. Pemeran Jack di MCU, Tony Dalton, berusia 4 tahun lebih muda dari Jeremy Renner, pemeran Clint Barton. Jadi, tidak masuk akal kalau Swordsman sudah menjadi guru Clint di masa lalu.

Tapi, Hawkeye bisa mengubahnya dengan mengungkap kalau Jack dan Clint berlatih bersama saat masih kecil. Belum diketahui apakah Hawkeye akan setia pada asal usul Clint di komik. Tapi, dia pastinya dilatih seseorang untuk memanah. Siapa pun yang bertanggung jawab membantu membuat Hawkeye menjadi pemanah terbaik di dunia mungkin juga membantu keahlian pedang Jack.

Baca Juga: Jack Duquesne, Karakter Misterius yang Tampil di Serial Hawkeye

Ini bisa membuat Clint dan Jack menjadi teman masa kecil yang berubah menjadi musuh saat dewasa atau membuat reuni ini sebagai puncak rivalitas mereka. Ada juga opsi kalau Hawkeye membuat Swordsman terlibat dalam perubahan Clint menjadi Ronin. MCU belum mengungkapkan di mana Clint bisa mendapatkan pedang Ronin itu. Tapi, ada kemungkinan Jack turut andil.

Jika ini benar, maka ini akan membuat Jack terkoneksi pada perubahan Clint menjadi sosok yang lebih gelap saat dia berusaha memperbaikinya. Ini juga bisa menjelaskan mengapa Jack sangat tertarik untuk mendapatkan pedang Ronin itu di lelang pasar gelap. Bisa jadi, pedang itu sebenarnya adalah miliknya.


(alv)
Share: