Jack Duquesne, Karakter Misterius yang Tampil di Serial Hawkeye

Kamis, 25 November 2021 - 00:44 WIB
loading...
Jack Duquesne, Karakter Misterius yang Tampil di Serial Hawkeye
Jack Duquesne muncul sebagai karakter yang misterius dan menarik di Hawkeye. Dalam 2 episode, dia sudah dibangun sebagai penjahat. Tapi, itu belum tentu benar. (Foto: Marvel)
A A A
Serial Hawkeye dijadwalkan memperkenalkan sejumlah karakter baru ke Marvel Cinematic Universe (MCU). Salah satu karakter baru yang menarik perhatian di serial itu adalah Jack Duquesne. Di serial yang tayang di Disney+ Hotstar tersebut, Jack diperankan Tony Dalton.

Peringatan: Artikel ini mengandung spoiler Episode 1 dan 2 serial Hawkeye yang tayang di Disney+ Hotstar! Kalian sudah diperingatkan!

Sosok Jack ini punya banyak rahasia di Hawkeye. Dia adalah sosok yang misterius. Dari awal diperkenalkan di episode 1, sosoknya sudah cukup membuat jengkel Kate Bishop (Hailee Steinfeld). Sepertinya, dia akan terlibat konflik dengan anak tunangannya, Eleanor Bishop (Vera Farmiga), tersebut di serial ini. Nantinya, dia bisa saja bertemu Clint Barton (Jeremy Renner).

Jack punya sejarah panjang di komik Marvel. Di Hawkeye, dia digambarkan sebagai orang yang terobsesi dengan pedang. Jack berniat menikahi Eleanor. Sementara, tindak tanduknya kian mencurigakan ketika dia mengikuti lelang bawah tanah bersama ayahnya, Armand III Duquesne. Di komik, dia adalah pahlawan dan penjahat. Lantas seperti apa masa depannya di MCU? Dikutip dari Screen Rant, berikut ulasannya!



1. Asal usul Jack Duquesne alias Swordsman di komik
Jack Duquesne, Karakter Misterius yang Tampil di Serial Hawkeye

Di komik Marvel, Jack Duquesne dikenal sebagai Swordsman yang lahir dari tangan Stan Lee dan Don Heck pada 1965 lewat Avengers #19. Di masa-masa awalnya, dia berusaha bergabung dengan Avengers. Dia akhirnya dibantu Mandarin dan dimaksudkan menjadi agen ganda di kelompok itu. Era Swordsman bersama Avengers berakhir setelah kesalahpahaman atas sebuah bom.

Swordsman kemudian mendapatkan peluang lain untuk menjadi pahlawan. Ini terjadi setelah dia bertemu dan jatuh cinta dengan Mantis. Keduanya menjadi anggota Avengers untuk beberapa lama. Namun, Jack akhirnya mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan Mantis dari Kang the Conqueror.

Cerita latar Swordsman di komik akhirnya terkuak dan ternyata terkait Hawkeye. Sebelum menjadi dalang kejahatan atau anggota Avengers, Jack menghabiskan waktunya bekerja di karnaval. Di sana, dia bertemu Clint dan kakaknya, Barney Barton, ketika keduanya masih anak-anak.

Swordsman mulai mengajari Clint dengan bantuan temannya, Trickshot, yang membuat Clint mulai menyempurnakan keterampilan menembaknya. Jack dan Clint pun jadi dekat. Tapi, mereka akhirnya pecah kongsi setelah Clint memergoki Jack mencuri dari karnaval. Swordsman lalu mengejar Clint dan mengira dia telah membunuhnya setelah memotong kawat.

Sebagai bukti titel Swordsman, Jack sangat terampil menggunakan senjata berbilah. Dia dianggap sebagai salah satu petarung terhebat di Marvel dengan pedang. Namun, di episode 2 Hawkeye, Jack memilih merendahkan dirinya saat ditantang bertarung anggar dengan Kate.

Pilihan pedang Jack biasanya tidak punya kualitas pengecualian. Meskipun, Mandarin telah membarui pedangnya dengan teknologi alien sekali waktu. Ini mungkin tidak terjadi di MCU. Tapi, Jack kini punya katana Ronin, seperti terlihat di episode 1.

2. Jack Duquesne dan Clint Barton di MCU
Jack Duquesne, Karakter Misterius yang Tampil di Serial Hawkeye

Di titik cerita Hawkeye saat ini, Jack dan Clint belum bersimpangan. Jadi, masih harus dilihat apakah MCU akan memberikan koneksi mendalam bagi mereka berdua. Kalau iya, sepertinya Swordsman tidak akan menjadi guru Hawkeye seperti di komik. Tony berusia 4 tahun lebih muda dari Jeremy.

Jadi, tidak akan masuk akal kalau Jack melatih Clint di masa lalu. Ini jelas akan mengubah dinamika mereka di MCU jika dibandingkan dengan materi sumbernya. Tapi, ini akan membuat Marvel Studios pergi ke arah berbeda dengan tetap menghormati sejarah mereka.

Alih-alih Swordsman menjadi mentor asli Clint, Hawkeye bisa mengungkapkan kalau mereka dilatih bersama oleh mentor berbeda. Kalau MCU tetap menjaga cerita latar Clint, maka Jack bisa menjadi anak lain yang juga kabur dari rumah dan bertemu dengannya. Hubungan Jack dengan ayahnya, Armand III mungkin telah mendorongnya jauh dari uang keluarganya untuk melihat apakah dia bisa mencari uang sendiri.

Itu bisa menjadi titik di mana dia dan Clint bertemu dan mengasah keterampilan mereka dengan bantuan mentor yang berbeda, misalnya Trickshot. Kalau MCU pergi ke arah ini, maka Jack akan dilihat sebagai pengganti peran kakak Clint, Barney, di masa lalu dan langsung terkait pada masa lalu, sekarang dan masa depan cerita Swordsman dan Hawkeye.

3. Jack membunuh Armand III?
Jack Duquesne, Karakter Misterius yang Tampil di Serial Hawkeye

Salah satu rahasia Jack yang belum terungkap dengan benar di Hawkeye adalah apakah dia bertanggung jawab atas tewasnya sang ayah, Armand III. Pada twist yang mengingatkan pada Knives Out, pemimpin kekaisaran Duquesne itu ditemukan tewas di akhir episode 1. Kate adalah orang yang menemukan Armand III tewas bersimbah darah di rumah mewahnya dengan luka tusukan.

Semua ini dibutuhkan Kate untuk mulai curiga kalau Jack telah membunuh Armand. Kecurigaannya itu diperkuat setelah Jack mengambil salah satu permen Armand dari kantongnya. Antara kemungkinan kunjungannya untuk membunuh ayahnya dan kematian Armand dengan pedang, Jack jelas adalah tersangka utama pembunuh Armand III. Dia juga punya motivasi yang cukup bagus karena dia setidaknya akan mewarisi banyak warisan.

Meskipun Jack mungkin telah membunuh Armand III, dia bukanlah satu-satunya karakter di Hawkeye yang bisa melakukannya. Twist penjahat dengan ibu Kate bisa membuat calon istri Jack itu bertanggung jawab. Episode 1 memperlihatkan Armand dan Eleanor bertengkar. Kate yakin kalau Armand telah mengancam ibunya.

Tidak akan terlalu mengejutkan kalau Eleanor pergi ke rumah Armand setelah pertengkaran itu dan menyingkirkannya sebelum dia menciptakan lebih banyak masalah. Armand tidak mempercayai Eleanor atas sejumlah alasan yang tidak diungkapkan. Eleanor mungkin sudah muak dengan ucapan dan ketidakpercayaan Armand.

Dia kemudian membunuhnya. Kematian Armand akan membuatnya berada di garis ahli waris begitu dia menikahi Jack. Eleanor mungkin menggunakan salah satu pedang Jack untuk membunuh Armand. Di komik, Eleanor adalah Madame Masque, seorang penjahat yang ingin membunuh anaknya sendiri, Kate.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1965 seconds (0.1#10.140)