10 Perbedaan Besar Karakter Hawkeye di Komik dan Film Marvel

Rabu, 01 Desember 2021 - 23:56 WIB
loading...
10 Perbedaan Besar Karakter Hawkeye di Komik dan Film Marvel
Karakter Clint Barton alias Hawkeye di Marvel Cinematic Universe (MCU) bukanlah karakter yang sama di komiknya. Ada sejumlah perbedaan besar di antara keduanya. (Foto: Games Radar)
A A A
Hawkeye telah diperkenalkan di ranah Marvel Cinematic Universe (MCU) sejak 10 tahun lalu. Setelah tampil di Thor (2011), Hawkeye senantiasa tampil di serangkaian film ansembel, terutama seri Avengers. Dia hanya absen di Avengers: Infinity War setelah tampil di Captain America: Civil War. Dia kembali ke layar lebar di Avengers: Endgame.

Kini, Hawkeye telah punya serialnya sendiri di Disney+ Hotstar. Namun, langkah dan apa pun yang dialami Hawkeye alias Clint Barton ini sangat berbeda dengan apa yang terjadi di komik. Salah satu perbedaan besarnya adalah Hawkeye bukan anggota awal Avengers seperti di MCU.

Di versi komik, Hawkeye bukanlah sosok yang taat pada peraturan. Dia seorang pemberontak dan bukan seorang pria yang sayang keluarganya. Lantas, apa lagi perbedaan antara Hawkeye versi komik dan MCU? Dikutip dari Screen Rant, berikut ulasannya!



1. Hawkeye bukan anggota asli Avengers

Di film, Hawkeye adalah anggota pendiri Avengers. Ini karena MCU membangun Clint Barton sebagai anggota SHIELD sebelum Avengers dibentuk. Ini berarti dia dan Black Widow secara otomatis ada di tim itu. Mereka mewakili kepentingan terbaik Nick Fury.

Di komik, ini tidak terjadi. Alih-alih, Ant-Man dan The Wasp-lah anggota asli Avengers. Ini berjalan sampai akhirya tiap anggota asli Avengers mundur di saat yang sama akibat perubahan banyak hal. Captain America adalah satu-satunya anggota Avengers yang bertahan. Dia kemudian membentu tim baru, yang memasukkan Hawkeye.

2. Hawkeye dilatih supervillain

Hawkeye dibesarkan dan dilatih Circus of Crime sejak dia masih kecil. Di MCU, sejauh ini, SHIELD-lah yang membentuknya menjadi dirinya saat ini. Dia adalah pemanah super, mata-mata super dan ahli dalam spionase. Tapi, di komik, sepasang penjahatlah yang membuat Hawkeye seperti dia saat ini.

Jack Duquesne alias Swordsman mengajarkan semua yang perlu diketahui Hawkeye tentang pertarungan tangan kosong dan keterampilannya dengan berbagai macam senjata. Sementara, dia belajar tentang anak panah dan busur dari seorang penjahat bernama Trick Shot. Kedua orang ini akhirnya menjadi musuh terbesar Hawkeye.

3. Hawkeye aslinya adalah seorang penjahat

Versi kedua Avengers di komik memperlihatkan Captain America membentuk tim baru dengan anggota yang patut dipertanyakan. Tim ini dianggotai Hawkeye, Black Widow, Scarlet Witch dan Quicksilver. Ini kontroversial karena keempat orang itu dulunya adalah penjahat. Tapi, Hawkeye tidak pernah ingin jadi penjahat. Hanya karena kesalahpahamanlah dia akhirnya menjadi penjahat bagi Iron Man. Akhirnya, dia mengubah segalanya dan bergabung dengan Avengers.

4. Hawkeye bukanlah family man

Di semesta komik Marvel, istri dan anak-anak Hawkeye tidak ada. Ini adalah sesuatu yang ditarik dari The Ultimates. Di komik, Hawkeye memang menikah, tapi itu bukan sesuatu yang membawa ke keluarga. Di komik, dia menikahi anggota Avengers bernama Mockingbird. Di serial Agents of SHIELD, Mockingbird adalah Bobbi Morse. Di komik, Hawkeye tidak hanya menikahi wanita itu, tapi juga pindah ke California saat dia mulai membentuk West Coast Avengers.

5. Black Widow versi The Ultimate mengkhianati Hawkeye

Persamaan terbesar antara Hawkeye di MCU dan di komik berasal dari semesta The Ultimate. Black Widow dan Hawkeye sangat mirip di komik itu dan MCU. Keduanya sama-sama bekerja untuk Nick Fury, agen pemerintah yang loyal dan mata-mata yang mahir. Di Ultimates, Hawkeye juga punya anak dan istri.

Tapi, persamaan ini diubah di komik. Di MCU, Black Widow mengorbankan nyawanya demi menyelamatkan dunia dan memperlihatkan betapa pedulinya dia dengan Hawkeye. Di komik Ultimate, Black Widow adalah pengkhianat dan memunuh istri serta anak-anak Hawkeye. Hawkeye kemudian membunuh Black Widow.

6. Peran Hawkeye sebagai Ronin sangatlah berbeda

Di MCU, Hawkeye selamat dari jentikan jari Thanos. Tapi, tidak satu pun anggota keluarganya yang selamat. Ini menyebabkan Hawkeye mengambil peran sebagai Ronin. Dia kemudian melakukan banyak pembunuhan terhadap para penjahat dunia bawah tanah karena dia merasa mereka tidak pantas hidup di dunia karena anak dan istrinya tidak selamat dari peristiwa itu.

Di komik, itu berbeda. Hawkeye sebenarnya mati di komik saaat Scarlet Witch menciptakan invasi palsu setelah tahu kalau anak-anaknya dijauhkan darinya. Ketika Clint Barton kembali hidup, sudah ada Hawkeye baru, yaitu Kate Bishop. Akhirnya, Clint mengambil peran Ronin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2407 seconds (0.1#10.140)