10 Fakta Seputar Shanks, Perompak Rambut Merah, di One Piece

10 Fakta Seputar Shanks, Perompak Rambut Merah, di One Piece
Shanks adalah salah satu sosok yang paling misterius di One Piece. Dia akan menjadi fokus untuk film terbaru berjudul Red. Ada sejumlah fakta menarik dari dia. (Foto: CBR)
Shanks akan menjadi fokus untuk film terbaru One Piece , Red. Dia tidak sendirian. Ada seorang wanita misterius yang akan diperkenalkan Eiichiro Oda di film yang dijadwalkan dirilis tahun depan itu. Film tersebut diharapkan akan menjawab banyak pertanyaan seputar Shanks.

Shanks adalah mentor Luffy. Dia juga menjadi figure ayah bagi Perompak Topi Jerami itu. Meski dia sering disinggung di serial ini, Shanks masih menyimpan banyak misteri. Shanks punya banyak dampak besar terhadap Luffy dan seluruh dunia One Piece.

Meski masih menyimpan misteri, ada sejumlah fakta menarik tentang Shanks yang bisa diketahui. Apa saja fakta tentang Perompak Rambut Merah ini? Simak ulasan berikut ini!

Baca Juga: 10 Fakta Seputar Keluarga Monkey D Luffy di One Piece

10. Shanks tidak punya kekuatan Buah Iblis
10 Fakta Seputar Shanks, Perompak Rambut Merah, di One Piece

Shanks adalah satu-satunya Yonko yang tidak punya kekuatan Buah Iblis apa apa pun. Ini memisahkannya dari Yonko lain karena mereka semua punya kekuatan Buah Iblis. Big Mom punya Soru Soru no Mi yang membuatnya bisa mengambil jiwa. Kaido punya Zoan mistis kuno yang membuatnya bisa berubah menjadi naga.

Sementara, Blackbeard punya dua Buah Iblis. Buah itu adalah Yami Yami no Mi yang membuatnya bisa membatalkan kekuatan Buah Iblis lain. Yang satunya adalah Gura Gura no Mi yang membuatnya bisa menciptakan getaran. Ini menunjukkan betapa kuatnya Shanks tanpa Buah Iblis.

9. Shanks adalah Yonko termuda
10 Fakta Seputar Shanks, Perompak Rambut Merah, di One Piece

Di salah satu chapter One Piece, terkonfirmasi kalau Shanks menjadi Yonko baru 6 tahun lalu. Yonko lain lebih tua dari Shanks. Naiknya Shanks ke status Yonko akan menjadi perjalanan yang layak untuk dilihat. Akan menarik untuk melihat apa yang dilakukan Shanks hingga naik ke status Yonko di usia yang muda. Ada terlalu banyak misteri di sekeliling orang itu dan tidak tahu kapan misteri ini akan diungkap.

8. Shanks bukan anggota Perompak Rocks
10 Fakta Seputar Shanks, Perompak Rambut Merah, di One Piece

Hal menarik lain dari Shanks adalah dia satu-satunya Yonko—sebelum Blackbeard—yang bukan merupakan anggota Perompak Rock. Yonko lainnya dulunya adalah anggota Perompak Rock. Mereka bertarung satu sama lain ketika Perompak Rocks bertempur melawan Perompak Roger dan Marinir. Insiden God Valley mengubah banyak hal dan itu menurunkan tirai kehidupan Rocks D Xebec, yang dikenal sebagai musuh bebuyutan Gol D Roger.

7. Shanks adalah orang pertama yang memamerkan Haki
10 Fakta Seputar Shanks, Perompak Rambut Merah, di One Piece

Shanks debut di sangat awal serial ini. Dia bertemu Luffy sebelum dia menjadi Yonko. Shanks juga mendemonstrasikan penggunaan Haki. Shanks adalah karakter pertama yang menggunakan Haki di serial ini. Selain itu, Shanks juga menjadi karakter pertama yang menggunakan Haoshoku Haki di serial ini. Shanks adalah pengguna terkuat Haki di One Piece karena dia tidak punya kekuatan Buah Iblis. Oda pernah mengatakan kalau Shanks melepaskan Haoshoku Haki-nya di Pulau Manusia Ikan, alih-alih Luffy, dia bisa menjatuhkan 100.000 Manusia Ikan.

6. Shanks mirip kepribadian Oda
10 Fakta Seputar Shanks, Perompak Rambut Merah, di One Piece

Menurut Oda, Shanks adalah karakter yang paling mirip dengannya. Kepribadian Shanks sangat mirip Oda. Oda juga mengatakan Shanks mirip dengan kepribadiannya yang tenang dan santai. Dia juga mengatakan kalau pakaiannya yang menonjol juga merupakan hal lain yang mirip dengannya. Mempertimbangkan betapa santainya dia saat kehilangan tangan demi menyelamatkan Luffy, tak heran jika banyak orang menyukai karakter ini.

5. Shanks adalah Yonko paling kondang
10 Fakta Seputar Shanks, Perompak Rambut Merah, di One Piece

Shanks adalah Yonko paling kondang di One Piece dan punya penggemar terbanyak di antara Yonko lain. Di Fan Poll ke-6, Shanks mendarat di peringkat 11 dan membuatnya menjadi Yonko paling terkenal. Yonko lain berada di tempat yang lebih rendah dibanding Shanks. Blackbeard di posisi 48 dan Big Mom di 69. Sedangkan Kaido di 96.

4. Pedang Shanks bernama Gryphon
10 Fakta Seputar Shanks, Perompak Rambut Merah, di One Piece

Shanks adalah pendekar pedang dan dia punya saber bernama. Nama pedang Shanks adalah Gryphon. Saat ini, tidak ada informasi tentang kelas Gryphon. Belum diketahui apakah pedang itu adalah Meito atau bukan. Fan berspekulasi kalau sepertinya itu adalah salah satu pedang paling langka di One Piece. Mihawk dan Shanks adalah musuh. Penggemar juga tahu kalau mereka berdua sudah berkali-kali bertarung. Mempertimbangkan perseteruan ini, maka kurang masuk akal jika Mihawk punya pedang kelas Saijo O Wazamono sedangkan pedang Shanks hanya dari kelas biasa.

3. Shanks adalah anak magang Raja Perompak
10 Fakta Seputar Shanks, Perompak Rambut Merah, di One Piece

Shanks bukanlah perompak yang super kuat dari awal hidupnya. Dia harus menemukan caranya untuk bisa naik ke atas. Shanks memulai perjalanan perompaknya dengan menjadi kru Raja Perompak, Gol D Roger. Shanks terlihat di sejumlah flashback yang melibatkan Perompak Roger. Dia juga terlihat menangis saat kaptennya itu dieksekusi di Kota Logue. Di kota itulah, dia dan Buggy berpisah. Satu dari mereka menjadi badut terkenal dan satunya menjadi karakter terkuat di serial itu.

2. Mihawk dan Shanks bermusuhan, tapi punya tanggal lahir yang sama
10 Fakta Seputar Shanks, Perompak Rambut Merah, di One Piece

Permusuhan antara Shanks dan Mihawk diketahui di seluruh dunia. Ini adalah salah satu permusuhan yang menarik perhatian penggemar sejak diungkapkan. Menurut Whitebeard, permusuhan antara dua orang itu sangat ganas dan pertempuran keduanya terkenal di seluruh Grand Line. Mihawk kehilangan minat melawan Shanks setelah dia kehilangan satu lengannya. Dua orang itu tidak hanya saling bermusuhan. Tapi, mereka juga punya tanggal lahir yang sama, yaitu 9 Maret.

Baca Juga: 10 Karakter yang Diduga Tahu Rahasia Abad Kosong di One Piece

1. Shanks adalah idola Luffy dan yang menginspirasinya menjadi perompak
10 Fakta Seputar Shanks, Perompak Rambut Merah, di One Piece

Normalnya, orang mengira kalau cucu Pahlawan Marinir akan menjadi pejuang keadilan. Tapi, Garp tidak bisa menyelamatkan cucunya dari demam perompak. Shanks bertemu Luffy ketika dia masih kecil. Luffy sangat terkesan dengan Shanks dan krunya sampai dia memutuskan untuk menjadi perompak.

Luffy mengidolakan Shanks dan sangat menghormatinya. Shanks bahkan mengorbankan satu lengannya untuk menyelamatkan Luffy yang tenggelam. Dia memberikan Topi Jeraminya kepada Luffy. Dia membuat Luffy berjanji untuk mengembalikan Topi Jerami itu kepadanya. Tindakan yang menghangatkan hati ini membuat Shanks menjadi salah satu karakter terkeren dan tertulis dengan baik di serial ini.


(alv)
Share: